lpdp
TS
lpdp
Duh Gawat! Kapal Induk Canggih Amerika Serikat Mendadak ke Selat Malaka


JAKARTA -- Amerika Serikat (AS) kembali bergerak di Laut China Selatan (LCS). Data Automatic Identification System (AIS) memperlihatkan hal ini.

Melalui Twitter, lembaga SCP Probing Innitiative menunjukkan bagaimana Theodore Roosevelt CSG masuk. Kapal AS itu terlihat berlayar di Malaka, yang terletak di antara Semenanjung Malaysia dan Pulau Sumatera, Indonesia.

"Theodore Roosevelt CSG masuk ke LCS via Selat Malaka, pagi ini melansir data AID" tulis lembaga itu.

Masuknya kapal perang AS berbarengan dengan naiknya ketegangan di LCS antara Filipina dan China. Manila akhir pekan ini menila China ingin menduduki lebih banyak wilayah di LCS.

"Kehadiran terus menerus milisi maritim China di daerah itu mengungkapkan niat mereka untuk menduduki lebih lanjut (wilayah) di Laut Filipina Barat," kata Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana dikutip dari Reuters.

Filipina memanas ke China setelah ratusan kapal nelayan China berada di Whitsun Reef atau dikenal dengan Julian Felipe Reef. Area itu terletak di dalam zona ekonomi ekslusif Filipina, sejauh 200 mil.

Pada Sabtu, terpantau 44 kapal China masih berada di wilayah itu. Beijing sendiri menyebut kapal berlabuh karena cuaca buruk.

"Saya tidak bodoh. Sejauh ini cuaca bagus, jadi mereka tidak punya alasan untuk tinggal di sana, "kata Lorenzana lagi.

China mengklaim 90% wilayah LCS. Meliputi area seluas sekitar 3,5 juta kilometer persegi (1,4 juta mil persegi), dengan konsep sembilan garis putus-putus (nine-dash line).

Klaim teritorial sepihak tersebut tumpang tindih dengan klaim beberapa negara ASEAN dan Taiwan. Selain dengan China, LCS sendiri berbatasan dengan Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Sementara pada 2016, pengadilan internasional membatalkan klaim China atas 90% LCS. Tetapi Beijing tidak mengakui keputusan itu dan menyebutnya palsu.

AS masuk dengan klaim kebebasan navigasi. Pada Februari lalu, kapal perusak berpeluru kendali USS Russell AS juga melakukan "operasi kebebasan navigasi (FONOP)" di LCS melalui Kepulauan Spratly.

AS menentang keberadaan China di wilayah LCS. Paman Sam menyebutnya menganggu stabilitas kawasan.

https://m.minangkabaunews.com/artike...ung-china.html

Dari namanya saja Laut China Selatan, berarti laut itu punya China dong. Kenapa amerika jauh jauh datang dan ikut campur yang bukan urusan dia?

Harusnya China, Indonesia, Malaysia, Filipina bersatu melawan amerika..

ini malah Malaysia dan Filipina dukung amerika, gimana sih logikanya emoticon-Bingung (S)
Jalan CintaProloque0land
0land dan 5 lainnya memberi reputasi
0
2.8K
70
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan