istijabah
TS
istijabah
Menakjubkan, Inilah Penampakan Ular Saat Menggali Tanah, Agan Pernah Lihat?



sumber gambar: di sini

Halo agan dan sista, aku datang lagi nih setelah beberapa hari gak nulis karena lagi sibuk di duta.

Agan atau sista pernah bertemu ular tidak? Apa reaksi agan atau sista saat itu? Kaget, takut plus ngeri pasti ya.

Sama seperti yang pernah aku alami. Begini ceritanya, waktu itu tuh aku dan adik lagi bersih-bersih tempat penumpukan kayu bakar. Tempat itu seperti gubuk terbuka dengan alas tanah dan beratap. Gubuk itu memang disediakan khusus untuk menyimpan kayu bakar yang sudah kering sebagai persediaan pas sudah masuk musim hujan lebat. Jadi misalnya ada hujan lebat pun gak khawatir kekurangan kayu buat masak.

Kebetulan keluargaku masih mengonsumsi air godok atau air yang dimasak sendiri buat minum sehari-hari. Dan juga lebih suka menikmati kopi olahan sendiri daripada beli langsung seduh itu. Jadi, sampai sekarang tetap menggunakan tungku kayu untuk memasaknya.

Oke, lanjut lagi ke cerita tadi, saat mengganti kayu yang paling bawah dengan kayu yang baru, aku lihat di pojok gubuk itu ada lubang, aku pikir itu sarang tikus ternyata saat digali di dalamnya bukan tikus, tapi ular.

Aku memang pernah membaca kalau ular itu tidak hanya bersarang di semak-semak, tapi juga bersarang di lubang-lubang tanah. Dan baru saat bersihin gubuk itulah aku melihatnya langsung.

Ular adalah hewan melata dengan tubuh yang panjang dan lentur, tempat yang paling disukai adalah tempat-tempat yang rimbun, lembab dan gelap.

Nah, yang jadi pertanyaan dan bikin penasaran tuh, bagaimana seekor ular bisa membuat sarang di dalam tanah? Gimana cara menggalinya? sedangkan ular itu tidak punya tangan atau kaki!

Untuk menjawab rasa penasaran itu, aku mencoba mencari di YouTube dan beberapa media di google, tapi belum ketemu yang pas dan jelas gitu.

Nah, beberapa hari lalu saat melihat tentang hewan-hewan di Instagram aku menemukan sebuah video yang diunggah oleh salah satu akun yang ada Instagram. Video itu memperlihatkan bagaimana cara seekor ular saat menggali tanah.


sumber gambar: di sini

Ternyata ular menggali tanah menggunakan kepalanya dan menahan hasil tanah yang digali itu dengan diapit oleh lehernya sebelum dibuang.


sumber gambar: di sini

Oke, takut penglihatanku salah dan agar agan dan sista lebih jelas melihatnya, aku sertakan videonya di bawah ini.

Spoiler for ular gali tanah:


Setelah melihat video tersebut pasti sebagian dari agan dan sista bertanya-tanya, kok matanya gak kelilipan, ya?

Aku juga sempat bertanya begitu, tapi setelah baca penjelasan tentang ular di Wikipedia, barulah pertanyaanku itu terjawab.

Jawabannya adalah: ular tidak memiliki kelopak mata seperti hewan lainnya, jadi ular tidak bisa berkedap-kedip. Sepanjang hidupnya mata ular selalu terbuka.

Lalu, bagaimana ular menghalau kotoran untuk tidak masuk ke matanya?

Meskipun mata ular selalu terbuka, tapi mata ular dilapisi oleh sisik bening. Sisik itulah yang melindungi mata ular dari kotoran atau yang bikin ular tidak kelilipan saat menggali tanah.

Bagaimana agan dan sista sudah terjawab kan rasa penasarannya?

Jika dipikir-pikir lagi, itu semua adalah bukti ke Maha Kuasaan Allah dalam menciptakan para makhluk-Nya. Allah ciptakan kekurangan dan juga kelebihan, Allah ciptakan kekuatan dan juga kelemahan. Dan semua itu tidak pernah ada yang sia-sia.

Oke, cukup sampai di sini dulu, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tetap jaga kesehatan dan semoga yang terkena musibah selalu sabar dan semoga semuanya segera membaik. Aamiin.



@istijabah

Referensi : di sini, di sini
muyasytien212700c4punk1950...
c4punk1950... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.9K
62
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan