Sok.ArtAvatar border
TS
Sok.Art
Share Pengalaman Tinggal di Finlandia Dong, Apakah Agan Pernah Kesana?


Baru-baru ini Ane baru aja menyelesaikan program sarjana dari salah satu universitas di Indonesia. Setelah lulus, niatnya Ane ingin melanjutkan pendidikan Ane di Finlandia, tepatnya di University of Oulu. Sekilas emang seperti impian yang sulit terealisasikan sih. Tapi ya gak ada salahnya mencoba deh buat menggapai impian tersebut.

Berdasarkan keinginan Ane untuk melanjutkan studi ke Finlandia, Ane belakangan ini lagi giat banget buat cari-cari tahu bagaimana kehidupan di negara nordik tersebut. Berbagai situs dan blog dari orang yang pernah tinggal disana sudah Ane baca-baca. Tapi, karena Ane Kaskuser, jadi rasanya kurang kalau Ane gak bertanya di forum KASKUS tentang pengalaman Kaskuser saat tinggal di Finlandia. Syukur-syukur ada yang pernah merantau kesana, jadi bisa berbagi pengalaman di thread ini, hehe.

Sebelum kita berdiskusi tentang pengalaman tinggal di Finlandia, ada baiknya Ane berikan sedikit gambaran mengenai kehidupan di Finlandia dulu ya Gan. Semoga aja ada Kaskuser yang pengen juga buat merantau kesana.

Gak perlu basa-basi lagi, berikut ini ane jabarkan sekilas mengenai kehidupan di Finlandia yang ane rangkum dari mamarantau. Check it out!




1. Masyarakatnya Pendiam Banget
Berdasarkan pengalaman dari orang Indonesia yang pernah tinggal disana, diketahui kalau orang Finlandia itu terlalu pendiam Gan. Masyarakat disana emang terkenal sebagai bangsa yang gak suka banyak omong.

Bahkan, pemandangan seperti duduk bareng tanpa ada obrolan sedikit pun itu dianggap normal, loh. Tapi hal itu bukan karena mereka sombong Gan, melainkan karena orang-orangnya emang cenderung pemalu dan sangat private.

Berbeda banget ya dengan masyarakat kita yang sangat cair dan gampang berbaur melalui obrolan ringan. Ane aja kalau ke warkop pasti bawaannya pengen ngobrol mulu meskipun sama orang yang gak Ane kenal, haha.



2. Personal Space Sangat Dihargai
Ada fenomena unik yang terdapat di masyarakat Finlandia, mereka sangat menghargai personal space yang mungkin akan membuat orang dari negara lain cukup kaget menyaksikannya.

Contoh kasusnya seperti menghargai personal space di bus umum. Percaya atau enggak, ternyata banyak bus umum di sana kursinya dibiarkan kosong, dan banyak penumpang yang malah memilih untuk berdiri. Padahal kita semua tahu kalau bus umum selalu ada dua kursi yang bersebelahan. Tapi atas nama personal space, jika satu kursi sudah terisi itu berarti orang lain akan malas buat mengisi kursi disebelahnya, karena mereka risih buat duduk berdempetan dengan orang asing.

Tapi tenang aja, buat rute bus yang jauh atau ke tempat yang ramai sih kebiasaan tersebut udah mulai ditinggalkan. Mungkin karena di tempat ramai itu banyak warga negaa asing, jadi habit tersebut udah mulai kegeser.



3. Bahan Pangan Lokalnya Mahal, Tapi Kualitasnya Tinggi
Finlandia itu paling ketat dalam penerapan kontrol keamanan bahan pangan. Dan, itu membuat harga bahan pangan Finlandia menjadi lebih mahal dibandingkan negara Eropa lainnya. Orang yang baru merantau ke Finlandia biasanya sih cukup kaget ngeliat fakta tersebut.

Tapi Finlandia punya alasannya kenapa harga bahan pangannya lebih mahal. Hal itu dikarenakan sayur dan buah-buahan misalnya saja dari Spanyol yang terkenal mengandung banyak pestisida, lalu daging sapi dari Jerman yang lebih tinggi kadar dioksin-nya, hingga arbei-arbei import dari luar negara Nordik yang tidak disarankan untuk dimakan mentah karena dikhawatirkan tercemar polusi. Gokil ya!



4. Dimana-mana Ada Sauna
Orang Finlandia itu suka banget ke sauna Gan. Dan, itu membuat ada banyak fasilitas sauna yang terdapat di Finlandia. Diperkirakan sih ada lebih dari 2 juta sauna di Finlandia, meskipun populasi negaranya aja cuma 5,5 juta penduduk doang.

Masyarakat Finlandia juga umumnya punya sauna pribadi di rumah atau apartemennya sendiri. Bahkan, di perkantoran sampai gedung parlemen juga terdapat fasilitas sauna Gan!



5. Memiliki Ratusan Ribu Danau
Finlandia mempunyai julukan Land of a Thusand Lakes, yang berarti negara dengan seribu danau. Terdapat lebih dari 180 ribu danau yang ada di negara ini. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari danau kecil hingga danau besar.

Berkat kondisi geografisnya tersebut, membuat danau menjadi salah satu sumber rekreasi bagi warga sekitarnya. Biasanya sih, banyak yang mancing ikan di danau kalau lagi musim panas. Dan, kalau lag musim dingin, orang-orang pada menjadikan danau yang beku untuk arena ice skating. Cocok nih buat orang yang punya hobi mancing mania, hahaha.


* * * * *



Kira-kira seperti itulah sedikit gambaran mengenai kehidupan di Finlandia berdasarkan pengalaman orang Indonesia yang pernah merantau kesana. Kalau Agan punya pengalaman serupa, boleh dong diskusikan di kolom komentar Gan!

emoticon-Shakehand2
nurekawahyuni
shoyusushi
lusiyani0191986
lusiyani0191986 dan 36 lainnya memberi reputasi
35
14.3K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan