widoko
TS
widoko
Mendunia! Presiden Jokowi Divaksin, Begini Media-Media Internasional Memberitakannya
Kemarin, Rabu 13 Januari 2021 Indonesia mencatatkan sejarah baru kaitannya dengan Covid-19. Ya pada hari itu negara kita melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19 pertama. Tidak main-main, yang disuntik pertama adalah orang nomor satu di tanah air saat ini: Presiden Joko Widodo.


Pemberitaan CNA (Sumber: channelnewsasia.com)


Penyuntikkan vaksin Sang Mantan Gubernur DKI tersebut dilaksanakan di Istana Negara Jakarta kemarin sekitar pukul 09.42 WIB. Tim vaksinasi Covid-19 yang melakukan vaksinasi ke Mantan Wali Kota Solo. Adapun prosesnya disiarkan langsung lewat Chanel You Tube Sekretariat Presiden.



Pemberitaan di The Straits Time (Sumber: straitstime.Com)


Penyuntikkan vaksin Covid-19 pertama kepada RI 1 ini tentu saja menarik perhatian banyak pihak dan media. Bahkan media-media luar negeri pun ramai memberitakannya.


Pemberitaan di ABC Australia (Sumber: abc.net.au)


Media ABC Australia misalnya. Media tersebut menurunkan berita bertajuk 'Indonesia is preparing to vaccinate up to 180 million people against COVID-19 in 15 months.' Atau jika diterjemahkan kurang lebih menjadi 'Indonesia sedang mempersiapkan untuk melakukan vaksinasi lebih dari 180 juta orang untuk memerangi COVID-19 dalam 15 bulan.'

Dalam pemberitaannya ABC Australia menyoroti tentang Presiden Jokowi yang menerima vaksin buatan China pertama di Indonesia. Pemberian Vaksin produksi Sinovac Biotech Beijing tersebut menurut ABC merupakan bagian dari rencana ambisius Indonesia untuk memvaksinasi lebih dari 180 juta orang dalam satu tahun.

Sementara itu The Straits Time tidak mau ketinggalan. Media yang berbasis di Singapura tersebut menerbitkan berita dengan judul 'Indonesian president Jokowi receives Covid-19 jab, starting national vaccinitation drive,' atau kalau diterjemahkan kurang lebih menjadi 'Presiden Indonesia, Jokowi, menerima suntikan Covid-19, memulai kampanye vaksinasi nasional.'

Dalam pemberitaannya Straits Time menyoroti tentang Presiden Jokowi yang menerima suntikan pertama dari vaksin Sinovac produksi China, yang merupakan permulaan dari kampanye masal melawan virus Corona. Hal tersebut dilakukan untuk mengendalikan lonjakan infeksi dan kematian dari Indonesia yang disebut sebagai negara yang paling parah terkena dampak Covid-19 di Asia Tenggara.

Chanel News Asia (CNA) juga tidak mau ketinggalan. CNA yang berbasis di Singapura juga memberitakan penyuntikan vaksin Presiden Jokowi dengan judul 'President Jokowi gets Sinovac jab to officially launch Indonesia's Covid-19 vaccinitation programme,' atau jika diterjemahkan kurang lebih menjadi 'Presiden Jokowi menerima suntikan Sinovac untuk secara resmi memulai program vaksinasi Covid-19 di Indonesia'.

Dalam pemberitaannya CNA menulis bahwa Presiden Jokowi menerima penyuntikan vaksin Sinovac pada hari Rabu, 13 Januari 2021. Ia merupakan orang Indonesia pertama yang divaksin. CNA juga mengutip pernyataan Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 adalah penting untuk memutus rantai transmisi virus Corona, juga menyediakan kesehatan, keselamatan, dan proteksi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Begitulah vaksinasi di Indonesia yang dimulai dari Presiden Jokowi sebagai orang pertama. Vaksinasi ini merupakan peristiwa yang penting sehingga media luar negeri pun ikut memberitakannya. 

Uniknya dari PDIP Partai dimana Presiden Jokowi bernaung ada tokoh yang malah menentang vaksinasi tersebut. Dia adalah anggota DPR RI dr Ribka Tjiptaning yang menyatakan malah memilih didenda dari pada divaksin.

Salah satu keberhasilan program vaksinasi Covid-19 ini adalah satu kesatuan langkah dan bahasa dari tokoh-tokoh pemerintah dan bangsa. Semoga kita segera terbebas dari virus Corona...I]






Referensi:

1. https://www.abc.net.au/news/2021-01-13/indonesia-starts-rolling-out-jabs-of-chinas-covid-19-vaccine/13051430

2. https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/indonesian-president-jokowi-receives-covid-19-jab-starting-national-vaccination-drive

3. https://www.channelnewsasia.com/news/asia/indonesia-jokowi-gets-first-dose-sinovac-china-vaccine-covid-19-13943982



Diubah oleh widoko 14-01-2021 06:07
kobeedogawaJunmai92jonetgame
jonetgame dan 46 lainnya memberi reputasi
39
11.2K
164
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan