miniadila
TS
miniadila
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
Tanda "Ponten" warisan dari kolonial Belanda untuk dunia pendidikan



Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan dan Sista di therad ane kali ini


Hallo, Sahabat Kaskus! Semoga hari ini selalu diberi kebahagiaan lahir dan batin, ya. Aamiin.

Ngomong-ngomong Agan dan Sista di sini pasti mengenal tanda ponten, kan? Iya, tanda ponten itu. Nah, di sini ane jadi nostalgia nih. Mungkin juga Agan dan Sista ikut bernostalgia atau mungkin masih dihadapkan pada tanda ponten ini. Misalkan dari sahabat kaskus yang berprofesi sebagai pengajar atau juga yang masih pelajar. Pasti deh, gak asing dengan tanda ponten ini.

Spoiler for Dokpri:


Tanda "Ponten"adalah tanda yang fungsinya mirip dengan centang yang artinya adalah "semua sudah benar" atau sudah dicek dan sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya sih tanda ini akrab di sekolah saat guru telah mengecek tugas kita.

Spoiler for Dokpri:


Selain saat masih bersekolah, ane juga ingat ketika bekerja pada sebuah pabrik saat mengecek hasil produksi. Barang yang baik dan bagus akan dikasih tanda ponten ini atau tanda centang. Ini sih pengalaman ane saat masih akrab dengan tanda ini ya, GanSist. Apakah di antara GanSist ada yang sama dengan pengalaman ane ini?

Saat mengingat masa sekolah pun juga begitu. Saat pembagian hasil ujian pasti terlihat tuh barisan tanda ponten bercampur dengan tanda silang. Ish! Jadi ketauan nih kalo ts kurang cetar di sekolah.

Tanda ponten yang terlihat sangat khas, unik dan sederhana ini rupanya bernilai sejarah lho, GanSist. Yaitu sebagai warisan kolonial Belanda di dunia pendidikan. Di Indonesia tanda ini dikenal dengan istilah "Ponten"dalam bahasa Belanda "Goedkeuringskrul" atau biasa hanya disingkat "krul" saja.

Faktanya tanda ponten ini, ternyata hanya bisa dikenali oleh negara-negara bekas penjajahan Belanda. Jadi, kalo bukan koloninya tidak mungkin akan mengenal dan mengerti maksud tanda ponten ini, GanSist.

Masyarakat bekas koloni Belanda seperti Afrika Selatan, Curacao, Suriname, Sint Maarten, serta Carribean Netherlands masih menggunakan tanda ponten alias krul ini, GanSist.

Menurut wikipedia tanda ponten ini muncul dan dikenal pada awal abad ke-19. Bahkan sejarawan menyebut jika simbol ponten ini merupakan turunan dari huruf "G" dari kata "Goed" atau "Gezien" yang artinya bagus atau sudah di cek

Nah, gimana GanSist? Selama ini kita kepikiran gak sih mengenai tanda ponten ini?

Yuk, yang masih berhadapan dengan tanda ponten ini semangat untuk membubuhkannya atau memburunya. Jangan kayak ane, semasa sekolah ya, GanSist!

Cukup sekian thread ane kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak cinta berupa cendol, rate dan koment ya!

Terima kasih, sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya dan wassalam


Sumber: Opini pribadi dan referensi di sini

Gambar : Dokpri dan di sini
ca0396tien212700anjaultras
anjaultras dan 99 lainnya memberi reputasi
100
19.7K
404
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan