masnukho
TS
masnukho 
Gading Gajah, Gigi Seri Berharga Mahal yang Diburu Banyak Orang! Untuk Apa Kira-kira?
Pernah mendengar kasus jual beli gading gajah ilegal?
Ternyata hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan seni dan obat herbal!


Gading gajah, adalah gigi seri berukuran besar dari seekor gajah yang tumbuh mengakar di dalam mulut dan menjuntai keluar berada tepat di samping kiri dan kanan belalai. Adapun warna dari gading sendiri yaitu putih pudar dengan lapisan enamel yang melindungi mahkota gigi dari goresan batu atau benda keras di sekitar keberadaan gajah.
Perlu Agan dan Sista ketahui untuk gajah Asia, gading gajah hanya tumbuh pada gajah-gajah jantan dan tidak tumbuh pada gajah betina, sedangkan gajah Afrika baik itu jantan atau betina rata-rata mereka memiliki gading.

Mungkin Agan dan Sista sering bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat gading untuk gajah itu sendiri, kenapa gading banyak diburu dan diperjual belikan secara ilegal.
Manfaat gading bagi gajah adalah sebagai alat perlindungan diri dan juga berburu makanan GanSis. Gajah akan mengangkat batu besar, menggali lubang, mengupas kulit kayu atau menyingkirkan ranting dan batang pohon dengan menggunakan bantuan belalai serta gading mereka. Sesekali gading tersebut juga bermanfaat untuk mengusir predator atau sebagai alat pertahanan diri agar predator menjauh dari kawanan gajah karena memang cara hidup gajah yaitu dengan tinggal secara berkelompok mendiami suatu tempat!




Masih membahas tentang gading Gajah GanSis, melihat betapa pentingnya gading tersebut bagi kehidupan gajah ternyata masih banyak juga oknum-oknum pemburu yang tidak bertanggung jawab yang memburu gajah untuk mendapatkan gadingnya dan memperjualbelikan gading tersebut secara ilegal atau tidak resmi.
Sedangkan untuk mendapatkan gading dari seekor gajah caranya adalah dengan membunuh gajah itu sendiri GanSis, sebab itulah saat ini keberadaan gajah benar-benar terancam punah dan dapat dihitung menggunakan jari.

Apa sih sebenarnya tujuan dari pemburuan gading gajah sampai banyak orang rela membeli gading tersebut dengan harga mahal?
Usut punya usut ternyata gading gajah diperjualbelikan secara ilegal untuk digunakan sebagai bahan-bahan kerajinan dan juga bahan obat herbal GanSis. Sebab itulah kenapa meskipun berharga sangat mahal gading gajah tetap laku keras diperjualbelikan di pasar ilegal!




Pemburuan gading gajah dan beberapa jenis hewan langka lainnya yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab secara langsung benar-benar meresahkan dan merusak ekosistem GanSis. Saat ini hewan-hewan tersebut terancam punah dan dilindungi ketat oleh Dinas Pehutanan dan juga Balai Konservasi Sumber Daya Alam semakin memperketat pengawasan terhadap hewan-hewan langka yang masih hidup dan tinggal di habitat aslinya.
Bahkan penegakan hukum bagi para pemburu tersebut juga kembali digalakkan untuk menekan dan membasmi pemburuan hewan GanSis!

Adapun hukuman bagi pemburu ilegal telah ditetapkan di dalam UU Konservasi Hayati GanSis, yaitu tepatnya pada undang-undang nomer 5 tahun 1990 dengan ancaman bagi pelaku pemburuan 10 tahun penjara serta denda 200juta!


Quote:


Itulah tadi GanSis fakta manfaat gading gajah baik untuk gajahnya sendiri atau alasan kenapa gading gajah diburu dam diperjualbelikan secara ilegal dengan harga mahal!

Miris sebenarnya melihat keadaan ini, gajah yang merupakan jenis hewan endemik harus mengalami kepunahan karena ulah orang tidak bertanggung jawab.
Mudah-mudahan ke depannya para Oknum ini dapat ditangkap dan diberikan hukuman sesuai dengan hukum yang berlaku ya GanSis.
Agar efek jera dapat dirasakan oleh mereka yang telah tega membunuh gajah atau hewan lain yang dilindungi!

Oke, terima kasih untuk Agan dan Sista semua yang telah singgah di thread ane dan sampai jumpa di thread yang lain



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: 1dan 2
Diubah oleh masnukho 25-04-2021 21:36
sunshii32macaulayturkusuma
turkusuma dan 17 lainnya memberi reputasi
18
7.2K
87
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan