ivteamAvatar border
TS
ivteam
7 Negara Langganan Banjir dan Sistem Teknologi Untuk Penanganannya. Indonesia??


Memasuki Bulan Desember kita akan semakin familiar dengan jumlah hujan yang semakin tinggi khususnya dibeberapa kota di Indonesia. Tahukah kamu, ternyata bukan di Indonesia saja loh yang memiliki langganan banjir diseluruh dunia.

Ada banyak negara yang memiliki curah hujan yang tinggi atau berada digaris dasar laut yang berimbas dataran lebih rendah daripada Lautan.

Dengan semakin krisisnya daratan saat ini, maka negara maju semakin berlomba dan berfikir kreatif bagaimana cara mengatasi jumlah debit air yang tinggi agar tidak menggenangi daratan atau setidaknya dapat segera surut bilamana terjadi lonjakan air.

Dibawah ini team Indovaganza telah merangkum 7 Negara dengan Langganan banjir serta bagaimana cara Negara ini memanfaatkan teknologi dalam penanganannya.

Singapore - Terowongan SMART

Di negara tetangga kita, Kuala Lumpur, Malaysia, ada proyek pencegahan banjir bernama terowongan Stormwater Management and Road Tunnel (SMART). Awalnya terowongan ini hanya digunakan untuk mengatasi banjir, namun ide ini kemudian berkembang, sehingga digunakan pula sebagai jalan tol bawah tanah untuk menghilangkan kemacetan saat tidak ada banjir.

Dengan total panjang 9,7 kilometer, terowongan SMART merupakan jalur air terpanjang di Asia Tenggara dan jalur air terpanjang kedua di Asia. Terowongan itu bisa menampung 3 juta meter kubik air dan mengalirkannya untuk mencegah banjir di pusat kota. Setelah banjir reda, terowongan akan segera di bersihkan dan bisa dihalau kembali oleh kendaraan.

Belanda - Delta Plan

Posisi Geografis negara Belanda yang berada di bawah permukaan laut, sehingga rentan terhadap banjir. Oleh karena itu, pemerintah Belanda membentuk proyek pengendalian banjir skala besar yang disebut Delta Plan atau Delta Works.

Proyek Delta dibangun setelah Banjir Besar Utara pada tahun 1953 dan menutup Laut Zuiderzee dengan tanggul sepanjang 30 kilometer. Proyek penutupan laut merupakan proyek terbesar yang pernah dilakukan di daerah drainase yang digunakan untuk pertanian dan peternakan.

Metode pembangunan bendungan adalah dengan menggunakan kotak beton besar dan menaruhnya di air laut. Proyek ini selesai pada tahun 1997, mengurangi risiko banjir menjadi satu dalam 4.000 tahun. Karena kesuksesan ini, Proyek Delta telah dielu-elukan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.

Tokyo - Tangki Bawah Tanah

Untuk melindungi Tokyo dari banjir yang sering terjadi, pemerintah Jepang membangun tangki besar yang tersembunyi 22 meter di bawah tanah.

Tangki penyimpanan bawah tanah terhubung ke terowongan yang akan mengalirkan air dari permukaan dan mengumpulkannya di bawah tanah. Sungai ini mengambil air dari sungai kecil dan menengah di utara Tokyo dan mentransfernya ke Sungai Edo, yang dapat menampung air dalam jumlah besar.

Ketika salah satu sungai meluap, air akan jatuh ke salah satu dari lima tangki air silinder setinggi 70 meter yang tersebar di sepanjang sungai. Untuk memberi tahu Anda ukuran tank, setiap tangki cukup besar untuk menampung pesawat luar angkasa atau Patung Liberty!

Venesia - Pembelah Lautan

Di balik keindahan Venesia, Italia, kota ini kerap terendam banjir selama berabad-abad. Banjir tersebut disebabkan oleh pasang tinggi Laut Adriatik. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah memasang teknologi untuk memisahkan lautan.

Ya, seperti kisah Nabi Moussa yang memisahkan Laut Merah, teknologi ini disebut MOSE yang merupakan singkatan dari MOdulo Sperimentale Elettromeccanico.

Proyek tersebut merupakan sistem terintegrasi yang terdiri dari deretan gerbang yang dipasang di relung Lido, Malamocco dan Chioggia, yang mampu mengisolasi kawasan Venesia dan laguna dari serangan gelombang Adriatik saat air pasang.

London - Penghalang Banjir

Penghalang perlindungan banjir Sungai Thames di London, Inggris adalah pembatas terbesar kedua di dunia. Penghalang banjir dibangun di bagian bawah pusat kota London dan telah digunakan sejak tahun 1982.

Penahan banjir dibangun untuk mencegah banjir dari air pasang, yang terkadang meluap ke London dan daerah lain. Saat bekerja secara semi otomatis, saat air pasang, pintu air akan menutup dan menghalangi air. Setelah selesai, buka pintu air lagi.

Amerika Serikat - Tembok Raksasa Lousiana

Di New Orleans, AS, orang mengandalkan Tembok Besar Louisiana atau Tembok Besar Louisiana sebagai penahan banjir dan gelombang badai. Tembok sepanjang 2,8 kilometer, setinggi 8 meter dibangun setelah Badai Katrina melanda New Orleans pada tahun 2005.

Tembok Besar yang dibangun sebagai proyek dengan sistem pengurangan risiko badai dan badai adalah bangunan sipil terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Saking besarnya, tembok ini telah dilengkapi dengan pelabuhan, terowongan, dan kemampuan pompa terbesar di dunia dengan daya yang mencapai 5.000 tenaga kuda.

Jakarta - Indonesia

Automatic Weather Station


Monitor cuaca otomatis ini dilengkapi dengan berbagai sensor yang dapat merekam dan menginformasikan komponen penting. Komponen cuaca tersebut antara lain curah hujan, kecepatan angin, pergerakan arah angin, kondisi penerangan matahari, serta suhu dan tekanan.

Stasiun cuaca otomatis telah dipasang di lima kantor walikota di Pulau Tidung di Jakarta dan Kepulauan Seribu. Hasil analisis data yang diperoleh melalui stasiun cuaca otomatis dapat digunakan untuk memprediksi dan memperingatkan cuaca ekstrim.

Disaster Warning System


Sistem peringatan dini bencana terdiri dari unit peringatan dini bencana. Perangkat tersebut dilengkapi dengan speaker untuk menginformasikan debit air sungai. Sistem peringatan dini Pemprov DKI Jakarta telah dipasang di 15 lokasi di 5 desa rawan banjir. Jika alarm No. II sudah diterima dari Puncak Bogor, maka cara kerjanya adalah dengan memberitahukan kondisi air.

Automatic Water Level Recorder


Alat pengukur ketinggian air adalah bentuk lain dari aplikasi teknis untuk memprediksi banjir di ibukota. Alat ini digunakan untuk memantau ketinggian air sungai dan telah dipasang di enam lokasi sungai. Semua AWLR yang terpasang juga dapat melaporkan ketinggian air ke situs web pemantauan BPBD DKI Jakarta setiap dua menit. Warga dapat berpartisipasi dalam pemantauan dan pemanfaatan data spasial AWLR di seluruh Jakarta.
Pilotugal2an
Rep.Son
falin182
falin182 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan