ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Harga Bus Di Indonesia, Mulai Hino Sampai Scania
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar harga bus di Indonesia, mulai Hino sampai Scania.


Bicara soal bus. Bus ini memang sudah sangat lumrah dijumpai di Tanah Air. Mulai dari kota Jakarta sampai pedalaman Sumatera, pasti ada kendaraan jenis ini, yang memiliki sasis macam-macam dan memiliki body macam-macam.

Tetapi, tahukah Gansis seputar harga bus di Indonesia? Nah, ane bakal bahas seputar harga nih, yuk disimak!

1. Hino


Sebagai merk yang sudah melegenda di Indonesia dan terkenal akan efisiensi dan kehandalannya, produk-produk Hino tentu sudah laris di Indonesia. Tak hanya truknya saja, bus-bus produk dari Hino pun laris di Indonesia.

Tentu, harga dari produk Hino beragam. Kalau produk microbusnya ya tentu murah, kalau produk bus airsusnya ya tentu mahal dongemoticon-Malu (S).

Harga dari bus-bus Hino di Indonesia adalah:

- Hino Dutro 110 SDBL Microbus Long, harga 226 juta rupiah tak termasuk body karoseri. Jika termasuk karoseri, jok dan lain-lain, misal Coasterina buatan karoseri New Armada, Gansis perlu merogoh kocek sekitar 530-550 juta rupiah OTR.


- Hino FB 130 Medium Bus, harga 405 juta rupiah untuk sasis saja. Sementara, jika termasuk dengan AC, body dan jok, harga akan menjadi sekitar 750 sampai 800 juta rupiah OTR. 

- Hino AK8 A215 bigbus mesin depan. Harga dari Hino AK8 adalah 700 juta rupiah untuk sasis saja. Jika termasuk dengan body, AC dan jok, harga dari Hino AK8 dengan body Discovery dari karoseri Laksana misalnya, akan menjadi sekitar 1,2-1,4 milyar rupiah OTR.


- Hino RK8 R260 bigbus mesin belakang, dengan harga 878 juta rupiah untuk sasis saja. Jika termasuk dengan body, AC dan jok, dan memakai body Avante H9 dari Tentrem misalnya, akan menyentuh angka 1,5 sampai 1,7 milyar rupiah OTR.

- Hino RN 285 MT bigbus mesin belakang. Hino RN 285 dengan transmisi manual harganya 1,020 milyar rupiah untuk sasis saja. Jika termasuk dengan body, AC, jok dan memakai body Jetbus 3+ HDD dari karoseri Adiputro, Hino RN 285 MT akan menyentuh harga di angka 1,7 milyar sampai 1,85 milyar rupiah. Untuk versi transmisi otomatis, dengan konfigurasi sama harganya akan menyentuh sekitar 1,9 sampai 2,05 milyar rupiah OTR.

2. Mercedes-Benz

Di Indonesia, Mercedes-Benz kebanyakan terkenal akan produk busnya. Mercedes-Benz sudah merajai sejak zaman dahulu, karena kenyamanannya, dan lain sebagainya.

Harga dari produk-produk bus dari pabrikan Jerman satu ini beragam. Harga dari produk bus Mercedes-Benz adalah:

- Mercedes-Benz OF 917 Medium Bus, untuk versi sasis pendek OF 917 dibandrol dengan harga 460 juta rupiah OTR, dan untuk versi sasis panjang OF 917 dibandrol dengan harga sekitar 485 juta rupiah OTR. Harga tersebut belum termasuk body, AC, dan jok. Jika termasuk dengan AC, jok dan body Tourista dari karoseri Laksana misalnya, harga dari OF 917 sasis pendek akan menyentuh angka sekitar 900 juta sampai 1,05 milyar rupiah, sementara untuk versi sasis panjang akan menyentuh angka di kisaran 950 juta sampai 1,15 milyar rupiah.


- Mercedes-Benz OF 1623 bigbus mesin depan. Harga dari OF 1623 adalah sekitar 737 juta rupiah OTR, untuk sasis saja. Jika termasuk dengan AC, jok, dan body Discovery dari karoseri Laksana misalnya, harga OF 1623 akan menyentuh angka kisaran 1,35 sampai 1,5 milyar rupiah.

- Mercedes-Benz OH 1526 bigbus mesin belakang. OH 1526 dibandrol dengan harga sekitar 931 milyar rupiah OTR, hanya sasis saja belum termasuk body, jok dan AC. Jika termasuk jok, AC dan body SR2 HD Prime karoseri Laksana misalnya, harga dari Mercedes-Benz OH 1526 adalah 1,65 sampai 1,85 milyar rupiah.


- Mercedes-Benz OH 1626 MT bigbus mesin belakang, yang dibandrol dengan harga sekitar 1,038 milyar rupiah OTR. Hanya sasis saja belum termasuk AC, jok dan body. Jika termasuk dengan AC, jok dan body Tentrem Avante H8 misalnya, sebuah bus OH 1626 akan menyentuh harga di angka 1,75 sampai 1,95 milyar rupiah.

- Mercedes-Benz OC 500 RS 1836 MT bigbus mesin belakang. Dibandrol dengan harga sekitar 1,5 milyar rupiah OTR untuk sasis saja. Sementara, untuk harga dengan termasuk body Jetbus 3+ SHD karoseri Adiputro misalnya, AC serta jok, harga dari Mercedes-Benz OC 500 RS 1836 MT akan menyentuh di kisaran sekitar 2,25 sampai 2,45 milyar rupiah.


- Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 AT bigbus mesin belakang maxi 6x2. Untuk harga ada di kisaran 1,9 milyar rupiah OTR, hanya sasis saja. Sementara, apabila termasuk body bus Double Decker SR2 XDD Prime dari karoseri Laksana, harga akan menyentuh kisaran 3,1 sampai 3,3 milyar rupiah, sudah termasuk AC, jok, kasur tidur, toilet, dan sekat di bagian kabin pengemudi.

3. Scania

sumber gambar
Scania memang sudah sangat terkenal sebagai manufaktur truk dan bus dari Swedia. Bus-bus dari Scania terkenal akan kenyamanan, kehandalan dan kecanggihannya. 

Sesuai kelas dan kasta, harga sasis dari bus Scania beragam. Harga bus Scania adalah:

- Scania K360IB bigbus mesin belakang. Gansis perlu merogoh kocek sekitar 1,45 milyar rupiah OTR untuk memiliki sasis bus ini, belum termasuk AC, jok, dan body. Jika termasuk AC, jok dan body Jetbus 3+ SHD dari karoseri Adiputro, harga dari Scania K360IB akan menyentuh angka di kisaran 2,2 sampai 2,4 milyar rupiah.


- Scania K410IB bigbus maxi 6x2 mesin belakang, yang dibandrol dengan harga kisaran 1,8 milyar rupiah OTR untuk sasis saja. Jika termasuk AC, jok, toilet, smoking area dan body Jetbus 3+ UHD dari karoseri Adiputro misalnya, harga dari Scania K410IB akan menyentuh angka kisaran 2,7 sampai 3 milyar rupiah.

4. Isuzu

sumber gambar
Siapa sih yang gak kenal dengan merek yang memiliki iklan dengan backsound merdu "dimanapun dirimu, kemanapun dirimu, teruslah berjalan, bersama Isuzuuuuu" yang sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu? Yup, Isuzu.

Isuzu ini meluncurkan produk mulai dari minibus keluarga, microbus, sampai medium bus. Untuk lini produk truknya, Isuzu meluncurkan produk mulai dari pickup, truk 4 ban engkel, truk 6 ban light duty, truk medium duty hingga truk heavy duty dengan harga yang beragam tentunya. Harga dari kendaraan penumpang Isuzu adalah:

- Isuzu Elf NLR 55 BX microbus sasis pendek. Hanya termasuk kabin depan, mesin, sasis dan lain-lain, belum termasuk body, AC dan jok. Untuk harga dari NLR 55 BX adalah sekitar 260-290 juta rupiah on the road. Jika termasuk AC, jok dan body dari karoseri New Armada misalnya, harga akan menyentuh di sekitar 350-410 juta rupiah.


- Isuzu Elf NLR 55 BLX microbus sasis panjang. Termasuk kabin depan, mesin, sasis dan lain-lain belum termasuk body, AC dan jok. Harga dari Elf NLR 55 BLX adalah sekitar 290 sampai 320 juta rupiah, jika termasuk AC, jok dan body dari karoseri Morodadi Prima akan menyentuh harga di kisaran 450-520 juta rupiah.

- Isuzu Elf NQR 71 medium bus, dibandrol dengan harga sekitar 310-330 juta rupiah chassis only. Jika termasuk AC, jok dan body dari karoseri Adiputro misalnya, harga NQR 71 akan menyentuh angka di kisaran 700-800 juta rupiah.

5. Volvo

sumber gambar
Volvo juga sangat terkenal akan truk dan bus-busnya, mulai dari B8R hingga B11R. Memang, Volvo yang menjadi tetangga Scania ini kurang laris dibanding kompetitor, dan cukup merajai di pasar mobil keluarga saja.

Harga bus Volvo beragam juga. Tergantung tipe, kasta dan faktor lainnya. Harga dari bus Volvo adalah:

- Volvo B8R bigbus mesin belakang. Gansis perlu merogoh dompet Rp.1,45 milyar untuk memiliki sasis ini. Jika termasuk dengan AC, toilet, smoking area, jok dan body Avante H9 dari karoseri Tentrem misalnya, Volvo B8R akan menyentuh angka 2,2 hingga 2,3 milyar rupiah.


- Volvo B11R bigbus mesin belakang maxi 6x2. Diperlukan uang sebanyak 1,75 milyar rupiah untuk memiliki sasis Volvo B11R. Jika termasuk dengan kasur tidur, AC, sekat, smoking area, dan toilet, jok dan body SR2 XDD Prime dari karoseri Laksana misalnya, harga dari Volvo B11R akan menyentuh angka di kisaran 2,9 milyar hingga 3,1 milyar rupiah.

Ternyata cukup mahal ya Gansis, untuk bus-bus zaman now. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar harga bus di Indonesia ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih bila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 123456789
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tidak bertujuan untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan pihak manapun. Thread ini hanya bertujuan untuk berbagi informasi seputar harga bus di Indonesia.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 03-04-2021 02:50
egama
SoupAyam
anthony305
anthony305 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
25K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan