DianAhmadKaskus
TS
DianAhmadKaskus
Daun Pepaya Bikin Daging Empuk? Cek Faktanya Di Sini!



Mengolah makanan menjadi suatu hidangan yang enak, selain dari teknik memasak dan paduan komposisi bumbu yang pas juga harus diikuti dengan pengolahan bahan yang tepat. Mengetahui apa yang boleh dan jangan dilakukan dalam sesi pengolahan bahan.

Seperti contohnya daging kambing. Agan sista pasti pernah mengolah makanan dengan bahan dasar daging kambing kan? atau seidaknya melihat orang mengolah menjadi suatu masakan yang sangat lezat.

Seperti ane misalnya, setiap tahun alhamdulillah dapat jatah daging kurban yang biasanya terdiri dari daging sapi atau kambing. Banyak teknik yang salah dan tips yang keliru ketika melakukan pengolahan awal, hingga membuat daging menjadi alot dan berbau.

Thread ane kali ini ingin mengulas tentang bagaimana daun pepaya dan nenas yang katanya bisa membuat daging empuk alami, agar sate atau olahan lain dari daging agan sista akan makyus!


Bagian dari pepaya yang banyak orang pakai untuk melembutkan daging adalah bagian daunnya. Cara mengolahnya pun sangat mudah, jika memakai daun pepaya yang masih muda, setelah dicuci bersih, potong-potong daun dan rebus dengan daging hingga setengah matang.

Dan jika menggunakan daun yang udah agak keras, bisa dengan cara membungkusnya dan disimpan beberapa jam agar hasilnya maksimal. Untuk teknik pembungkusan ada baiknya daun yangakan dipakai, diremas-remas terlebih dahulu, agar getahnya bisa meresap kedalam daging.

Karena dalam getah pepaya, terkandung enzim yang bernama enzim papain. Yang merupakan bagian dari enzim protease yaitu enzim yang bisa memutus ikatan protein menjadi rantai polipeptida atau menjadi asam-asam amino penyusunnya.

jadi dalam proses pengenpukkan secara alami, yang diperlukan adalah getahnya. itulah kenapa sebelum dibungkus, daunnya terlebih dahulu harus diremas-remas hingga keluar getahnya.

Dulu ane pernah pake juga daun pepaya, tapi cuma dibungkus gitu aja banyak-banyak, alhasil tetep ngga ngaruh. Rupanya karena tidak terkena getahnya. Ok, noted!




Cara lain mengenpukkan daging adalah dengan merendamnya dengan nenas. Cara pengolahannya bisa dengan mencampur buah nenas utuh dengan daging, atau diblender hingga halus dan dijadikan rendaman dengan dagingnya, bisa juga dimasak berbarengan dengan nanas dalam olahan masakan tertentu.

Sepeerti juga enzim papain dalam daun pepaya, bromelainyang terkandung dalam buah nanas di dunia industri dikenal sebagai meat tenderizer. Bromelain sama seperti enzim papain bekerja untuk memutus ikatan peptida pada daging yang menjadikan daging menjadi empuk.

Jadi pepaya, baik daun dan juga buah mudanya serta nanas dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Karena dalam pepaya dan juga  nanas mempunyai bahan aktifyaitu papain dan bromelain, suatu enzim yang dapat memutus ikatan peptida pada protein penyusun daging. Enzim-enzim ini berperan mempercepat reaksi pemutusan peptida pada protein dalam daging. Terurainya protein ini membuat daging menjadi lebih empuk dan akan menjadi lebih nikmat bila dimakan.



Quote:

Selain dari bahan alami, agan sista bisa juga menambahkan bahan lain seperti soda kue atau baking powder (?) untuk cara yang non alami, tapi saran ane hindari sebisa mungkin pemakaian bahan kimia berlebih pada saat memasak atau mengolah makanan. Lain soal jika memang tak ada pilihan lain.

Sekian dari ane, maaf jika ada salah-salah kata, jika ada tambahan tips bisa agan sista tulis di kolom komen, sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Hai


Sumber: Pengalaman Pribadi dan #1, #2, #3

















Diubah oleh DianAhmadKaskus 26-03-2021 22:45
Shyesun.puchadhinyzfrnindramamoth
indramamoth dan 56 lainnya memberi reputasi
53
8.9K
311
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan