widokoAvatar border
TS
widoko
Bahaya! Diam - Diam Kematian Corona di Indonesia Tembus 3 Besar Asia
Kurang lebih setahun virus Corona menginfeksi dunia. Kini optimisme dunia terbebas dari virus yang telah menginfeksi sekitar 72 juta lebih manusia tersebut menyeruak setelah vaksin Covid-19 berhasil dibuat dan didistribusikan.


10 Negara dengan Kematian Akibat Covid 19 Tertinggi di Asia (Sumber: https://www.worldometers.info/coronavirus)


Secara umum China dianggap sebagai tempat dimana Covid-19 pertama kali muncul, meskipun ada beberapa informasi lain bahwa Covid-19 telah muncul di negara lain sebelum China. Covid-19 pertama kali di China terdiagnosis pada 17 November 2019.


10 Negara dengan Jumlah Total Kasus Covid-19 Tertinggi di Asia (Sumber: https://www.worldometers.info/coronavirus/)


Kini setelah satu tahun lebih menurut situs Worldometers.info, diakses 14 Desember 2020 pukul 05: 23 WIB, virus tersebut telah menginfeksi 72.581.403 manusia. Dari jumlah itu 1.617.967 diantaranya berakhir dengan kematian.


Kasus Harian Covid-19 di RI (Sumber: https://www.worldometers.info/coronavirus/country/indonesia/)


Sampai saat ini Amerika menjadi negara dengan jumlah total infeksi dan kematian yang diakibatkannya terbesar di dunia. Di negara Paman Sam total infeksi sampai saat ini menurut situs yang sama berjumlah 16.697.442, sedang kematian yang ditimbulkan sebanyak 306.117 jiwa.

Di Indonesia sendiri infeksi Covid-19 termasuk besar, menempati urutan tertinggi di Asia Tenggara dan nomor empat di Asia. Total infeksi Covid-19 di tanah air menurut situs yang sama adalah 617.820 kasus.

Yang lebih mengejutkan adalah jumlah kematian yang ditimbulkan. Menurut situs yang sama kematian akibat Corona di Indonesia saat ini mencapai 18.819 jiwa. Dengan jumlah sebanyak itu Indonesia menempatkan diri sebagai negara urutan ketiga dengan kematian tertinggi akibat Covid - 19 di Asia.

Peringkat tertinggi baik total kasus Covid-19 maupun banyaknya kematian yang ditimbulkan di Asia saat ini dipegang oleh India. Di Negeri Hindustan tersebut total kasus sampai saat ini mencapai 9.884.716 kasus. Sedang banyaknya kematian yang ditimbulkan mencapai 143.393 jiwa.

Meskipun di negara kita masih jauh dibanding India tetapi kita juga harus tetap waspada. Di samping jumlah kasus masuk 4 besar Asia, dan kematiannya pada urutan ke tiga, saat-saat ini perkembangan kasus Corona di RI menunjukkan puncak-puncak tertinggi.

Sebagai contoh misalnya pada tanggal 3 Desember kemarin kita baru saja mencatatkan rekor jumlah tambahan per hari tertinggi dalam sejarah kasus Corona di Indonesia dari sejak pertama kali diumumkan, yakni mencapai angka 8.369 dalam sehari. Sedangkan untuk jumlah kematian per hari yang terlaporkan, kita juga baru saja mencatatkan rekor tertinggi pada tanggal 11 Desember 2020 kemarin yakni sebesar 175 jiwa dalam sehari.

Adanya vaksin yang telah didistribusikan ke negara kita dan siap diedarkan ke masyarakat memang secercah harapan bagi kita semua. Tetapi yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga protokol kesehatan dan physicall distancing untuk tetap menghambat penyebaran kasus tersebut...I]


Referensi:

1. https://www.worldometers.info/coronavirus/

2. https://www.worldometers.info/coronavirus/country/indonesia/
U.this
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
8.1K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan