Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Siap-Siap Tersentuh! 5 Film Pendek Indonesia Ini Wajib Kamu Tonton

Belum lama ini publik luas ramai memperbincangkan sebuah film pendek Indonesia, Tilik. Saking viralnya, karakter Bu Tedjo sampai jadi trending topic Twitter pada pertengahan bulan ini, 21 Agustus. Film besutan Wahyu Agung Prasetyo tahun 2018 silam ini merefleksikan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Mengambil latar di Yogyakarta, kehangatan terasa begitu akrab dengan logat bahasa Jawa medhok yang digunakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton. Eits. tapi nggak cuma Tilik saja, lho, film karya anak bangsa yang layak kamu tonton. Berikut ini adalah barisan film-film pendek Indonesia yang harus masuk watch list short film kamu akhir bulan ini.

1. Lemantun

sumber: twimg.com


Film pendek karya Wregas Bhanuteja yang berjudul Lemantun ini mengisahkan seorang ibu yang ingin membagikan warisan ke semua anaknya. Tapi uniknya warisan itu nggak berupa uang, tanah, rumah atau harta lainnya, melainkan cuma lemari. Tri, sang anak tengah nggak tahu harus membawa warisan dari sang ibunda kemana. Well, sama seperti film-film yang mengangkat tema warisan, kamu bisa lihat perbedaan sifat dari setiap karakternya. Tapi ada akhir begitu menyentuh dalam film ini.

2. Something Old, New, Borrowed and Blue
<iframe width="702" height="422" src="
" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Berikutnya ada film pendek yang berjudul Something old, New, Borrowed and Blue yang diproduseri oleh Mouly Surya. Mengisahkan percakapan antara ibu dan anak sebelum melakukan upacara pernikahan a la Islam-Jawa, di mana mempelai wanita harus disembunyikan di belakang dan nggak perlu ikut menghadiri prosesi upacara. Eits, meskipun film yang bisa kamu tonton di YouTube ini durasinya pendek, tapi kamu bisa mendapatkan banyak pesan tersirat di dalamnya, lho.
3. Mars (Jangan Pipis Sembarangan)


sumber: ytimg.com


Nah, kalau ini ada film pendek karya anak bangsa bergenre komedi yang berjudul Mars (Jangan Pipis Sembarangan). Menceritakan seorang anak berusia 12 tahun bernama Ipul yang ingin mengikuti studi tur ke planet Mars bareng teman-temannya dengan mengendarai bus IPIG (Interplanetary Planet in Galaxy). Ibu si Ipul ini membekali putranya sebuah pispot, lantaran Ipul adalah anak yang sering buang air kecil. Dilihat dari sinopsisnya saja sudah jenaka mengundang senyum, apalagi nonton filmnya.
4. Kisah di Hari Minggu

sumber: fourcoloursfilms.com


Tema kehidupan sehari-hari emang paling sering diangkat ke dalam film pendek Indonesia. Salah satunya adalah Kisah di Hari Minggu. Film ini mengisahkan seorang ibu rumah tangga yang setiap harinya selalu disibukkan dengan segala tugas sejak pagi buta. Mulai dari menyiapkan anak-anaknya ke sekolah, menyiapkan sarapan suaminya. Tapi sang suami malah menunjukkan ketidakpeduliannya dengan semua itu. Menonton film ini bikin kamu gemes-gemes kesal dengan kelakuan si suami.
5. Trunyan: Beyond the Lake

sumber: ytimg.com


Mengisahkan tentang seorang pemuda dari kota yang melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halamannya menemui orangtuanya. Kamu akan diajak menikmati gambaran budaya Trunyan yang masih terjaga hingga sekarang. Pesona Indonesia banget bisa kamu saksikan sepanjang film. Selain itu, ketika menonton Trunyan: Beyond the Lake ini ini mengundang para penonton untuk ikut berbincang mengenai identitas, budaya dan kematian. Ini film yang nggak boleh kamu lewatkan, deh, pokoknya.

Bagaimana? Sudah menyiapkan camilan untuk waktu menonton semua rekomendasi film pendek Indonesia di atas? Ternyata selain membuat film yang bikin baper, pelaku industri film Indonesia juga jago dalam mebuat film pendek namun penuh makna, ya, GenK!  Karena durasinya yang nggak panjang, bikin kamu bisa langsung menuntaskan semua judul film-film ini hanya dalam sehari aja, kok.


Diubah oleh kaskus.infoforum 11-11-2020 03:55
nandaps
ujellyjello
doobey
doobey dan 22 lainnya memberi reputasi
23
8.7K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan