seher.kena
TS
seher.kena
Minta KPK Selidiki Anies soal Rumah Mewah dari Pengembang, Denny Siregar Jadi Sorotan
WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Pegiat media sosial, Denny Siregar dihujani kritik dan hujatan dari warganet setelah sebelumnya sempat ikut mengangkat isu Anies Baswedan menerima hadiah rumah mewah dari pengembang.

Pada cuitannya, Denny Siregar bahkan meminta KPK untuk menyelidiki isu liar tersebut.

"Ada isu @aniesbaswedan terima hadiah rumah dari pengembang reklamasi. Ah, yang bener ?? Supaya jangan terjadi fitnah, mungkin @KPK_RI bisa bantu selidiki.., tulis Denny Siregar, Sabtu (23/5/2021).

Sejumlah pendukungnya terlanjur percaya dengan lemparan isu itu, meskipun dalam cuitannya Denny Siregar tidak menuduh secara langsung.

Tidak sedikit pengikut Denny yang kemudian memberikan hujatan terhadap Anies Baswedan serta membandingkannya dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Ga mungkin KPK mau nyelidikin kebenarannya, wong yg sdh ada nyata formule E dan yg lain kelebihan bayar, mending @KejaksaanRI sekarang ini lebih dipercaya," tulis akun Frans Pakde.

Kalu Bang El Sudah post sosmed 100 % itu benar bro ..degeembok ngak bakalan post kalu cuma abu-abu beritanya," tulis akun Gritha Lumantow.

"Waaduuh.. Kalau uda abang yg ngomong.. pasti sudah tajam baunya.. tinggal kita tunggu hasil deteksi pihak2 satgas ..!!!" tulis @Sumarwoto18

Namun, ternyata tudingan itu tidak terbukti. Isu liar yang berembus dibantah dengan penelusuran dari founder Drone Emprit Ismail Fahmi.

Foto rumah yang tesebar di media sosial tersebut ternyata diambil dari situs jual beli online.



Denny pun dikecam karena ikut mengembuskan isu tersebut.

Kerjaan Denny giring opini buruk dan nyebar fitnah terus ke Anies . Dengan harapan rakyat akan termakan opininya sehingga sebelum terbukti anies sudah di cap jelek. Ini lah kekhawatiran Denny atas prestasi anies yang banyak di ganjar penghargaan dalam dan Luar Negeri," tulis @Isnandar2201

"Nyebar hoax ya, rumah segitu mah murah, beli sendiri juga bisa, apalagi kalo uang operasional tdk pernah di pake pake, dan tdk pernah disetor balik seperti zaman gub sebelumnya," tulis @508_han

Terbongkar

Sepanjang Sabtu (22/5/2021) di media sosial berseliweran foto sebuah rumah mewah dengan narasi rumah itu sebagai fee yang diberikan pengembang kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam foto-foto yang disebar secara massif itu, rumah mewah itu disebut berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Namun, isu yang sudah terlanjut tersebar itu kemudian terbantahkan.

Berawal dari penelusuran founder Drone Emprit, Ismail Fahmi yang melacak sumber foto yang dibagikan itu.

Aplikasi Drone Emprit yang merupakan sebuah sistem berfungsi memonitor dan menganalisa media sosial berbasis big data.

Dari penelurusan itu, didapatkan fakta bahwa foto itu dicomot dari sebuah situs jual beli rumah.

Adapun lokasi rumah berada di Cipayung Jakarta Timur, bukan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan seperti yang dinarasikan.

"Tutorial cara mengetahui sumber foto: - install extension Reverse Image search - klik kanan foto yg mau dicek, pilih All Search Engine - lihat Tab Yandex, lihat daftar gambar yg mirip - ketemu sumber aslinya: dari [url]http://Rumahdijual.com,[/url]" tulis Ismail Fahmi di akun Twitternya, Sabtu.

Komisaris Ancol yang juga pendukung Anies Baswedan, Geisz Chalifah geram dengan pihak-pihak yang mencoba memfitnah Anies Baswedan.

Ia pun mengapresiasi penelurusan yang dilakukan Fahmi untuk mengungkap hoaks yang ditujukan kepada Anies.

"Ceritanya ada kaum otak dikit jadikan foto itu sebagai bahan fitnah. Lalu anda telah memberi pelajaran pada mrk betapa mudahnya mencari data foto itu asalnya dari mana. Fitnah mereka berakhir dengan sangat memalukan. Terimakasih sudah membuka fakta," tulisnya

Bahkan adapula yang dengan sengaja membuat narasi maupun desain poster yang menyebut Anies mendapatkan rumah dari pengembang.

"Nih kaum otak dikit kalau mau fitnah belajar dulu. Sempak Merah. jalan raya Cipayung adanya di Jakarta Timur, wilayah Kebayoran di JKT Selatan, ada kebayoran baru ada kebayoran lama. Rawa belong di kebayoran lama, Blok M di kebayoran baru," tulis Geisz menyindir seseorang yang turut menggaungkan isu tersebut di media sosial

Geisz yang dulu adalah pendukung Ahok heran dengan pihak-pihak yang terus menerus mencoba menjatuhkan nama Anies Baswedan bahkan dengan berbagai macam cara, termasuk membuat fitnah.

"Kaum OD ga mampu bersaing gagasan apalagi karya, modalnya cuma fitnah melulu. Hasilnya survey Anies sll tertinggi. Gue ga urusan dengan survey, gue cuma kasihan dgn tenaga medis yg cape dengan pasien corona harus ngadepin pula kaum bipang yang tiba-tiba pada sakit jantung," ujarnya.

https://wartakota.tribunnews.com/ind...r-jadi-sorotan

Mau framing tapi fotonya ora modal..

gesermejakhu.lungNCovid19
NCovid19 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2K
36
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan