andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Mengapa Harus Saling Mencaci Maki, Jika Menasihati Jauh Lebih Bijak
Quote:


Hai Gan, Hai Sis.
Ketemu lagi sama ane dimari. Selamat pagi, siang, sore dan selamat malam buat agan dan sista seranah kaskus.



Sejak dari dulu, Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai banyak kebudayaan. Baik dari segi kesenian maupun aspek lainnya. Namun, yang paling terkenal ialah budaya saling menghormati antar sesama, negara, ras, dan agama.

Seiring waktu berlalu dan zaman yang mengalami perubahan, kebudayaan tersebut perlahan hilang, tergantikan dengan saling caci dan maki, bahkan antar sesamanya sendiri. Norma-norma yang sejak kecil diajarkan oleh orang tua kita seakan lenyap tak bersisa.

Masihkah Agan dan Sista mengingat petuah para tetua? Jika kita harus selalu menghormati yang lebih tua dan menyayangi serta mengayomi kepada yang lebih muda. Jika mungkin masih mengingat, marilah kita saling menjaga dari hal-hal yang membawa kita pada kedengkian, terlebih kepada apa yang tidak sesuai dengan yang terlihat dan yang dirasakan.

Ane pribadi, sering merasa heran kepada orang-orang yang dengan gampang mencaci maki, padahal jika ditelaah, tiadalah hal yang salah. Jika pun ada kesalahan, tak seharusnya pula kita menyalahkan, alangkah bijak dan baiknya menasihati dan mengarahkan agar kesalahan itu tak terulang dikemudian hari.

Beberapa waktu lalu, dilaman sebuah surat kabar online diberitakan, jika para pengguna sosial media Indonesia minim akhlaknya. Hal itu tak seharusnya terjadi, mengingat kita sedari kecil sampai dewasa diberi petuah norma-norma dan ajaran yang baik dalam bertutur dan kesopanan.

Memang benar, jika kebebasan berekspresi telah tercantum dalam UU dan dilindungi, tapi bukan berarti kita bebas pula untuk saling mencaci. Apalagi yang kita caci maki Ialah orang yang sangat berpengaruh baik dalam hal agama dan negara.

Seharusnya, kabar berita tiadanya akhlak dalam bersosial media di Indonesia menjadi cambuk untuk kita, jadikan pelajaran agar kita bisa kembali menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bukan malah kembali mencemooh lagi.

Seharusnya pula kita malu, bahwasanya penilaian tersebut datang dari media luar, yang mungkin saja mengenal bagaimana penduduk Indonesia dan seperti apa perilaku-perilaku kita.

Jangan sampai kebudayaan saling menghormati semakin terkikis dan terganti oleh budaya caci maki. Jangan sampai pula julukan Indonesia sebagai negara beradab, berbudi pekerti berubah menjadi biadab dan tak saling menghormati.

Ini menjadi PR untuk kita semua, agar kedepannya menjadi lebih baik dari sekarang dan sebelumnya. Jagalah budaya kita, dengan senantiasa berperilaku sopan antar sesama. Baik dalam agama, ras, dan negara.

Salam jumpa kembali dilain kesempatan, semoga dalam thread ini ada sedikit pelajaran yang bisa diambil. Terkhusus untuk diri ane dan umumnya kepada agan dan sista seranah kaskus.

Salam sejahtera, semoga kita selalu dalam lindungan yang Maha Kuasa.

Ditulis: @andrerain5
Tangerang Selatan @2021
Diubah oleh andrerain5 09-03-2021 05:07
Rainbow555
zeuskraetos
protradersignal
protradersignal dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2.7K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan