si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Sejarah Glock 17, Pistol Sejuta Umat yang Juga Digunakan Oleh Brimob dan Densus 88
Bicara soal alutsista berupa pesawat, kapal atau tank, mungkin banyak didominasi oleh Amerika atau Rusia gan sist. Tapi kalau membahas jenis senjata api atau ada yang menyebutnya sebagai pistol yang biasa digunakan polisi, perorangan atau tentara. Ternyata banyak negara diluar AS dan Rusia yang cukup kompeten dalam pembuatan senjata tersebut, salah satunya adalah Austria. Kali ini sesuai judulnya, akan ane kenalkan dengan senjata yang dipakai sejuta umat manusia ini. Mari kita mulai dongengnya.


SEJARAH

Jika kita membahas Austria, pasti yang kita pikirkan adalah salah satu negara yang damai dan nyaman untuk ditinggali. Negara ini memang tidak terlalu menonjol dibidang alutsista, namun begitu mereka ternyata berhasil membuat senjata api legendaris yang saat ini sudah digunakan oleh sekitar 40 negara termasuk Amerika dan Rusia.

Pria Austria bernama Gaston Glock adalah pencipta senjata api legendaris ini, padahal dia sama sekali tidak tahu-menahu soal senjata api. Glock adalah teknisi dan pebisnis asal Austria yang pernah bekerja sebagai manajer di pabrik pembuatan radiator mobil di Vienna. Glock juga merintis usaha menciptakan pisau dan bayonet untuk militer Austria, tempat pembuatannya berada dipinggiran Kota Wina.

Awal mula keterlibatan Glock dalam pembuatan senjata ini bermula pada tahun 1980. Waktu itu Glock tak sengaja mendengar pembicaraan dua kolonel militer Austria yang sedang mencari pengganti senjata api Walter P-38, senjata era Perang Dunia II.




Sumber Ilustrasi Foto


Militer Austria membutuhkan senjata api baru yang memiliki kapasitas amunisi melebihi Walter P-38, berbobot tak lebih dari 28 ons, ringan, serta mudah dikokang. Glock lantas menawarkan diri untuk membantu kebutuhan militer itu, kedua kolonel tersebut lantas menerima tawaran Glock.

Karena ketidaktahuannya terhadap senjata api, Glock kemudian membeli beberapa senjata seperti Baretta 92F, Sig Sauer P220, CZ75, dan Walter P-38. Secara otodidak, ia membongkar senjata itu untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya dan bagaimana membuat senjata yang lebih baik.

Pada bulan April 1981, Glock sukses menciptakan senjata yang sesuai kebutuhan militer Austria yang diberi nama Glock 17. Setahun berselang, tepatnya 19 Mei 1982, militer Austria melakukan uji coba senjata buatan Glock, hasilnya pun memuaskan. Militer Austria kemudian meresmikan Glock 17 sebagai senjata api baru mereka, perusahaan Glock Gmbh kemudian mendapat kontrak untuk 25.000 pistol dengan kandungan 80% polymer (plastik hitam) serta sisanya menggunakan meterial baja.




Sumber Ilustrasi Foto


Glock diproduksi menggunakan metode penempaan dingin sehingga menghasilkan permukaan serta interior yang presisi seragam dan konsisten. Metode ini menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi, dan peningkatan akurasi yang lebih baik.

Bagian logam dari Pistol Glock dilakukan proses finishing Nitrasi yang mengoptimalkan struktur molekul permukaan tersebut. Teknologi ini memberi tingkat kekerasan permukaan yang tinggi, daya tahan maksimum, dan ketahanan korosi yang luar biasa. Hal tersebut mampu membuat Pistol Glock tahan selama bertahun-tahun dalam kondisi lingkungan yang paling ekstrim.

Nama senjata ini diambil dari nama perancangnya yaitu Gaston Glock, sedangkan angka 17 adalah tanda dimana senjata ini sudah diuji coba sebanyak 17 kali. Dimana baru pada uji coba ke 17-lah senjata ini baru berhasil disempurnakan.




Sumber Ilustrasi Foto


Sebagai ahli polymer, Glock membuat senjata ini menggunakan bahan dasar plastik tersebut. Dimana polymer yang digunakannya mampu menahan panas hingga 200 derajat celcius. Pada awal kemunculannya senjata ini sempat diremehkan karena terlihat jelek dan murahan.

Namun tak butuh waktu lama untuk senjata semi otomatis ini mendapat pengakuan kualitas dari militer, penegak hukum, dan warga sipil. Mereka mengatakan senjata ini ringan, akurat dan dapat diandalkan.

Keunggulan lain dari Glock 17 terdapat pada larasnya yang menggunakan poligenal rifling, yang merupakan sistem alur laras baru yang berbeda dengan sistem alur konvensional. Pistol dengan sistem ini memiliki moncong yang sedikit lebih besar, dimana kecepatan dan akurasinya meningkat.




Sumber Ilustrasi Foto


Glock 17 juga mengadopsi captive recoile spring untuk mencegah kesalahan melepas per tolak balik, sehingga tidak akan melukai mata atau wajah penggunanya. Glock 17 juga dilengkapi 3 tombol yang terdiri dari pelepas magazen (penyimpanan dan pengisian amunisi) penghenti slide, dan pengunci slide. Tombol tersebut dapat diakses dengan mudah tanpa mengubah genggaman.

Pistol ini juga dibuatkan fitur keamanan untuk melindungi penggunanya, ada 3 sistem dalam Glock 17. TS akan jelaskan secara ringkasnya saja gan sist. Sistem 3 pengaman otomatis ini dirancang untuk memastikan bahwa pistol tidak dapat menembak secara tidak sengaja.

Glock 17 juga menganut sistem “save action”, yaitu pengaman tuas kecil yang terletak di bawah picu (pelatuk) yang akan mengunci picu bila tuas tidak ditekan. Pistol tidak akan menyalak bila picu ditekan mundur, dan picu tidak akan dapat ditekan mundur bila pengaman tidak tertekan.




Sistem keamanan Glock 17.

Ilustrasi: makalah-nkp.com


Magazen salah satu komponen paling penting dari sebuah pistol. Magazen buatan Glock  dibuat dengan presisi, stagger-column, dan berkapasitas tinggi sehingga mampu menyediakan amunisi dengan andal. Dibuat dengan polymer yang melapisi logam, membuat magazen ini mudah dibongkar untuk dibersihkan dan menjadikannya sebagai senjata yang ringan, kuat dan aman.




Magazen Glock 17.

Ilustrasi: wikipedia.org


Spesifikasi dan Varian Senjata

Varian Glock 17 mampu menembakkam peluru dengan kaliber 9 mm, selain itu Glock 17 juga mampu menembakkan peluru sebagai berikut: 10mm Otomatis, 45 ACP, 40 S&W, 380 ACP, 357 SIG, 45 GAP, 0,22 LR. Sementara itu kecepatan pelurunya mencapai 375 m/detik dengan jarak tembak efektif 50 m. Panjang senjata ini adalah 186 mm, panjang barel 114 mm, tinggi senjata 138 mm, lebar senjata 30 mm dengan berat mencapai 625 g. Kapasitas magazennya adalah 17 (opsional 19 atau 33) amunisi.

Saat ini sudah banyak Glock 17 yang hadir dengan berbagai macam tipe gan sist. Namun tipe senjata tersebut dibagi dalam 5 generasi, berikut 5 generasi dari Glock 17:

1. Generasi Pertama



Ilustrasi: wikipedia.org

Generasi pertama tidak memiliki lekukan di permukaan depan dan belakang pada pegangannya. Varian ini digunakan tahun 1982 hingga 1988, Glock generasi pertama dikirim dan dijual dalam kotak plastik bergaya "Tupperware" yang ikonik.

Kotak Glock ini memiliki kompartemen penyimpanan amunisi yang memungkinkan untuk menyimpan 17 peluru 9 mm dengan pistol. Desain kotak ini kemudian diubah oleh Glock untuk memenuhi persyaratan impor BATF dan kompartemen penyimpanan amunisi telah dilepas.

2. Generasi kedua



Ilustrasi: wikipedia.org

Memiliki lekukan serta bentuk kotak-kotak di bagian depan, dan belakang pegangan pistol serta pada bagian pelindung pelatuknya. Mulai diproduksi tahun 1990.

3. Generasi Ketiga



Ilustrasi: wikipedia.org

Varian ini memiliki lekukan pada pegangan pistolnya yang disesuaikan dengan bentuk jari. Pada tahun 1998, pistol ini dimodifikasi lebih lanjut dengan aksesori untuk memungkinkan pemasangan pembidik
laser, lampu taktis, dan aksesori lainnya.

4. Generasi Keempat



Ilustrasi: wikipedia.org

Ukuran pegangan dasar pistol Glock generasi keempat sedikit lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Mulai dikenalkan dalam ajang SHOT Show 2010, pembaruan berpusat pada ergonomi dan perakitan pegas mundur.

5. Generasi Kelima



Ilustrasi: wikipedia.org

Mulai dikenalkan pada Agustus tahun 2017, pistol ini ditingkatkan pada akurasi tembakannya yang jauh lebih meningkat dibanding varian sebelumnya. Generasi kelima juga diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Prancis pada tahun 2020, versi tersebut secara khusus dibuat untuk FAF dengan gerigi didepan serta dengan warna pegangan coklat coyote.

IMPD (kepolisian Indianapolis) pada bulan Agustus 2016 memesan varian Glock 17M yang digunakan juga oleh pihak FBI. Sebelumnya pada tanggal 29 Juni 2016, FBI telah memesan varian khusus bernama Glock 17M yang dibuat berdasarakan generasi 4. Untuk video uji cobanya ada dibawah ini.

Spoiler for Glock 17 Gen 3:





Sang perancang Glock 17, Gaston Glock.

Sumber Ilustrasi Foto


Selain diproduksi lokal di Austria, Glock 17 juga diproduksi secara lisensi oleh Skat, ORSIS, dan Izhmash. Ketiganya adalah perusahaan asal Rusia, produk yang mereka buat adalah Glock 17, 34, and 35. Glock Gmbh juga mempunyai pabrikan di AS, dimana senjata yang diproduksi disana diberi label USA dan bukan label Austria seperti produk Glock sebelumnya.

Selain itu masih banyak lagi senjata tiruan yang tidak berlisensi diproduksi oleh negara lain didunia, kebanyakan senjata tersebut meniru rancangan generasi keempat. Memang pistol satu ini terlihat sederhana, hingga banyak yang menirunya. Militer, kepolisian, badan intelejen, sampai film banyak yang menggunakan senjata ini. Bahkan logo larangan 'dilarang membawa senjata api' yang kita jumpai saat di bandara mengadopsi siluet Glock 17.



Siluet dilarang membawa senjata, terlihat mirip Glock 17, cmiiw.

Sumber Ilustrasi Foto


Sementara di Indonesia sendiri senjata ini paling banyak digunakan oleh pihak POLRI untuk Korps Brimob serta Densus 88. Kalau gan sist masih ingat, Glock 17 pernah viral tahun 2018 lalu di Indonesia. Waktu itu ada peluru nyasar yang mengenai gedung DPR, diduga peluru nyasar itu berasal dari lapangan tembak Senayan.

Jarak dari lapangan ke gedung sekitar 300 m, diduga senjata ini adalah hasil modifikasi. Aslinya jarak tembak Glock hanya 50 m. Dua orang pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bagian Direktorat Jenderal Perkeretaapian ditetapkan sebagai tersangka waktu itu, Polisi pun mengkonfirmasi bahwa senjata yang digunakan adalah Glock 17.

Terimakasih untuk agan dan sista yang sudah menyempatakan membaca tulisan ane kali ini dari awal hingga akhir. Jangan lupa rate 5, bagi cendol dan share di media sosial kalian, jika gan sist menyukai tulisan ini. Sampai jumpa lagi dipembahasan selanjutnya, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Sederhana, ringan, tahan lama, inilah pistol sejuta umat manusia.


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 14-11-2020 03:24
nohopemiracle
otongbengkak
si.pistol
si.pistol dan 39 lainnya memberi reputasi
40
15.9K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan