YenieSue0101
TS
YenieSue0101
Mengubur Ari-ari dan Diberi Penerangan Bukanlah Syirik, Berikut Penjelasan Logisnya!



Hai, hai, AganSis!

emoticon-Hai



Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia khususnya yang beragama Islam menguburkan ari-ari bayi setelah proses persalinan seorang wanita. Di daerah Jawa sendiri terdapat semacam ritual dan syarat-syarat saat melakukan prosesi penguburan. Beberapa syarat misalnya penguburan harus dilakukan ayah kandung si bayi, membacakan ayat-ayat Alquran, kuburan harus diberi bunga (wewangian), diberi penerangan, bahkan ditutup dengan kurungan ayam.


Dengan adanya syarat-syarat kurang logis tersebut, banyak yang menyebutkan bahwa hal itu termasuk perbuatan syirik. Tanpa tahu bahwa sebenarnya ada maksud tertentu di setiap syarat dalam ritual tersebut.






Mari kita baca penjelasan di bawah ini!

emoticon-Request



Ari-ari atau plasenta merupakan bagian terpenting dalam kehidupan si bayi selama dalam rahim karena menjadi sumber makanan utama bayi. Setelah lahir ke dunia, keberadaan ari-ari sudah tak penting lagi bagi si bayi. Tradisi masyarakat mengharuskan kita memperlakukan ari-ari dengan baik karena dianggap sebagai belahan jiwa si bayi, dan wajib menguburnya dengan benar.


Kenyataannya, mengubur ari-ari tidak memiliki tujuan seperti itu. Memang sudah menjadi hal wajib dalam Islam bahwa setiap anggota tubuh manusia harus dikubur. Tak terkecuali ari-ari. Lagi pula, tak mungkin kan dibuang di tempat sampah, apalagi dibakar. Jadi, satu-satunya jalan adalah dikubur.


Kenapa harus dikubur di depan rumah, diberi lampu, bunga(wewangian), bahkan kurungan ayam?



Menurut penuturan masyarakat dulu, pemberian lampu diharapkan bisa menjadi pepadhang(penerangan) bagi kehidupan si bayi kelak. Sementara bunga berkaitan dengan hal ghaib, dan kurungan merupakan simbol kekuatan.


Jelas, itu syirik!


Namun, AganSis perlu juga memahami alasan logis dari proses tersebut!


Ari-ari bayi yang dikubur diberi lampu bertujuan agar terlihat saat malam. Pekuburan ini memberi tanda bahwa ada bayi di rumah tersebut, sehingga orang-orang yang lalu lalang di sekitar bisa menjaga sikap agar tak membuat gaduh atau mengusik ketenangan si bayi. Dengan adanya penerangan bisa mencegah kemungkinan kuburan terinjak secara tak sengaja.


Kenapa tidak dikubur di pemakaman?



Ini pertanyaan tak logis. Kita tak sedang menguburkan orang mati. Lantas mau diberi nama siapa pada nisannya?


Hal berikutnya yang disebut syirik adalah dengan memberi bunga atau wewangian di atas kuburan. Padahal tujuannya jelas. Untuk meminimalisir bau amis dari ari-ari, agar tak tercium oleh hewan di sekitar. Kalau sampai digali kucing atau anjing, kan bahaya!


Sedangkan diberinya penutup berupa kurungan ayam, itu hanya akal penduduk saja untuk melindungi kuburan dari hewan atau anak-anak kecil yang berlarian di sekitarnya. Di kampung adanya kurungan ayam, jadilah tradisi secara turun temurun.






Nah, jadi mengubur ari-ari dengan berbagai prosesi tersebut tak sepenuhnya syirik. Semua bergantung niat dari diri masing-masing saja. Kecuali kalau sudah mulai menaruh jarum, alat tulis dan sebagainya yang bertujuan agar si bayi kelak tumbuh menjadi anak yang kuat dan pandai baca tulis. Kalau ini sudah masuk syirik. Mau pintar ya belajar. Mau kuat ya berusaha. Sederhana saja. Tak perlu menaruh benda-benda yang tak memiliki penjelasan masuk akal seperti itu di sekitar kuburan ari-ari.


Bagaimana, AganSis, sudah paham maksud dari tulisan ane? Kalau belum, silakan baca ulang. Kalau setelah baca ulang tapi tetap belum paham, berarti narasi ane berbelit-belit atau ente yang ... ah sudahlah! Intinya, sebelum melabeli sesuatu hal, pikirkan dulu penjelasan logis yang menyertainya.


Sekian, thread pertama ane di bulan Maret. Maafkan bila narasi ane belepotan. Efek gugup dan lama tak nulis! emoticon-Ngacir

Terima kasih sudah menyimak, dan bila berkenan silakan tinggalkan cendol dan rate-nya. emoticon-heart



emoticon-Blue Guy Cendol (L):emoticon-Shakehand2emoticon-Rate 5 Staremoticon-Sundul Up



Penulis : @YenieSue0101
Opini pribadi dan klik
Ilustrasi : 1, 2, 3


tien212700Breedingrendiv
rendiv dan 88 lainnya memberi reputasi
85
33.6K
280
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan