ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Sudiro Tungga Jaya, Dari Elf Pariwisata Sampai Bus AKAP Elkusla
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Sudiro Tungga Jaya, yang mengawali usahanya dari Elf pariwisata sampai sekarang menjadi bus AKAP berslogan Elkusla.


Bagi busmania, pasti sudah tak asing dengan PO Sudiro Tungga Jaya. PO ini merupakan PO paling terkenal di kalangan busmania, terutama di Pulau Jawa Gansis. 

STJ ini terkenal dengan bus-busnya yang kebanyakan menggunakan sasis Hino RK8 atau Mercedes Benz OH 1526 dengan body Jetbus 2+ SHD, Jetbus 3+ SHD, Jetbus 3+ MHD, Jetbus 3+ HDD dan body-body lainnya. STJ terkenal dengan bus-busnya yang kebanyakan sangat "suoss" atau melaju cepat di jalanan sepi.

Sudiro Tungga Jaya juga memiliki julukan di setiap busnya. Mulai dari Iguazu, Varesh, Anno, Rubya, dan lain-lain. Bus-bus PO Sudiro Tungga Jaya dengan julukan tertentu juga memiliki ciri khasnya tersendiri Gansis.


Semua berawal dari tahun 2014 ketika Ki Agus Muhammad Syidik yang berusia sekitar 23 tahun membuka usaha penyewaan bus pariwisata dengan mengambil nama dari usaha angkutan minyak milik orangtuanya yaitu Agam Tungga Jaya.

Ki Agus membuka usahanya dengan modal awal berupa sebuah bus medium Mitsubishi Canter berbody Scorpion Kid garapan karoseri Tentrem, dan satu unit microbus Isuzu Elf Long yang memiliki body garapan karoseri Adiputro.

Mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, akhirnya Agam Tungga Jaya berhasil membeli 3 unit bus bekas PO Subur Jaya, yang berbody Jetbus 2+ SHD garapan karoseri Adiputro.


Agam Tungga Jaya terus membesar, sampai tahun 2017 Ki Agus mengembangkan usahanya ke usaha bus AKAP, dengan menggunakan nama "Sudiro Tungga Jaya" yang merupakan anggota dari Agam Tungga Jaya.

Sudiro Tungga Jaya awalnya hanya merambah trayek Ponorogo - Bogor PP dan Ponorogo - Ciledug PP. Saat itu, perjalanan perdana dilakukan pada bulan Juni 2017 Gansis.

Cakupan trayek PO asal Magetan ini yang awalnya sebatas di Madiun Raya saja kini merambah ke Wonogiri, Jogjakarta, Pekalongan, Palembang, Wonosobo, Muria, dan lain-lain. STJ juga kerap menambah armada baru, mulai Hino RK8 dengan body SHD seperti Avante H9 sampai Scania K410IB dengan body Jetbus 3+ UHD.


Kini, PO yang berkantor pusat di Magetan ini memiliki lebih dari 70-90 armada bus  besar dengan berbagai macam sasis, body, dan julukan-julukan di setiap bus STJ. Nama Sudiro Tungga Jaya juga kian melambung seperti halnya PO Haryanto yang terkenal di kalangan busmania.

STJ juga terkenal akan waktu tempuhnya yang lumayan singkat. Hal ini tentu tak terlepas dari driver-driver STJ yang rata-rata mengemudikan busnya dengan kecepatan tinggi, menurut beberapa orang yang sudah mencoba layanan PO asal Magetan ini.

Mungkin Gansis setiap bertemu dengan bus milik Sudiro Tungga Jaya ini menemukan stiker "Elkusla" di kaca bus bagian samping dan depan. Sebenarnya, "Elkusla" adalah slogan dari PO Sudiro Tungga Jaya, yang merupakan singkatan dari "Eling Kuat Slamet", yang kalau diterjemahkan berarti "Ingat, Kuat, dan Selamat".


Sudiro Tungga Jaya hanya bermain di kelas Eksekutif dan Super Eksekutif saja Gansis. Fasilitas yang ada di bus-bus milik STJ cukup lengkap, mulai reclining seat, bantal, selimut, toilet, legrest, smoking area di beberapa unit, dan lain-lain.

Sasis yang dipakai sebenarnya random Gansis, tapi kalau Gansis memilih kelas Super Eksekutif sasis yang dipakai pasti sasis berkasta tinggi, minimal OH 1626 lah. Kalau beruntung, Gansis bisa dapat unit UHD, dengan sasis Scania, Volvo, atau Mercedes-Benz dengan kondisi yang kadang masih seperti baru.

Baru-baru ini, Sudiro Tungga Jaya membeli 3 unit bus bekas PO Borlindo asal Sulawesi yang memiliki sasis Scania K410IB, dan tak lupa juga beberapa unit bus berbody Jetbus 3+ UHD yang memiliki sasis Volvo B11R dan Mercedes Benz OC 500 RF 2542.


Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Sudiro Tungga Jaya ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih jika Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123456
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini bukan untuk promosi, thread ini hanya untuk mengenalkan STJ lebih jauh.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 16-03-2021 16:06
tien212700
si.matamalaikat
buday
buday dan 33 lainnya memberi reputasi
32
8.5K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan