megautAvatar border
TS
megaut
Kenapa Alat Pembayaran Di Indonesia Disebut Uang Atau Duit? Ini Dia Asal Usulnya Gan


Hai gan sist apa kabarnya dompet kalian saat ini, masih ada uangnya kan? Kalau memang ada yang sedang bokek dompetnya jangan dibiarkan sampe kosong sekosong kosongnya lho ya, pamali! Usahakan harus ada sisa barang selembar dua lembar uang kertas berapapun nominalnya sebagai pancingan.
Believe it or not, up to you gans!!
emoticon-Big Grin
By the way pada kesempatan kali ini thread akan membahas sedikit tentang uang aka duit. Semua orang pasti sangat suka, sangat sayang dengan yang namanya duit tapi pernahkah gan sist terpikir kenapa benda yang disukai dan disayangi semua orang itu diberi nama uang atau duit di negara kita Indonesia tercinta ini?

Nah! Bagi gan sist dan semuanya yang belum tahu kenapa, berikut ini terdapat beberapa opsi yang kemungkinan adalah jawabannya.

Kenapa dinamakan uang?


Dulu pada awal awal kemerdekaan RI, alat pembayaran yang sah yang digunakan negara kita terbuat dari daluwang yaitu sebutan untuk sejenis kertas yang terbuat dari kulit pohon. Dari sanalah kemudian banyak yang meyakini kata uang berasal dari daluwang.

Versi lainnya menyebutkan bahwa uang berasal dari kata wang yang konon katanya pada zaman dahulu wang tersebut merupakan alat pembayaran yang terbuat dari emas dan hanya digunakan untuk membayar barang barang yang mewah atau mahal.

Selain kedua versi di atas, ada juga yang mengatakan bahwa kata uang berasal dari seorang ahli keuangan China yang bernama Wang An Shi.


Kenapa disebut duit?


Dulu negara kita sempat dijajah lumayan lama oleh Belanda dan duit merupakan sebutan untuk satuan mata uang terkecil dari negeri kincir angin tersebut. Jadi wajar jika bangsa kita banyak yang menyebut uang dengan istilah duit karena terbiasa mendengar dan diberi upah dengan uang duit oleh Belanda.

Pada masa penjajahan mungkin sangat jarang atau tidak ada sama sekali orang kita yang diberi uang gulden oleh kompeni. Gulden sendiri merupakan satuan uang terbesar di Belanda.
Cmiiw.

Demikianlah gans asal usul dari kata uang dan duit. Keduanya sama saja arti dan bentukannya hanya berbeda dipenggunaan katanya saja. Kalau kata uang bisa digunakan saat bicara dengan siapa saja kapanpun dan dalam situasi apapun sedangkan kata duit sebaiknya jangan digunakan saat situasi resmi.
Ykwim.
emoticon-Shakehand2

Ref ini
Pict 12 3
FalianAridua
cheria021
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
6.3K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan