wicaks227Avatar border
TS
wicaks227
Ford Model T, Mobil Murah Pertama di Dunia


Zaman dulu mobil adalah kendaraan mewah. Hanya orang berduit dan kalangan atas yang bisa memiliki mobil karena harganya yang mahal.

Beda dengan zaman sekarang. Dimana harga mobil relatif terjangkau dan murah. Apalagi ada sistem kredit yang makin mempermudah orang buat memiliki mobil.

Kondisi ini berubah setelah perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford, memproduksi mobil secara massal bernama Ford Model T. Mobil ini diproduksi mulai tahun 1908 sampai tahun 1928.

Ford Model T pertama kali diproduksi pada 12 Agustus 1908 di Pabrik Piquette di Detroit, Michigan dan mulai dijual pada tanggal 27 September 1908.

Mobil ini merupakan mobil pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Tujuannya untuk menjangkau kamu menengah agar dapat memakai mobil.

Pada masa itu, kehadiran mobil menjadi tunganggan alternatif untuk menggantikan kuda dan gerobak yang dianggap sudah ketinggalan zaman dan tidak praktis lagi.

Ford membuat Model T mudah dikemudikan sejak orang-orang tidak dapat mengemudikan apapun selain kuda.

Hal ini tidak seperti mobil baru, sekalipun ada 3 pedal di lantai seperti mobil masa kini. Model T memiliki setir yang cara kerjanya sama seperti mobil masa kini, namun hampir tiap hal lainnya berbeda.

Kehadiran mobil ini cukup sukses dipasaran. Bahkan penjualannya laris manis.

Ford model T menjadi the first affordable automobile yang membuat negara Paman Sam terkenal dengan julukan “America on Wheels”.

Kesuksesan penjualan Ford Model T juga membuat sang arsiteknya, Henry Ford meraih gelar “The World Most Influential Car of The Twentieth Century”.

Dalam sebuah artikel, Henry mengatakan bahwa Ford Model T dibuat untuk disukai banyak orang. Ia merancang mobil ini dengan desain besar agar bisa digunakan untuk satu keluarga. Bentuknya yang besar juga memungkinkan mobil ini digunakan untuk mengangkut barang.

“Saya membangun sebuah mobil untuk disukai oleh banyak orang. Bentuknya cukup besar untuk mengangkut satu keluarga, namun juga cukup kompak untuk individual. Mobil ini dibuat dengan menggunakan material terbaik, dibuat oleh orang-orang yang terbaik dan memiliki desain paling simpel dari yang pernah ada di dunia engineering modern. Kendati demikian, semua dapat dinikmati dengan harga jual yang tidak mahal,” ujar Henry.






Sumber : Sumber 1 Sumber 2

Foto : Google
alifrian.
Daniswara92
kimha420
kimha420 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
3.7K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan