abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Bagaimana Sih Sebenarnya Santet Itu Bekerja? Begini Penjelasan!
Source Image
Bagaimana sih sebenarnya santet itu bekerja?



Halo gansis, selamat pagi. Selalu jaga kesehatan dan tetap patuhi protokol pencegahan penularan virus corona ya.
Kembali lagi dengan ane, abdulqadirz. Hari ini ane mau mencoba bahas tentang santet. Wuih kok tumben bahas yang mistis ginian? Tenang ane cuma mau dikit kok bahasnya gak mau banyak-banyak nanti takutnya salah.

Sudah familiar dong dengan kata santet ini. Entah dari mana asalnya yang pasti ketika masih kecil kita secara tidak sadar telah dikenalkan dengan kata santet ini dari obrolan orang tua, lingkungan, masyarakat, ataupun dari film-film.

Santet sendiri menurut istilah adalah suatu pekerjaan orang yang memiliki ilmu hitam, sehingga mampu mencelakai orang lain, berupa sakit yang datang mendadak, keanehan jenis penyakit seperti didalam perut ada paku, di dalam perut ada gumpalan rambut, dan lain sebagainya.

Hal semacam ini apabila terjadi pada orang tertentu, maka masyarakat meyakininya sebagai ilmu hitam atau 'kena santet'.

Lantas apakah ada penjelasan di dalam dunia medis?

Seperti yang dikatakan oleh guru besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa memang pernah ada kasus tubuh anak yang penuh jarum-jarum, paku, segala macam. Apa itu kena santet atau hal lain, dokter nggak bisa begitu berpikirnya karena itu bisa macam-macam penyebabnya.




Dari situ kita bisa pahami bahwa secara logis tidak mungkin paku masuk ke dalam perut seseorang tanpa ada sebab seperti tertelan. Medis tidak bisa mengatakan kalau itu kena santet, karena memang di dalam dunia medis tidak ada istilah seperti itu.

Dunia medis hanya akan melakukan diagnosa apabila sudah dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan. Lalu akan melakukan tindakan pengobatan seperti operasi pengeluaran benda tersebut. Dan tidak bisa secara pasti menyimpulkan bagaimana datangnya benda tersebut didalam tubuh manusia.

Lantas bagaimana santet itu bekerja?
Dunia medis minim sekali kemungkinan bisa menjawabnya. Sehingga yang ane peroleh hanya dari konteks agama saja ya.

Menurut perspektif spiritual

Berdasarkan dunia medis ane tidak bisa mendapatkan jawaban, kemudian ane beralih ke pandangan agama ane yaitu agama islam. Dan mendapatkan jawaban berdasarkan iman yang ane yakini tentunya. Namun ane tidak bisa mengajak agan dan sista untuk meyakininya jika gansis tidak percaya.




Buku yang ane baca tersebut yaitu buku yang berjudul 'Dialog dengan jin muslim'. Berbicara dari sudut pandang orang kedua yang mana orang tersebut adalah penulis aslinya yaitu Muhammad Isa Dawud.

Mewawancarai jin dengan kemampuan anugerah dari Allah, menceritakan banyak hal tentang dunia jin dan kaitannya dengan dunia manusia. Salah satunya santet.

Maka jin tersebut bercerita bagaimana santet bekerja. Jadi kita bisa sebut dukun, ia mulai mengadakan kerja sama dengan jin kafir untuk saling menguntungkan. Dukun akan meminta jin tersebut untuk mencelakai seseorang, dan jin akan mendapatkan imbalannya.

Melakukan perjanjian seperti ini lumrah terjadi antara manusia dan jin. Bahkan sampai tertulis dan ada stempel dalam perjanjian seperti ini. Ada bukti gambar dalam buku ini.

Imbalan untuk jin pun bermacam-macam, dan yang paling besar imbalannya adalah nyawa. Ini yang biasa kita kenal sebagai tumbal. Namun biasanya kalau jin minta tumbal, hal yang dilakukannya juga sesuatu yang besar seperti pesugihan atau memperkaya diri.

Jadi begitu ya gansis bagaimana santet bekerja. Intinya dilakukan oleh jin kafir/setan dalam rangka perjanjian dengan manusia/dukun. Ini berdasarkan sudut pandang spiritualitas seorang ulama. Kalau agan dan sista punya referensi lain silahkan share di thread ini.

Sumber: Opini Pribadi
Referensi: 1& 2
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz 17-02-2021 00:10
abdulqzalali
Si.jonii
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
11.5K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan