Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Dijepang Sudah Luncurkan Robot Untuk Mengingatkan Manusia, Di Indo Malah Ngegas
Foto: japantimes.co.jp

Sebuah tim sepak bola di Jepang mengumumkan penggunaan robot pada toko klub resminya, yang bertujuan untuk memverifikasi dan mengenali para pengunjung. Disatu sisi robot ini juga mengingatkan para pengunjung untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Namanya adalah Robovie yang bertugas memandu pengunjung ke toko resmi Cerezo Osaka, dan memperingatkan pelanggan ketika tidak menggunakan masker dengan cara mendeteksi wajah melalui kamera dan teknologi sinar laser 3D.



Robot ini dikembangkan oleh Institut Internasional untuk Penelitian Komunikasi Lanjutan / Advanced Technologi Research(ATR), robot ini di uji coba minggu ini untuk eksperimen pertama dalam pengujian kemampuannya dan melihat apakah ada kesalahan sistem pada robot.

Robot ini memberikan respons inovatif terhadap penanggulangan pandemi virus corona. Pengembang Robovie berharap pengalaman tersebut akan mengurangi penyebaran virus dan menjaga jarak antara pembeli dan karyawan.

Alasan utama robot ini diciptakan karena orang merasa tidak terlalu malu ketika ditanya dan diingatkan oleh robot, berbeda jika manusia yang mengingatkan tentu membuat orang menjadi malu dan enggan masuk toko. Hal ini tentu merupakan kerugian besar bagi toko karena pelanggan jadi sepi pengunjung.

Foto: era.id

Selama seminggu terakhir, robot itu digunakan secara eksperimental, dan dapat terus digunakan setidaknya hingga akhir bulan, dan Institut Internasional untuk Penelitian Komunikasi Lanjutan (ATR) mengatakan penggunaannya dapat diperpanjang sesuai dengan situasi.

Robot telah menjadi peran penting di Jepang, dimana robot dapat bekerja secara konsisten, seperti di pusat isolasi atau karantina dan bekerja di rumah sakit penanggulangan Corona, jadi robot ini memberikan solusi aman bagi perawat dan dokter serta pasien untuk situasi berisiko tinggi dan berbahaya bagi manusia.

Apakah kemajuan Jepang ini bisa ditiru negara Indonesia? Tentu saja bisa jika ada kemauan untuk maju ke era teknologi, dan tentunya butuh dukungan pemerintah untuk pengembangan ini.


Referensi: Osaka robot asks customers to wear masks and social distance
Diubah oleh Sambelterasi052 18-11-2020 10:34
orangemonkeyanerifaitien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
8.2K
196
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan