valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
PKB: Anies Janji Banjir Surut 6 Jam, Jadi Tak Perlu Siapkan Tempat Pengungsian
Ketua Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah (Foto: Rachman Haryanto)

Jakarta - Rencana Pemprov DKI Jakarta menyiapkan hotel sebagai tempat pengungsian banjir tak diamini oleh Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta. Ketua Fraksi PKB-PPP DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas menyinggung janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal banjir di DKI bisa surut dalam waktu 6 jam.

"Ya sekarang bukan masalah menyediakan tempat pengungsian, kan Gubernur sepakat pada waktu itu kan janji, beliau bilang banjir dalam jangka 6 jam banjir itu surut. Jadi kita tidak perlu mempersiapkan tempat pengungsian, wong kita yakin kok 6 jam selesai banjir," ujar Hasbi kepada wartawan, Minggu (8/11/2020).

Hasbi mengatakan yang harus dilakukan Pemprov DKI adalah melakukan upaya pencegahan banjir. Upaya membuat banjir cepat surut dinilai lebih penting daripada menyediakan tempat pengungsian.

"Yang terpenting sekarang ini antisipasi bagaimana banjir itu cepat surut," katanya.
Hasbi meyakini apabila Pemprov DKI bekerja secara maksimal dalam upaya pencegahan, banjir akan surut kurang dari 6 jam akan terealisasi. " Kalau bekerja secara maksimal, saya yakin bisa terealisasi, tergantung dari Pemprov," imbuh Hasbi.

Sebelumnya, Plt Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan penggunaan hotel bintang satu atau bintang dua sebagai tempat pengungsian di masa pandemi itu bertujuan memanusiakan warga DKI Jakarta. Dia mencontohkan setiap satu keluarga akan menempati satu kamar.

"Bahwa kita tidak menggunakan sekat (di lokasi pengungsian), tetapi kita lebih mengarah bagaimana memanusiakan warga DKI Jakarta, itu sangat penting. Jadi bagaimanapun juga mereka di masa pandemi COVID ini katakanlah satu keluarga itu bisa menempati satu kamar, kemudian dengan demikian itu bisa mencegah penularan COVID-19, terutama di tempat pengungsian atau hotel atau wisma atau GOR ataupun rumah kos yang telah dikoordinasikan dengan aparat wilayah," kata Sabdo dalam video yang disiarkan di Channel YouTube Pemprov DKI Jakarta seperti dilihat detikcom, Minggu (8/11).

Anies Baswedan ingin banjir yang menerjang Jakarta dapat surut dalam waktu kurang dari 6 jam. Keinginan Anies ini menuai kritik dan apresiasi dari Anggota DPRD di Kebon Sirih. Lalu, bagaimana cara Anies merealisasikan banjir Jakarta surut dalam waktu 6 jam?

"Curah hujan tinggi, kita lakukan antisipasi dengan kerukan waduk-waduk itu intensif sekali. Anda bisa saksikan waduk-waduk Jakarta pengerukannya intensif sekali. Kemudian pembersihan semua saluran-saluran itu dilakukan. Ketiga, organisir kegiatan antar instansi pemerintah bila terjadi banjir," ujar Anies di Menara Rajawali, Jakarta Selatan, Kamis (5/11).

Menurut Anies, kapasitas saluran air yang ada di Jakarta hanya dapat menyambung curah hujan sebanyak 100 mm per hari. Namun, pada awal tahun curah hujan biasanya meningkat menjadi 377 mm per hari.

"Kapasitas sistem drainase maksimal 100 mm, karena itu kita sampaikan jajaran bila hujan di bawah 100 mm per hari tidak boleh banjir, karena itu kapasitas kita. Bila di atas itu apalagi bila awal tahun sampai 377 itu 3,5 kali lipat dari kapasitas drainase," katanya.

"Bila itu terjadi ada 2 indikator keberhasilan. Satu, warga selamat, dua, surut kurang dari 6 jam. Jadi kita sekarang sedang antisipasi untuk itu," sambung Anies.


SUMBER

Politisi PKB emang ga pernah denger sewa hotel short time kah ??.. emoticon-Malu (S)

Pokoknya warga yg kebanjiran harus d sediakan hotel.. biar mereka ngga protes dan akan selalu berharap rumahnya kebajiran.. biar bisa tidur d hotel.. emoticon-Malu (S)

dan yang paling penting anggaran terserap.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 09-11-2020 02:17
HadesManes
areszzjay
gigbuupz
gigbuupz dan 14 lainnya memberi reputasi
13
3.9K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan