husnamutia
TS
husnamutia
5 Karakter Fiksi Indonesia Legendaris Pada Masanya, Ada Favoritmu?


Karakter dan tokoh adalah dua hal penting dalam sebuah cerita. Seperti halnya perahu dan nahkoda maka karakter diibaratkan nahkoda yang mengemudikan tokoh untuk menjelajah cerita itu sendiri.

Keberhasilan penulis atau sineas dalam menggambarkan watak karakter dan apa saja yang berkait dengannya, ditandai dengan antusiasme pembaca atau penonton dalam mengidolakan karakter tersebut. Bahkan sangat mungkin karakter itu menjadi lebih dominan dan terkenal dari film atau novel itu sendiri. Seperti halnya Karakter tokoh yang ane rangkum berikut ini.

Pada masanya karakter-karakter tersebut sangat menonjol bukan hanya dalam film, di dunia nyata pun kaum hawa banyak yang mengidolakan bahkan Karakter-karakter tersebut seolah-olah gambaran cowok/pasangan ideal kaum wanita.


1. Boy dalam Film Catatan si Boy




Boy dalam film 'Catatan si Boy' adalah gambaran seorang cowok ganteng, gaul yang berasal dari keluarga tajir. Meskipun demikian Boy adalah sosok yang ramah, rendah hati, pintar, beriman (alim) dan jago beladiri. Pastinya si Boy ini banyak disukai kaum hawa.

Seperti judulnya Boy ini mempunyai hobi menulis buku diary. Pada masa itu buku diary memang sangat dekat dengan remaja pada masanya. Seperti kita sekarang yang dekat dengan media sosial. Si Boy ini diperankan oleh Ongky Alexandr.

2. Lupus dari film Lupus




Tak jauh berbeda dengan si Boy, Lupus juga digambarkan sebagai cowok ganteng. Hanya saja ada sedikit perbedaan jika si Boy berasal dari keluarga kaya maka Lupus berasal dari keluarga sederhana.

Jika si Boy seorang mahasiswa maka Lupus adalah pelajaran SMA. Meskipun masih muda tetapi lupus sudah menekuni usahanya sendiri yaitu dengan mengelola sebuah cafe. Jika si Boy identik dengan buku harian maka Lupus identik dengan permen karet. Bukan hanya permen karet yang bikin cewek-cewek lengket tetapi karakternya yang baik, cuek dan

Berbeda dengan pemeran Boy yang cuma satu maka Lupus ada beberapa versi, seperti Alm. Ryan Hidayat, Irgi Ahmad Fahrezy, Hilman Hariwijaya, Oka Sugawa dan Atarsyah.

Siapa pemeran Lupus idolamu?

Generasi 80s dan 90s ingat bukaan dengan dua karakter ini?

3. Ali Topan dari Film Ali Topan Anak Jalanan




Ali Topan anak jalanan ini sepertinya ada 3 beberapa versi. Versi pertama diperankan oleh Yati Oktovia dan Junaedi Salat (1977).

Versi kedua adalah versi series yang diperankan Ari Sihasale dan Karina Suwandi.

Ali Topan anak orang kaya yang kedua orang tuanya sibuk kerja ( broken home). Sehingga kurang peduli dengan anaknya. Hal ini membuat Ali Topan menjadi sosok kesepian yang mencari kebahagiaannya di luar rumah. Meskipun demikian Ali adalah anak yang baik dan pintar. Meski terlihat urakan dan brandal Ali Topan sosok pemuda panutan di jamannya, no drugs.

Setelah versi Ari Sihasale tampaknya ada remake Ali Topan berikutnya tetapi ane rasa yang paling kuat karakternya adalah versi Ari Sihasale dengan ciri khasnya rambut gondrong dan motor gedenya.

*anak jalanan kumbang metropolitan
selalu dalam kesepian
anak jalanan korban kemunafikan
selalu kesepian di keramaian*

Lirik lagu Ali Topan by Crisye

4. Si Doel Anak Sekolahan




Karakter si Doel yang diperankan Rano Karno digambarkan sebagai seorang pemuda dari keluarga sederhana. Seorang anak kampung yang baik, soleh dan pintar. Berpendidikan tinggi karena jalur beasiswa.

Berbeda dengan film-film yang ane sebut di atas. Si Doel ini di mulai dari sinetron kemudian di adaptasi menjadi film layar lebar.

Kalau menurut ane, nih. Si Doel ini sosok anak yang baik ya gan. Akan tetapi sebagai laki-laki kurang tegas menurut ane. Karena ketidak tegasan sikapnya inilah yang membawanya pada dilema cinta segitiga, Sarah dan Zainab.



5. Rangga dari Film AADC




Karakter yang kelima adalah Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta yang diperankan Nicholas Saputra.

Nico sukses memerankan karakter Rangga, menjadikannya sosok cowok idola para wanita. Rangga yang Pintar, Tampan, Romantis, Jago Masak dan Misterius dan Dingin.

Film ini terbilang cukup sukses, bukan hanya Nicholas Saputra dan Dian Sastro, film ini juga merupakan tinggal kebangkitan film Indonesia kala itu.

Nah itu dia kelima karakter idola yang melegenda menurut versi ane. Selanjutnya ada tiga karakter berikutnya yang belum bisa dikatakan melegenda bisa dibilang calon legenda. Kita lihat saja bagaimana nantinya apa iya bisa lekat selekat lima karakter di atas. Mari kita simak dulu ulasan berikut:


1. Dilan





Siapa yang tak kenal dengan Dilan si raja gombal. Kata-katanya yang bikin baper bukan hanya buat Milea jatuh cinta tetapi juga gadis-gadis yang menonton filmnya.
Bukan hanya kepandaiannya berolah kata tetapi sifat setia, totalitas dalam memperjuangkan cinta, percaya diri dan Dilan adalah sosok yang sangat menyayangi ibunya.

2. Nathan




Karakter yang ke-empat adalah Nathan. Nathan digambarkan sebagai sosok bad boy, tetapi seru dan antimainstream. Meskipun terlihat nakal tetapi dibalik sikapnya yang terlihat urakan Nathan adalah sosok yang romantis dan manis. Sudah begitu Nathan juga sangat menghargai perempuan dan sayang keluarga.

Jadi wajarlah jika cewek-cewek bermimpi dan berharap memiliki pasangan seperti Nathan.

3. Al Debaran Ikatan Cinta




Karakter yang sedang jadi idola saat ini adalah Al Debaran dalam film Ikatan Cinta. Jika karakter sebelumnya adalah remaja maka Al Debaran adalah pria dewasa yang mapan. Perhatian, kebapakan, dan sayang istri juga keluarga.

Sebenarnya untuk karakter terakhir ini apa yang menjadikannya idola. Karakter Al debaran atau aktornya? Apapun jawabannya pokonya, Al Debaran (Arya Saloka) sedang jadi idola para emak-emak Indonesia untuk saat ini.

Bukan hanya karakter yang kuat tetapi ketepatan dan kepiawaian aktor memerankan karakter tersebut membuat tokoh-tokoh itu semakin hidup dan seolah-olah tokoh dan karakter itu adalah aktor-aktor tersebut.

Bagaimana menurut agan sista? Apa ketiga karakter ini bisa menjadi katakter legendaris seperti kelima karakter yang ane sebut sebelumnya?

Kita lihat saja beberapa tahun mendatang. Apa kita masih mengingat mereka?

Salam
Mutia AH

Sumber sumberdua tigaempat lima
di sini
di sini
Diubah oleh husnamutia 25-02-2021 11:54
Daniswara92m4ntanqvtien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
11.8K
331
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan