rukminiirawanAvatar border
TS
rukminiirawan
Kasus yang Paling Mem(i)alukan: Nilep Bantuan Orang Susah di Era Pandemi Gini



Lagi enak-enakan makan kue pisang buatan nenek saya sambil seruput teh, tangan setia sama gawai yang sedari tadi baca-baca berita, sampai mata saya temuin judul gini ”KPK Tetapkan Menteri Sosial Juliari Tersangka Bansos Covid 19”, untung TS tidak sampai tersedak karena beritanya waw banget, ada menteri sosial nilep duit bantuan Covid hemmnn..

Jadi intinya, pemerintah menggelontorkan dana sebesar 5,9 triliun dengan total ada 272 kontrak untuk 2 periode, 1 paket sembako bernilai  Rp300.000 rupiah, menteri Juliari mengambil fee Rp10.000 untuk tiap paket sembako tersebut. Periode pertama sekitar Rp. 8,2 miliar dan untuk periode kedua sekitar 8,8 miliar yang ia terima.


Dalam konferensi pers Ketua KPK menduga menteri Juliari menerima 17 miliar rupiah dari hasil korupsi bantuan sosial sembako yang ditargetkan bantuan tersebut untuk keluarga miskin yang terdampak akibat Covid 19. Yang lebih membuat hati TS panas adalah saat diketahui dana tersebut digunakan untuk membayar berbagai keperluan pribadi sang menteri.

Beberapa bulan lalu, TS juga sempat baca berita tentang seorang Plt Kades di NTT yang dilaporkan polisi oleh warga karena tega-teganya nyunat dana bantuan sosial yang diperuntukkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Kemudian ada juga Bendahara Desa di Serang nilep uang kas desa sebanyak Rp570 Juta, yang di dalamnya terdapat dana bantuan untuk warga yang terdampak Covid sebanyakk 42 juta.

Sebenarnya untuk kasus kepala daerah yang nilep duit bansos Covid 19 kasusnya lebih dari hitungan jari, hanya saja TS tidak rinci satu persatu. Selain perangkat desa yang harus berurusan dengan polisi akibat menggelapkan uang untuk rakyat tersebut, ada pula seorang Honorer yang justeru mencuri perangkat Handphone yang akan di pakai murid-muridnya belajar daring.

Di sebuah SD negeri di kabupaten Sambas terjadi pencurian tablet sebanyak 51 buah. Ternyata yang nilep orang dalam juga,yang merupakan seorang guru honorer beriniasl SN.

Puluhan tablet-tablet itu akan dipakai siswamu belajar daring pak, duh.. sementara sekolah tempat ia mengabdi diikabarkan rugi hingga 100 juta. Tablet-tablet tersebut dibeli pakai dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Pihak sekolah mencurigai SN yang nilep karena ia tiba-tiba ngundurin diri di hari tablet-tablet tersebut raib. Bapak polisi Kasat Reskrim Polresta Sambas menambahkan, bahwa pihaknya tengah melakukan pengumpulan barang bukti yang oleh pelaku ternyata di jual secara acak.

Pak guru, siswa-siswamu kini jadi gak dapat belajar secara daring lagi tuh..
Memang tidak ada orang yang sempurna di dunia, hanya saja pada profesi guru harus dituntut bisa berkelakuan terpuji, sebab ia akan digugu dan tiru oleh siswa-siswanya.. 

Nah kembali lagi soal si pak menteri di atas, kasusnya sangat ngeri mengingat ia adalah bos dari kementerian yang tugasnya merumukan, menetapkan, dan melaksanakan kebijakan di bidang rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin. 

Menilep dana yang diperuntukkan kepada masyarakat yang sudah tidak mampu, kini harus bertambah kepayahannya akibat wabah Covid, di PHK, susah pembeli, orderan kurang, makan susah ahh rasa-rasanya semua itu sudah menjadi teman akrab bagi para masyarakat bawah.

Sangat-sangat sulit untuk diterima tetapi ini adalah kenyataan, sungguh memalukan melihat hal demikian harus terjadi, apalagi dana yang masuk ke kantongnya tersebut hanya dipakai untuk keperluan pribadinya hemmn..

Entah bagaimana pertimbangannya, bahkan ketika para rakyat kecil berupaya sekuat tenaga untuk menyambung hidup setiap harinya dengan makan seadanya, di tengah pandemi Covid 19 yang entah kapan akan berakhir ini, eh tega-teganya pak 17 M loh itu..


Yang 17 M kalau dibeliin mie instan buat di bagiin ke anak kost yang kena dampak Covid bisa dapet 6,8 juta bungkus, kalau dibeliin minyak goreng 1 liter buat para emak-emak bisa dapet 1,2 juta bungkus, atau kalau di beliin sepaket skincare 5in1 untuk ciwi-ciwi bisa dapet berapa banyak tuh?? Pak?

Tak ayal, beberapa tagar yang lagi trending di Twitter muncul hanya untuk beliau seorang seperti #17M, #DzalimnyaKebangetan #GusDur, #Mensos, #JPB

Ini ada beberapa curahan hati bernada kesal dan kecewa para netijen, curahan hati lainnya masih disimpan rapi dalam hati..  




(dokpri)


(dokpri)


(dokpri)


(dokpri)





Spoiler for Sumber:




fatqurr
m4ntanqv
indramamoth
indramamoth dan 36 lainnya memberi reputasi
35
9.3K
282
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan