PaPi.GaGaAvatar border
TS
PaPi.GaGa
4 Kota yang telah menerapkan konsep smart city!
Pasti agan udah gak asing ya dengan kata smart city. Smart city merupakan suatu konsep kota dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi kota serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya.

Di era digital sekarang ini, banyak kota dan negara yang udah nerapin konsep smart city gan. Yuk, kita lihat beberapa contohnya~

1. Seoul

Menurut IESCE Cities in Motion Index, Seoul adalah smart city terbaik ke-7 lho gan. Seoul diketahui menghasilkan Daily Population Data-nya melalui penggabungan data sinyal LTE dan data publik. Canggih banget gak sih, gan?

Pemerintah metropolitan Seoul juga berencana untuk memasang 50.000 sensor pintar IoT yang ditanamkan di seluruh kota pada tahun 2020. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan data kehidupan kota Seoul, contohnya polusi, lalu lintas, sinar UV, dan masih banyak lagi.

Bahkan lebih kerennya lagi, Seoul juga berencana untuk mewujudkan konsep layanan parkir bersama dengan sensor IoT guna memudahkan warganya untuk mencek ketersediaan parkir umum. Wah, terkesan futuristik banget kan!

2. Singapura

Kalau singapura sih bukan smart city lagi gan tapi udah jadi smart nation. Singapura sudah menerapkan konsep smart nation dari tahun 2014 gan. 

Sekitaran area kota sudah dipasang sensor untuk mengambil informasi terkait apa yang dilakukan warga setiap harinya. Melalui hal tersebut, pemerintah kota Singapur bisa memonitor kebersihan suatu area ataupun seberapa ramai pengunjung suatu event. 

Singapura juga memiliki sistem transportasi yang dikenal sebagai "One Monitoring". One Monitoring adalah portal bagi para warga Singapur untuk bisa mengakses informasi lalu lintas berdasarkan CCTV jalanan.

Selain itu, Singapura juga memiliki Parking Guidance System untuk menginformasikan ketersediaan parkir secara real time untuk para pengemudi kendaraan. Keren banget deh pokoknya!

3. New York

Pasti udah gak asing ya dengan smart city satu ini! New York menerapkan konsep smart city dengan menerapkan sistem Automated Meter Reading dengan skala besar. Hal ini berguna untuk mengetahui konsumsi air para Newyorkers nih gan. 

Selain itu, New York juga menyediakan tempat sampah pintar untuk memonitor tingkat sampah dan schedule pengangkutan sampah.

4. Toronto

Dalam mengaplikasikan konsep smart city, pemerintah Toronto bekerjasama dengan perusahaan Sidewalk Labs dalam membuat smart waterfront development. Oleh karena itu, Toronto dianggap memiliki perencanaan smart city yang kuat.

Baca informasi lengkap terkait konsep smart city melalui artikel ini

Diubah oleh PaPi.GaGa 05-05-2021 08:12
a.w.a.w.a.w
a.w.a.w.a.w memberi reputasi
1
832
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan