si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
UD Quester CDE 250 6x2 Rigid - Truk Buatan Jepang Dengan Cita Rasa Eropa
Nama Nissan Diesel mungkin sudah tidak asing bagi penggemar otomotif Indonesia, produk asal Jepang ini sudah mengaspal sejak 30 tahun yang lalu di Indonesia. Khusus di segmen truk dan bus, pada masanya produk dari Nissan cukup sukses di pasar Indonesia, bersaing dengan merek lain yang juga berasal dari Jepang.

Namun, seiring perkembangan zaman pabrikan asal Jepang ini sudah tidak bisa lagi mempertahankan identitas aslinya. Pada tahun 2007, saham Nissan Diesel dibeli 100% oleh Volvo Group dari Swedia. Nama Nissan kemudian berganti menjadi UD (Ultimate Dependability), perubahan nama ini dilakukan guna memisahkan identitas pabrikan tersebut dari mantan pemilik sebelumnya.




Truk yang akan dibahas.

Ilustrasi: otomotifnet.gridoto.com


Setelah diakuisisi Volvo, tampang produk dari Jepang ini perlahan-lahan berubah seperti bentuk kendaraan yang ada di Eropa, terutama di segmen truk. Meski berubah kepemilikan, DNA Nissan Diesel tetap dipertahankan untuk pasar negara berkembang seperti Indonesia. Truk Nissan generasi terbaru yang dipasarkan di Indonesia tersebut bernama Quester.

Produk tersebut pun diterima cukup baik, dan sampai saat ini sudah banyak varian yang wara-wiri di jalan. Pada kesempatan kali ini TS akan membahas salah satu varian truk buatan UD yang diberi nama UD Quester CDE 250 6x2 Rigid. Langsung saja kita mulai pembahasannya.



UD Quester CDE 250 6x2 Rigid

Produk ini sepengetahuan TS sudah mulai beredar pada tahun 2017 gan sist (cmiiw), pada akhir tahun lalu pihak UD memberi penyegaran pada produknya dengan fitur kekinian. Truk ini termasuk tipe rigid, artinya truk memiliki chasis panjang yang sudah tersambung, sehingga tidak memerlukan trailer tambahan. Pembeli tinggal menambahkan bak, mixer atau box sesuai kebutuhan.

Lanjut ke pembahasan truknya gan sist, seperti judul yang TS tulis. Truk ini memiliki cita rasa Eropa, bisa dilihat dari tampilan grill depan yang besar sekaligus lebar. Hal ini merupakan salah satu ciri truk dari Eropa, terutama dari Swedia. Setelah diakuisisi Volvo, perlahan truk yang dibuat di Jepang ini perlahan berevolusi menjadi seperti truk buatan Eropa.




Tampak depan.

Ilustrasi: udtrucksbogor.blogspot.com


Selain dibekali grill yang lebar, pada bagian lampunya juga cukup unik karena mengusung desain vertikal. Di bagian atas dari lampu berbentuk vertikal ini ada lampu sein, sementara dibawahnya adalah lampu utama. Sedangkan lampu belakangnya berbentuk horizontal memanjang.

Sementara itu pada bagian pintunya dibuatakan masing-masing 3 buah pijakan kaki untuk naik ke kabin truk. Pada masing-masing pintu juga terdapat logo CDE 250 dengan aksen krom.

Tuk ini dibekali 3 buah wiper, untuk membersihkan secara maksimal karena ukuran kacanya lebih lebar. Selain itu truk UD Quester ini sudah dibekali blindspot mirror pada bagian kiri, posisinya berdekatan dengan spion utama. Blindspot mirror merupakan pendamping dari spion standard dan hanya untuk dilihat sesaat untuk memantau kondisi yang lebih luas.




Blindspot mirror.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tanto Jalan Jalan




Pijakan kaki untuk naik ke kabin truk.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube PRO Mobil




Lampu belakang.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Seputar Tambang


Beralih ke sisi interior gan sist, truk ini sudah dibekali tempat tidur untuk akomodasi perjalanan jauh. Sehingga sopir bisa bergantian untuk istirahat. Pada bagian tengah kabin terdapat cup holder berukuran besar yang bisa digunakan untuk wadah botol air mineral ukuran besar.

Sebagai tambahan, tuas lampu sein truk Quester berada di sebelah kiri (bawah setir), sementara di bagian kanan adalah tuas exhaust brake. Fitur ini merupakan ciri khas truk Eropa, bagi agan yang biasa mengemudikan mobil Jepang pasti familiar dengan tuas lampu sein di sebelah kanan (Japanese Style), namun pada Quester tuas lampu sein ada di kiri.




European Style, tuas lampu sein di kiri emoticon-Big Grin

Ilistrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tukang review chanel


Sama seperti dua truk yang pernah TS buatkan thread sebelumnya, UD Quester CDE 250 sudah dilengkapi MID alias Multi Information Display.Fitur ini biasanya berisi informasi berupa tanggal, waktu dan instrumen eco driving. Dalam instrumen eco driving disini, sopir akan bisa melihat cara mengemudinya, apakah cara mengemudinya irit atau boros bahan bakar.

Kabinnya juga sudah dilengkapi head unit yang terdiri dari radio, mp3, serta tombol AC. Tempat duduk sopir pun sudah dibekali air suspension, di mana pada tempat duduk sopirnya terdapat tombol untuk mengatur tingkat kelenturan kursi tersebut. Sehingga dalam perjalanan sopir merasa nyaman dan tidak merasakan getaran yang biasa dialami saat mengemudikan truk konvensional.

Di dekat head unit juga terdapat beberapa kompartemen yang terbuka, selain itu di bagian atap kabinnya juga terdapat kompartemen tambahan untuk menyimpan dokumen atau barang.




Cup holder di bagian tengah kabin, di belakangn kursi sopir ada tempat tidurnya.




Head unit yang terdapat radio, mp3 dan pengaturan AC.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tanto Jalan Jalan




Speedometer dengan tambahan fitur MID.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube PRO Mobil







Kompartemen penyimpanan di dashboard dan di bagian atas.

Ilistrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Tukang review chanel



Dibekli Teknologi Bogie Lift

Seperti yang TS tulis di awal, truk ini berkonfigurasi penggerak roda 6x2 gan sist, dimana roda yang paling belakang berfungsi sebagai tambahan untuk membantu menopang beban muatan truk. Truk Quester 6x2 ini pada roda bagian belakangnya tidak dilengkapi gardan, gardan ini hanya ada pada roda di depannya (roda tengah).

Ketika truk sedang dalam muatan kosong, roda paling belakang bisa diangkat ke atas. Hal ini tentu akan menghemat ban sekaligus bahan bakar, karena roda yang bergerak tidak terlalu banyak. Fitur ini dikenal juga dengan nama bogie lift.

Cara mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah, sopir tinggal menekan tombol bogie lift yang terdapat di dekat head unit. Untuk mengembalikan roda ke posisi semula juga menekan tombol yang sama.




Tombol bogie lift, untuk mengangkat roda paling belakang.





Posisi saat tombol bogie lift aktif, roda akan terangkat.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube PRO Mobil


Truk Quester CDE 250 punya 4 varian wheelbase mulai dari 4.3 m, 5.1m, 5.6 m dan 6.1 m. Whelbase pada varian 6x2 tersebut dihitung dari sumbu roda depan sampai sumbu roda tengah. Total panjang keseluruhan truk ini bisa mencapai 12 meter.

Untuk fitur keamanannya juga sama dengan truk modern fitur itu seperti ABS, full air brake, emergency-cutoff, dan indikator reverse alarm. Selain itu truk juga dibekali sensor parkir serta kamera belakang, sehingga sopir tidak perlu lagi membutuhkan arahan tukang parkir.

UD Quester ditenagai oleh mesin diesel GH8E common rail 6 silinder segaris Euro 3, berkapasitas 8 liter dengan transmisi manual 9 kecepatan serta tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 250 horse power. Kode angka 250 pada truk Quester ini menunjuklkan tenaga maksimal yang bisa dihasilkan. Untuk torsinya adalah 950 Nm.

Selain digunakan untuk keperluan angkut logistik, UD Quester juga membuat varian khusus yang digunakan untuk keperluan truk tangki BBM Pertamina. Bagi para pengusaha truk yang mungkin merasa berat membeli truk Eropa, UD Quester mungkin bisa menjadi solusi, karena menawarkan truk buatan Jepang dengan cita rasa Eropa. Apalagi mesin yang digunakan adalah mesin milik Volvo yang sudah terkenal kehandalannya. Untuk harga yang ditawarkan mulai di kisaran Rp 700-900 juta (cmiiw, harga sewaktu-waktu bisa berubah).




Ilustrasi: www.seva.id


UD Quester CDE 250 6x2 Rigid

Negara Pembuat: Jepang
Pabrikan: UD
Wheelbase: 4.3 m, 5.1m, 5.6 m dan 6.1 m
Total Panjang Truk: 12 m
GVW (Gross Vehicle Weight): 26.000 kg
Mesin: GH8E Euro 3, 6 silinder segaris 9 speed manual, dengan kapasitas 8 liter
Tenaga: 250 HP
Torsi: 950 Nm
Harga: Rp 700-900 juta (bisa berubah sewaktu-waktu)
Dipasarkan Oleh: PT UD Astra Motor Indonesia



Spoiler for Video Tambahan:



Demikian sedikit ulasan tentang truk UD Quester CDE 250 6x2 Rigid, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru buat kita semua di bidang angkutan logistik. Jika agan dan sista menyukai tulisan ini jangan lupa untuk rate 5, cendol, share dan komen. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image, Youtube
goal481
doobey
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.1K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan