diraraAvatar border
TS
dirara
Kenalan Yuk Sama Maskot PON Papua 2021!
Helloo Agan dan Sista! emoticon-Selamat

Tahu dong kalau PON XX akan diselenggarakan tahun ini? Nah, menjelang diselenggarakannya PON XX di Papua pada bulan Oktober nanti, banyak hal yang menarik perhatian khalayak. Salah satunya adalah pemilihan maskot PON XX itu sendiri. Dua hewan khas Papua, yaitu Kangpho dan Drawa resmi dipilih menjadi maskot dari pesta olahraga terbesar di Indonesia ini.

1.Kangpho

Spoiler for kangpho:


Kangpho merupakan singkatan dari Kanguru pohon. Kalau selama ini yang kita tahu kanguru hanya ada di Australia, ternyata di Papua juga ada lho jenis kanguru pohon. Satu diantaranya yang sangat terkenal adalah kanguru pohon mantel emas atau Dendrolagus Pulcherrimus. Hewan ini merupakan satwa marupial atau mamalia yang memiliki kantung di perutnya. Kangpho memakan buah dan biji-bijian. Bagian pipi, leher dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan, sehingga hewan ini memiliki julukan mantel emas.

Makna dari Kangpho sebagai maskot PON XX Papua:

  • Puncak salju di kepala Kangpho: mewakili ciri khas pegunungan Papua
  • Rumbe-rumbe pada kepala dan pinggang: Busana lambang kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan Papua, yang memberi arti sambutan hangat dan penuh keakraban tanah Papua.
  • Obor: Menunjukkan semangat kuat dan menyala bagai api untuk bertanding merebut prestasi dengan menjunjung tinggi sportifitas.
  • Ukiran pada ikat pinggang: Ukiran khas Papua dikenal dunia, sebagai bentuk tradisi kehidupan dan spiritual hidup serta penghormatan kepada nenek moyang.


2.Drawa
Spoiler for drawa:

Selain Kangpho, Drawa juga dipilih menjadi maskot PON XX di Papua. Drawa diambil dari nama Burung Cenderawasih. Dalam bahasa ilmiah burung ini disebut juga Paradisaea Raggiana, yaitu jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.

Drawa adalah burung jantang dewasa yang memiliki hiasan yang didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada perutnya. Bulu dibagian dadanya berwarna cokelat tua. Uniknya, pada ekor Drawa terdapat dua buah tali panjang berwarna hitam.

Makna dari Drawa sebagai maskot PON XX Papua:

  • 3 lingkaran: medali emas, perak dan perunggu
  • Warna asli cenderawasih: semangat, kehangatan dan kegembiaraan
  • Warna kulit: Kehangatan, persahabatan dan cinta kasih
  • Sayap, ekor dan jari: Simbol penyelenggara PON XX


Gimana, gansis? Keren kan maskotnya? Jadi ngga sabar ya ingin segera menyaksikan ajang olahraga terbesar ini. Sambil nunggu, kalian bisa intipin nih update informasinya disini
Diubah oleh dirara 17-03-2021 07:16
indramamoth
galigulagalu
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
4K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan