hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
podcast-episode


Kabar duka terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182di perairan Kepulauan Seribu, menjadi peristiwa yang paling disorot di awal tahun 2021. Masyarakat pun menunggu bagaimana perkembangan terbaru atas pencarian penumpang dan badan pesawat yang hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Namun, belakangan ini sedang viral informasi terbaru terkait video yang diklaim sebagai percakapan terakhir pilot Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182. Pengunggah video tersebut adalah pengguna Facebook yang bernama Tiara Andini Tiara.

Dalam video tersebut, terdengar suara pilot dan co-pilot dalam situasi panik. Selain itu terdapat juga suara gemuruh di ruang kendali, serta suara ledakan.

Quote:


Netizen pun langsung ramai menanggapi video rekaman tersebut. Lantas, benarkah itu adalah rekaman percakapan terakhir dari pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di sekitaran Kepulauan Seribu?


PEMERIKSAAN FAKTA
Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait rekaman yang viral tersebut melalui situs Liputan6. Penelusuran fakta dilakukan dengan menghubungi salah satu staff Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ulfiana. Dia tidak membenarkan klaim netizen yang beranggapan rekaman tersebut adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182.

KNKT juga belum mengeluarkan rilis apapun terkait kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Investigasi menyeluruh masih dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari apa penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Pakar telematika, Roy Suryo, juga menganalisis klaim video rekaman yang diunggah oleh Tiara Andini Tiara ini. Roy Suryo pun menyatakan kalau informasi tersebut adalah hoaks. Alasannya karena rekaman percakapan tersebut mirip dengan yang diduga adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Adam Air yang jatuh pada tahun 2007.

Selain itu, Roy Suryo juga melanjutkan kalau tidak mungkin seorang pilot bisa melakukan percakapan yang sangat lama ketika jatuh dari ketinggian 10.900 kaki dalam waktu 21 detik. Ia pun mengajak untuk menunggu hasil resmi dari KNKT terkait peristiwa ini.


KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa video rekaman yang diduga adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182 adalah informasi yang salah alias hoaks.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian, agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.
Daniswara92
viniest
Junmai92
Junmai92 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
10K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan