rendyconanAvatar border
TS
rendyconan 
[Update] Portofolio Investasi Reksadana Anak Milenial Jaman Now di bibit.id




Sebagai anak milenial untuk memulai investasi pastinya penuh keraguan dan sebelum memulai biasanya banyak anak milenial yang mencari informasi terlebih dahulu bahkan melihat pengalaman orang lain. Nah pada thread ini gue akan mencoba membagikan pengalaman yang dialami selama investasi di bibit.id. Walaupun gue pun baru saja memulai tapi gue yakin banyak di luar sana yang ingin belajar. Mari kita belajar bersama gan! emoticon-Peace

Investasi yang paling cocok di tahun 2019 menurut gue adalah bibit.id. Bukan bermaksud mempromosikan tetapi fitur yang ada di dalamnya sungguh membantu kita sebagai anak milenial emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

emoticon-2 Jempol


Sumber gambar: bibit.id

Apa sih yang membedakan bibit dengan yang lain?

Bibit mempunyai robo advisoryang bertindak sebagai pemandu untuk kita mengetahui tingkat profile kita sebagai investor pemula. Bisa dilihat pada video di bawah ini:



Tampilaninterface-nya sangat mudah dimengerti dan seolah langkah demi langkah dipandu dari setiap tampilannya. Jadi memang kita hanya menjawab 6 pertanyaan terlebih dahulu dan robo advisor yang akan menentukan tingkat profil kita apakah termasuk dalam kategori:

rendah : cocok untuk mengambil investasi reksadana pasar uang
moderat: cocok untuk mengambil investasi reksadana obligasi
agresif: cocok untuk mengambil investasi reksadana saham


Tentukan target investasi yang ingin kalian lakukan

Targetkan investasikan yang ingin kalian inginkan, contohnya:

Jangka pendek < 3 tahun: investasikan di reksadana pasar uang (misalnya punya target untuk beli smartphone baru dalam waktu 1 tahun ke depan)

Jangka menengah 3 - 5 tahun: investasikan di reksadana obligasi (misalnya punya target menikah 3 tahun mendatang)

Jangka panjang > 5 tahun: investasikan di pasar saham (misalnya 20 tahun ke depan ingin punya dana pensiun)




Sharing hasil portofolio akun yang gue miliki

Gue mencoba pertama kali investasi pada 25 Agustus 2019di reksadana obligasi karena gue punya target jangka menengah:


25 Agustus 2019gue membeli dan menunggu 2-3 hari kerja untuk mendapat konfirmasi bahwa pembelian sudah diterima. Gue membeli produk Manulife Obligasi Unggulan Kelas A , hingga saat thread ini dibuat (07 September 2019) masih merugi. Tapi gak masalah, tips untuk membeli adalah untuk tidak menghiraukan naik atau turun karena kan targetnya itu jangka menengah. Gue akan review setiap bulannya dan tahunnya emoticon-Embarrassment

emoticon-pencet 


Pada tanggal 30 Agustus 2019 gue membeli reksadana pasar uang (Pinnacle Money Market Fund) dan saham (BNI-AM Indeks IDX30)

Terlihat di atas untuk saham gue pun masih rugi tapi tenang kan ini untuk jangka panjang dan pasar uang positif naik. Pasar uang rata-rata memang selalu positif naik dan ini paling cocok menjadi tempat tabungan daripada deposito kena potong 20%. Mending tabung di sini aja gan apalagi sewaktu-waktu kita butuh dananya bisa kapanpun dicairkan!

Sehingga total gue investasi adalah:

Pasar uang: 200.000
Obligasi: 200.000
Saham: 100.000




Walau di sini rugi tapi tidak masalah karena ingat kepada target investasi kalian, jangan karena turun panik. Buat kalian yang mau mencoba berinvestasi silahkan mencobanya dengan download aplikasinya di playstore emoticon-thumbsup

Setelah itu kalian bisa mendapatkan cashback 50.000 dengan memasukkan kode referal: rendyconan untuk mendapatkan cashback. Silahkan mencoba gan!

emoticon-Wow

Diubah oleh rendyconan 01-01-2021 06:48
nurardiansyah
tien212700
tiannnn
tiannnn dan 21 lainnya memberi reputasi
22
36.2K
550
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan