yuki26Avatar border
TS
yuki26
Sepatu Lokal Gaib, Orang Awam Jangan Berharap Punya

Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:


sumber gambar Instagram/@geoff_max

Hai semuanya, tulisan ini masih seputar tentang sepatu lokal karena gua suka bahasnya. Baru aja ada produk terbaru dari brandsepatu lokal yang selalu jadi rebutan setiap rilis. Udah bisa ketebak kalo buat dapetin sepatu ini susahnya pake banget. Sepatu yang dimaksud adalah sepatu baru dari Compass. Baru-baru ini Compass merilis 2 seri sepatu yang berbeda. Tentunya sangat terbatas, orang awam kayaknya jangan terlalu berharap bisa mendapatkannya. Butuh perjuangan emang untuk dapetin sepatu-sepatu dari Compass, karena masih jadi barang yang langka sampai saat ini.

Kelangkaan sepatu lokal sekarang bukan cuma dari Compass aja. Nyatanya ada beberapa brand lokal yang merilis sepatunya dengan stok terbatas atau limited. Sepertinya embel-embel limited cukup berhasil mendongkrak nilai jual suatu barang. Dalam industri sepatu lokal, merilis sepatu dengan stoknya yang terbatas seolah menjadi gaya atau strategi marketing terjitu. Brand-brand sepatu lokal berlomba-lomba untuk menghasilkan produk seri terbatasnya demi mendapatkan yang namanya kesan eksklusif. Dengan adanya kesan eksklusif, nilai jual bisa tinggi dan sepatu tersebut makin dibanggain. Gak cuma sekadar membatasi produksi sepatu, dari aspek kualitas dan estetika desainnya juga digaspol. Makanya strategi marketing kayak gini efektif banget, terutama kepada tipe konsumen yang haus sama eksklusivitas.


sumber gambar Instagram/@hinaofficial0313

Namanya juga eksklusif, jadinya gak semua orang bisa mendapatkannya. Siapa cepat, dia yang dapat. Bisa juga siapa beruntung, dia yang dapat. Intinya gak cuma menyiapkan dana yang agak lumayan aja, tapi butuh kecepatan dan keberuntungan juga untuk mendapatkan sepatu eksklusif. Demam sepatu yang susah banget didapetin sama orang biasa-biasa aja sedang terjadi sekarang. Jadi lu kalo pengen memilikinya, ya paling enggak punya relasi yang luas gitu. Hal ini bisa mempermudah jalan lu untuk kebagian jatah sepasang sepatu yang rame diincer orang-orang. Jalan alternatifnya sih beli lewat reseller, tapi konsekuensinya harga yang ditawarkan bisa berlipat-lipat dari harga retail. Kalo lu termasuk orang yang gak mempermasalahkan jumlah uang yang terbakar untuk sebuah sepatu sih gak jadi masalah.

Sepatu-sepatu lokal eksklusif yang dijual terbatas berasa gaib bagi orang-orang awam. Makanya gua agak ragu sekarang, sepatunya termasuk eksklusif atau malah jadi gaib. Dalam tulisan ini kalian bisa ngerti kayak gimana bentukan sepatu gaib yang dimaksud. Gua anggep gaib karena gua merupakan orang yang biasa-biasa aja atau awam. Sepatu-sepatu ini baru aja rilis semuanya. Berikut wujud sepatu-sepatu lokal gaib terbaru yang sedap-sedap dipandang.

Imperior - Yonji
Spoiler for pic:


Sepatu gaib yang pertama dalam tulisan kali ini adalah salah satu produk dari Imperior. Sebuah brandyang terkenal dengan petir-petirnya. Pada sepatu barunya yang dinamain Yonji ini punya bahan unik banget. Yonji dari Imperior bisa berubah warna dari hijau tua atau lumut ke hijau muda. Warna hijau mudanya kayak nyala gitu, karena terang warnanya. Jadi sepatu ini bisa berubah warna ketika kena suhu yang panas. Warna dasarnya adalah hijau tua, ketika kena suhu yang panas akan menjadi hijau muda. Selain itu, petirnya bisa nyala di tempat yang gelap atau biasa disebut glow in the dark. Menurut gua keren banget konsepnya, ditambah produksinya juga limited cuma 50 pasang.

Gspl - Tosca
Spoiler for pic:


Sepatu ini merupakan seri limitedlagi dari brand Gspl. Gua sebut "Lagi" karena Gspl cukup sering mengeluarkan seri sepatu terbatasnya. Dengan khas bentuk sepatu yang gitu-gitu aja dari Gspl, karena dari seri awal sampe sekarang bentuknya sama. Jadi lebih mengeksplor dari pilihan warna dan kadang ada gambarnya. Untuk artikel Tosca ini sangat manis, perpaduan warna yang cerah cocok banget. Sepatu Tosca dari Gspl diproduksi terbatas cuma 100 pasang. So, bakal butuh lumayan kejar-kejaran sama pesaing lain kalo mau beli.

Walko x W.Essentiels - Battle of Somme
Spoiler for pic:


Berikutnya ada sebuah sepatu hasil kolaborasi yang punya konsep freshdalam industri sepatu lokal. Konsep yang diambil dari sebuah sejarah perang dunia ke-1, antara Perancis dengan Jerman. Keliatan gitu ye kesan warna-warna militer zaman dulu dari warna sepatunya. Jadi berasa lintas era kalo pake sepatu Walko yang ini. Kolaborasi sepatu ini dikerjakan oleh Walkto bersama W.Essentiels, yaitu sebuah brand luar yang lumayan diminati di negara ini. Produksi sepatu ini tentu aja diibuat terbatas, cuma 150 pasang doang. Jumlah produksinya terbilang dikit sih, mengingat kedua brand tersebut udah termasuk perusahaan gede gitu.

Sage x Teh botol
Spoiler for pic:


Sepatu dari Sage yang bakalan susah buat didapetin, karena kolaborasi bersama Tehbotol ini cuma dibuat sebanyak 75 pasang aja. Pada perilisannya cuma butuh sekitar 5 menit doang langsung sold outatau terjual abis. Cukup gila karena Sage sendiri prediksinya open order untuk beberapa hari, ternyata 10 menit aja gak sampe buat terjual semuanya. Antusias konsumen cukup barbar ya, karena momen kolaborasi ini juga langka. Kapan lagi sebuah brand minuman legendaris seperti Tehbotol bisa berbentuk dalam sepatu. Sage mewujudkan hal ini, katanya juga bahan pewarna yang dipakai menggunaan bahan alami. Terus desainnya juga menarik dan karakter dari minuman tehnya masih dapet gitu.

Homskin x Hoax cuiiiih - Poseidon
Spoiler for pic:


Sepatu kolaborasi terbaru dari Homskin dan Hoax cuiiiih yang cuma dirilis 100 pasang doang cuy. Kolaborasi ini cukup membuat heboh di kalangan penggemar sepatu lokal, karena konsepnya yang unik. Bisa dibilang konsep ini merupakan pertama kali yang diterapkan dalam sepatu lokal. Sepatu yang disebut Poseidon ini punya 2 upper, satu slip ondan satunya punya bahan mika yang transparan. Dengan adanya lapisan upper dari mika bisa bikin sepatu ini anti air. Jadi gak perlu takut jalan di tempat yang becek-becek lagi. Untuk desainnya sepenuhnya ada di bagian upper slip onnya yang penuh dengan coret-coretan. Menurut gua 2 brand lokal ini punya karakter yang sejalur, makanya bisa ngehasilin sebuah karya sepatu goks.

Ventela x Navertoolavish - Bleached Noir
Spoiler for pic:


Lanjut ke sepatu hasil kolaborasi lagi yang kali ini bisa dimilikin sama sejuta umat. Ya kerena sepatu Ventela gak pernah terbatas, mau yang biasa ataupun seri spesial kayak gini sama aja produksinya tanpa batas. Buat sepatu Noir hasil kolaborasi Ventela bersama Navertoolavish emang produksinya banyak banget. Bedanya sama yang Bleached Noir ini cuma dibikin ada bercak bleachingaja, tapi malah jadinya keren banget. Buat versi Bleached Noir ini dibuat terbatas dan cuma bisa didapetin lewat @vish.id. Untuk jumlah produksinya gak dikasih tau ada berapa banyak, tapi yang jelas Bleached Noir ini terbatas. Sekarang kalo mau diburu juga susah banget, paling bisanya beli ke reseller dan ini pun juga jarang banget yang jual. Cara lainnya bisa sih eksperimen sendiri, dengan beli sepatu Noir biasa terus lu kreasiin bleachingnya sendiri.

Patrobas - El Classico
Spoiler for pic:


Sepatu yang menggila karena merupakan hasil dari desain penggemarnya Patrobas. Jadi waktu itu sempet ada lomba desain sepatu yang basicnya pake bentuk sepatu Ivan high cut. Nah yang menang dari perlombaan tersebut adalah Orlando Simanjuntak dengan desain sepatu yang dinamain El Classico. Dulu sih gak ada rencana buat diproduksi buat komersial. Akhirnya dirilis juga untuk komersial berkat banyaknya permintaan penggemar dari Patrobas yang pengen punya sepatu El Classico. Kemudian permintaan tersebut diwujudkan El Classico resmi diproduksi untuk komersial sebanyak 200 pasang. Sepatu ini merupakan seri terbatas pertama dari Patrobas. Bahannya keren, bermotif batik dan detailnya goks abis. Agak mustahil buat mendapatkan sepatu ini sekarang, karena pada saat perilisan cuma 3 menitan udah abis sampe ke akar-akarnya. Gua yakin ada banyak juga yang pengen dan sampe rebutan, makanya harga resellnya bisa tembus jutaan.

Compass x The Genjots - Indonesia Sehat
Spoiler for pic:


Mendekati puncaknya sepatu gaib dalam tulisan kali ini gua taro projectnya Compass sama The Genjots. Dengan wacana projectkolaborasi yang cukup gokil yaitu Indonesia Sehat. Walaupun gua sendiri kurang tau apakah kalo mau sehat harus pake sepatu ini dulu gitu atau gimana. The Genjots merupakan komunitas sepeda atau perkumpulan orang doyan gowes, makanya ada unsur gerakan sehat-sehatnya gitu. Kalo dari bentuk sepatunya sih baru, karena Compass belom pernah ngeluarin sepatu yang bermodelan velcro. Desainnya juga lucu, karena punya warna CMYK yang cerah di bagian heelnya. Terus sepatu ini juga punya sole yang mengandung fosfor, jadi tentu aja bakalan nyala di dalam kegelapan karena sifatnya menyerap cahaya. Jumlah produksi sepatunya sih banyak, ada 1000 pasang. Seperti biasa, Compass emang jadi bahan rebutan dan susahnya pake banget buat dapetin retailnya. Kalo lu mau banget dan emang kebelet juga sama seri kolaborasi ini, beli aja lewat reseller banyak kok yang langsung dijual lagi. Harga resellernya 2-3 jutaan untuk saat ini sih.

Compass x Fxxking Rabbits
Spoiler for pic:


Ini puncak sepatu lokal yang gaib, karena cuma rilis di Jepang aja. Compass berkolaborasi sama brandJepang yang punya konsep nakal dan vulgar. Kalian bisa liat kalo diperhatiin bagian kotak kardus dan out solenya ada gambar badan ciwik mantep. Gambarnya dibuat agak semu dan gak terang-terangan juga lah. Sepatu yang begini katanya sih buat versi Jepang aja, makanya dirilis di Jepang. Agak kontroversial emang semisal rilis di Indonesia dengan desain yang dewasa begini. Di Jepang sendiri sepatu ini diproduksi sebanyak 482 pasang dan berhasil ludes. Gua heran ya gak di Indonesia kek atau di Jepang, Compass diminati segitunya. Desain bentukan sepatunya mengingatkan kita sama artikel Proto yang dulu dari Compass juga. Buat yang penasaran dengan harganya, 1,9 juta untuk yang high cut dan 1,8 juta untuk low cut. Harga ini kalo dirupiahkan segitu, gila juga sih. Sepatu ini mustahil buat didapetin, apalagi buat orang awam. Jadi ya nikmatin aja dari gambar-gambar yang ada cuy.


sumber gambar Instagram/@sepatucompass

Sebenernya kalo ngomongin sepatu lokal gaib ada lumayan banyak. Pada tulisan ini gua cuma ngasih tau aja wujud sepatu lokal terbaru yang susah buat orang awam miliki. Bahkan bisa dibilang hampir gak mungkin, tapi kalo bisa memiliki berarti perjuangannya keras banget atau hokinya yang keras. Emang ada kemungkinan bisa memilikinya, tapi kemungkinan itu kecil karena pejuang yang rebutan gak sedikit. Terus menurut lu apakah ada rasa kebanggaan ketika bisa memakai sepatu yang eksklusif dan bernilai tinggi karena jadi rebutan banyak banget orang? Jangan lupa kalo ini buatan lokal loh.
Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: Instagram/@sepatucompass, @imperiorfootwear, @vish.id, @gsplgoods, @sage_footwear, @patrobas.id, @homskinoriginal.co, @hoax_cuiiiih, @walko__, @fxxkingrabbits


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
atau konten sebelumnya

emoticon-Sundul Gan (S)klik gambaremoticon-Sundul Gan (S)
----------+++
++++++---------



SAMPAI JUMPA
Diubah oleh yuki26 18-08-2020 11:31
adrian.rizki13
kiospulsainfo
tien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
12.5K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan