fauzulfaqihAvatar border
TS
fauzulfaqih
10 Hal yang Harus Dimiliki Barista

Barista bukan hanya sekedar membuat kopi, melainkan banyak aspek yang harus diperhatikan didalam nya. Tidak sedikit orang yang mengaku sebagai Barista namun tidak memiliki aspek aspek yang dicantumkan disini, dan berikut adalah poin poin yang haris dimiliki Barista


1. IDEALISME
Barista harus memiliki idealis yang tinggi akan hal yang mereka percayai dan mempertahankan nya, banyak sudut pandang mengenai apa saja Idealisme yang dianut untuk menghargai kopi. Dengan idealis yang kuat, Barista memiliki arahan untuk menjadi baik dan lebih baik lagi.

2. OPEN MINDED
Memiliki pengetahuan tentang kopi yang luas memang bagus, namun jika keras kepala itu akan membuat ilmu Barista tidak akan bertambah. Dengan menerima segala masukan yang ada dari sekeliling akan membuat pengetahuan Barista makin terasah dan bertambah.

3. KNOWLEDGE
Barista diharuskan memiliki pengetahuan yang luas, tidak hanya dari proses pembuatan kopi melain kan dari kadar air, suhu air yang digunakan, tekanan uap kopi, waktu ekstraksi kopi dan lain lain nya. Segala hal harus diperhatikan dengan teliti dengan latihan khusus dan ilmu pengetahuan yang luas dan terbuka.

4. COMMUNICATION SKILL
Jika mampu membuat kopi yang nikmat tapi tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan akan mengurangi daya jual sang Barista tersebut. Dengan kemampuan komunikasi yang bagus otomatis Barista bisa menyampaikan segala ilmu dan pengetahuan yang ia miliki karena pengetahuan harus dibagikan di dalam kultur kopi.

5. AMBITIONIST
Ambisius adalah salah satu kunci Barista untuk menggapai sesuatu demi mencapai nya. Dengan ambisius membuat Barista bekerja lebih keras dan menguasai segala hal yang akan dia hadapkan kedepan nya.

6. GOOD LISTENER
Memberikan informasi memang penting bagi Barista, namun jika tidak menjadi Pendengar yang Baik akan menghambat perkembangan ilmu sang Barista tersebut. Dengan mendengarkan segala pengetahuan dan informs dengan baik dapat meningkatkan level barista lebih baik dari sebelumnya.

7. HYGIENE
Dengan ilmu kesehatan yang tinggi Barista dapat menyajikan kopi yang nikmat namun tetap dengan standart kesehatan yang ditetapkan, bukan Cuma itu. Barista juga dituntut untuk menjadi tukang pembersih yang baik, Harus detail terhadap barang barang yang digunakan untuk menjaga standart kebersihan.

8. MOOD CREATOR
Satu hal lagi yang unik dari Barista, mereka diharuskan dapat membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Karena disetiap harinya mereka bertemu dengan berbagai orang yang datang, mereka harus bisa mendapatkan mood seseorang dengan baik. Disitulah keunikan nya.

9. SCIENTIS
Selain ilmu tentang kopi, Barista juga harus menjadi Ilmuan. Karena dengan mengatur suhu air, penguapan, ekstraksi dan sebagainya membuat Barista layak untuk menguasai ilmu pengetahuan tersebut.

10. HUMBLE
Dan ini yang paling penting, Barista diwajibkan menjadi orang yang rendah Hati. Dengan bertemu dengan berbagai orang dan berkomunikasi membuat Barista harus menjadi pribadi yang rendah hati agar bisa merkomunikasi dengan baik kepada pelanggan yang datang. Jika Barista memiliki 9 poin diatas namun tidak Humble? Ia tidak bisa dikatakan sebagai Barista.

sekian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat untuk agan agan terimakasih banyak kaskus


Vanguardez
Vanguardez memberi reputasi
1
14.4K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan