Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Jangan Sampai Tertipu Dengan HOAX Kouta Gratis Yang Meresahkan, Yuk Kroscek Dulu!

Buah kelapa buah srikaya
Jangan lupa kasih jonii cendol yaa


Haloo Apa kabar gansis? Sehat semua kan? Jonii harap semuanya selalu sehat dan tetap dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esaemoticon-Maaf Agan

Quote:
Source image

Hidup ini memanglah penuh dengan lika liku, udah gitu ditambah drama yang semakin memberatkan. Sebuah kalimat yang mewakilkan kita semua, tapi bukan curhatan jonii yeeemoticon-Big Grin

Jadi dengan semakin rumitnya kehidupan, generasi saat ini hanya membutuhkan sebuah kenyataan dan kebenaran. Dulu, mungkin hal yang tidak benar adanya akan menjadi sebuah kepercayaan yang dapat dijamin oleh masyarakat. Tapi saat ini hal seperti itu akan sangat merugikan bagi semua orang, apakah itu? Yap HOAX

HOAX adalah sebuah kabar atau informasi yang tidak memiliki fakta atau kebenaran dilapangan. Hoax saat ini sudah banyak memakan korban dari berbagai kalangan, dan jenis beritanya pun berbagai macam sehingga antara berita benar dengan berita hoax sulit untuk dibedakan.

Apalagi berhubungan dengan kondisi pandemi saat ini, segala sesuatunya dikerjakan dirumah seperti sekolah dan masalah pekerjaan. Jika menunggu sampai pandemi selesai, mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan kebijakan wfh atau dikerjakan melalui rumah, seperti belajar mengajar harus tetap dilakukan melalui jaringan internet.

Nah, seperti yang kita ketahui internet tidak semerta gratis. Artinya harus ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli yang namanya 'kuota internet'. Kemudian pemerintah memberikan sebuah kebijakan yaitu memberi subsidi atau bantuan kepada seluruh masyarakat untuk dapat tetap mengikuti kegiatan sekolah daring.

Quote:
Source Image

Tapi bagi secuil orang yang pekerjaannya spesialis memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan dirinya sendiri, hal ini menjadi lahan yang basah artinya dapat mereka manfaatkan untuk menipu orang lain. Entah dengan tujuan apa, sampai sekarang jonii juga kurang tau.

Modus yang sudah beredar luas mengenai berita palsu atau hoax mengenai kuota gratis dari pemerintah mereka sebarkankan melalui flatform chat yaitu whatsapp. Kurang lebih begini penampakannya..

Nah, bagi orang yang masih awam dan polos mengenai hal hal seperti ini, pasti mereka langsung mengikuti perintah mereka yaitu meng klik tautan yang mereka berikan kemudian memasuki website yang telah mereka buat secara khusus. Nah, bahaya yang jonii temukan yaitu nantinya kita akan diminta mengisi biodata kemudian setelah itu tidak terjadi apa apa artinya kuota gratis tidak akan pernah masuk.

Quote:
Source image

Judul dari hoax ini biasanya akan berisi seperti ini 'Subsidi kuota 75GB kominfo'. Disini mereka menggunakan nama dari rektor telkom university, pemerintah terkait dan kominfo sebagai kedok kuat mereka. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

FAKTA :

Pada tanggal 05 Februari 2021 lalu, kementerian Kominfo sudah memberikan. Fakta yang melawan kabar hoax yang beredar yaitu seperti ini : "Faktanya, klaim bahwa link itu terkait bantuan dari Kominfo adalah salah. Hal ini adalah kabar bohong yang kembali beredar di tengah masyarakat dengan sedikit modifikasi," ungkap Kementerian Kominfo.

Nah, sudah jelas kan bahwa pesan berantai mengenai kuota gratis yang akan diberikan dengan meng klik tautan tersebut adalah HOAX

Memang benar kuota internet sudah atau akan dibagikan oleh pemerintah tetapi melalui berita atau website dari pemerintah yang akan disampaikan oleh pihak yang terkait dan nantinya akan diberikan kepada kategori orang tertentu seperti guru dan pelajar. Bukan melalui pesan berantai dan tautan yang bisa diakses oleh siapapun seperti ini.

Hoax seperti ini tentunya akan sangat merugikan banyak orang, karena nantinya orang yang merasa tertipu akan memprotes pemerintah terkait ia tidak mendapatkan kuota gratis padahal sudah men klik tautan tersebut. Yang pada kenyataannya bukan dari pemerintah melainkan dari orang orang penipu yang tidak bertanggung jawab.

Penting bagi kita untuk menanamkan sifat waspada dan selalu pilah kabar dan cari tau kebenarannya dulu sebelum bertindak. Jika ada seperti ini lagi wajib kita lapor ke #HansipHoaxatau dalam hal ini adalah pihak berwenang seperti kepolisian.

Semoga hal ini dapat memberikan informasi bagi kita mengenai mana yang fakta dan mana yang hoax. Sehingga nantinya kita tidak akan menuruti apa yang penipu mau, dan lebih waspada lagi terhadap semua berita yang beredar kemudian mencari kebenaran sebelum bertindak.

Sambal tomat dicocol kubis napa
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa


emoticon-Hai

Referensi narasi : Dari SINI
delia.adel
standalone17
Rainbow555
Rainbow555 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
628
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan