AkunjahatAvatar border
TS
Akunjahat
Ketika iman sudah disetir politik, masih perlukah kehadiran sosok Habib Rizieq?


Peraturan membela agama itu jelas sudah pasti ada. Jatuhnya di jihad, karena "memperangi" yang menindas. Tapi masalahnya banyak yang seenaknya bilang bahwa sesuatu itu tindasan terhadap agama. Seharusnya hal begini diserahkan ke ulama dan mereka yang memberi keputusan, tapi bagaimana kalo ulamanya juga seenaknya? Belum lagi diiringi kepentingan politik?

Mau dibilang bodoh karena kurang pendidikan, banyak juga yang punya gelar doktor tapi pemikirannya masih kolot. Gw bilang sih penyebabnya metode pendidikannya yang udah gak sesuai sama zaman. Seperti akun di bawah ini contohnya...


Quote:
sumber: londo-046 reddit


Yang kek gini biasanya karena paham kolot udah bersedimen di otak karena diasupin dari kecil. Coba pas SD yg ditekenin itu pelajaran tentang moral, logika dasar, dan kawan-kawannya, mungkin ga bakal banyak yang gampang di pengaruhin ama paham-paham picisan karena punya dasar berpikir kritis yang bagus.

Percuma kalo udah kuliah baru kena cicip belajar filsafat, banyak orang yang ga bakal bener-bener bisa paham makna berpikir kritis karena hati udah terlanjur diselimutin mantel anti hal-hal yang dianggep mengikis keimanan.

Salah satu hal yang paling susah buat dilakukan di dunia ini adalah ngerubah kebiasaan, makanya daripada cape nge "tipe-ex" tulisan lama dan ngerewrite yang baru dan belum tentu rapi hasilnya, mending kasih good fresh start buat para generasi baru.

Mau contoh lain yang sudah terlanjur jadi onta?

Gw dulu ada guru les MTK. Orangnya baik banget, tiap kali dia dateng 30% les dan 70% ngomongin hal gak penting. Gue sempet deket banget sama dia, cuman kita lost contact gara-gara pas SMA nilai MTK gue membaik. Sekitar 4 tahun kemudian, 2017, pas kita dilanda masalah Ahok, dia tiba-tiba nge-WA gue.

Quote:


Ga gue bales karena gue se-kaget itu. Orang yang gue percaya, orang yang gue kira bisa berpikir logis, dikonsumsi sama ideologi dan kepercayaanya sendiri.

Dari pelajaran itu semua, maka sudah sewajarnya jika kita mulai mempertanyakan apa arti keimanan ketika sudah mulai disetir politik?








Diubah oleh Akunjahat 05-11-2020 10:55
indramamoth
suteragordyn
bukan.bomat
bukan.bomat dan 64 lainnya memberi reputasi
53
10.6K
266
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan