husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
Lima Hidangan Istimewa Pendamping Ketupat, Kamu Pilih Mana?



Makan Besar, Saat Menu Istimewa Ini Tersaji Di Meja Makan

Sudah menjadi budaya dan tradisi di Indonesia, bahwa hari raya idul fitri berati mudik dan berkumpul dengan keluarga. Acara ini sering disebut dengan lebaran. Lebaran itu sendiri artinya lebar_setelahnya atau sesudahnya. Maksudnya setelah menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan.

Hidangan khas lebaran ini adalah ketupat. Untuk menikmati ketupat, biasanya ada menu pendamping. Menu ini terbilang istimewa, karena dikhususkan buat lebaran. Meskipun menu-menu ini bisa ditemui di saat yang lain, tetapi rasanya akan terasa lebih istimewa saat lebaran. Menu-menu itu adalah sebagai berikut:

1. Opor Ayam




Makanan ini sudah populer hampir di seluruh Indonesia. Opor adalah sejenis kari dengan kuah santan kental yang gurih.

2. Semur




Tidak kalah populer dengan Opor, semur hidangan berwarna coklat pekt yang berasal dari kecap manis, cengkih, pala serta bawang, berisi daging atau ayam rebus.

Sebenarnya dalam keseharian pun semur seringkali dijumpai sebagai manu utama dalam nasi uduk. Hanya saja isinya lebih sederhana, yaitu kentang, tahu, jengkol atau tempe.

3. Rendang




Rendang berasal dari daerah Minangkabau, tetapi bisa dijumpai di daerah-daerah lain. Teknik dan cara memasaknya pun beragam tergantung daerahnya.

Umumnya rendang di masakan dengan Aneka rempah-rempah dan santan menggunakan api kecil dalam waktu yang lama. Hingga hanya menyisakan daging dan dedaknya saja yang berwarna hitam pekat.

Perlu digaris bawahi jika rendang daging asli padang cara memasaknya ada aturannya sendiri. Satu kg daging dipotong menjadi 20 bagian, kemudian di masak dengan santan dari lima butir kelapa. Inilah yang membuat rendang asli padang berbeda dengan rendang daerah lainnya.

4. Rica-Rica




Bagi penggemar masakan Manado atau Sulawesi Utara pasti tak asing dengan jenis makanan yang satu ini.

Rasa pedas menjadi ciri khas masakan ini. Bukan rica namanya kalau gak pedas.
Akan tetapi macam-macam rica untuk saat ini ada banyak, setelah mengalami adaptasi daerah dan kokinya.

Isi atau bahan utama Rica ini pun bervariasi. Bisa ayam, bebek, ikan, kelinci dll.
Karena rasanya pedas, rica-rica banyak menggunakan cabe. Mau coba membuatnya?

5. Gulai




Hidangan istimewa yang kelima adalah Gulai. Ciri khas masakan ini adalah warna kuning kuahnya, karena pengaruh kunyit sebagai bumbunya. Ada juga yang bilang jika gulai ini adalah bentuk lain dari kari.

Isi atau bahan utama dari gulai bisa bermacam-macam, baik daging, ayam, ikan ataupun sayuran. Misalnya saja daun singkong, sayuran ini terasa nikmat juga loh saat dibuat menjadi gulai.

Opini Pribadi dari sumber referensi penelusuran mesin Google










Diubah oleh husnamutia 26-05-2020 18:01
nona212
bintangtsurayya
desrayatusiah
desrayatusiah dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.5K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan