c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Tips Beli Playstation (PS2, PS3, PS4, PS5)




Siapa yang tidak tahu console Playstation, pastinya banyak orang yang punya bahkan sudah memainkannya. Tapi nih gan buat kamu yang belum punya console, pastinya kepingin jugakan punya console agar bisa mainkan game di tv bersama kawan-kawan.

Pandemi memaksa anak sekolah dan kamu yang bekerja lebih banyak menghabiskan waktu dirumah, tentu saja bikin BT apalagi kalau lagi gabut.



Nah buat kamu yang ingin beli Playstation disaat ini ada sedikit dari ane nih, setidaknya ini yang saya pelajari ketika banyak interaksi dengan penjual console. Niatnya sih mau beli eh, taunya dana tak mencukupi jadi tips dari penjual ane bikin thread aja dah.

Disini ane tak akan membahas tips membeli PS 1, kenapa?



Umur PS 1 menjadi kendala, ketika perdana rilis di tahun 1994 bayangkan sudah 26 tahun umurnya, kondisi mesin dari PS 1 dijamin sudah tidak bagus. Namun kalau ada yang kondisinya masih bagus, akan menjadi legenda dan harganya bisa tidak masuk akal seperti barang antik hanya untuk koleksi.

Playstation 2



Kita ambil langsung saja ke Playstation 2, walau dimulai dari PS 2 fat di tahun 2000 namun saat ini sistem di PS 2 memakai hardisk. Mesinnya pun masih dinilai cukup kuat walau sudah berumur 20 tahun yang lampau.

Ada beberapa seri yang ada di console PS 2 ini, namun saat ini tidak ada lagi PS 2 yang baru karena sudah berhenti produksi. Tips membeli PS 2 saat ini jangan beli yang memakai DVD karena rentan dengan kerusakan walau sudah di refurbish sekalipun. Namun pilihlah yang isi game di dalam hardisk, biasa disebutnya PS 2 matrix.

Harga lebih mahal sedikit namun kondisinya lebih kuat dibandingkan PS 2 Slim, bisa dibilang ini Playstation yang bandel mesinnya. Jadi masih recomended untuk dibeli walau dari umur mesin sudah tua. Harga yang ditawarkan variatif dari 300rb-800rb dalam kondisi bagus walau itu second.

Playstation 3



Lalu berselang 6 tahun berikutnya di tahun 2006, Sony kembali menelurkan PS 3. Nah kompetitor dari Sony yaitu Microsoft juga mengeluarkan X Box One, dan Nintendo dengan Wii.

11 November 2006 PS 3 mulai di rilis ke publik, hype nya tidak sebesar PS 2 ketika rilis karena di PS 3 Fat terdapat banyak masalah yaitu YLOD  (Yellow Light of Death) ini penyakit PS 3 yaitu tombol power mati dan berwarna kuning, walau sebenarnya peningkatan dari PS 2 masalah engine dan kaset sangat jauh berbeda. Dengan Blue ray Disk, peningkatan grafis PS 3 semakin mumpuni.

Hingga muncullah variasi Slim dan Super Slim, disini tips untuk kamu kalau mau membeli PS 3 di masa sekarang perlu di ingat bahwa tidak ada yang baru lagi, semuanya adalah second karena sudah stop produksi. Dan masalah YLOD (Yellow Light of Death) ini menjadi masalah serius untul pengguna PS 3, untuk itu belilah PS 3 versi slim seri 21xx hingga 25xx. Biasanya harga akan lebih mahal bisa mencapai 1,5 juta.



PS 3 versi Fat seri 10xx lebih baik ditinggalkan walau harganya lebih murah, tapi banyak masalah seri Fat ini banyak dijual dari 800rb-1 juta.

Bila kamu ingin beli versi super slim juga bagus, namun di PS 3 ada 2 versi CFW adalah singkatan dari Custom Firm Ware, sedangkan OFW adalah Original Firm Ware.

Versi Super Slim lebih banyak masih OFW, jadi tidak bisa memakai game bajakan harus game Original.

Sedangkan CFW sudah bisa memakai game bajakan, walau saat ini para hacker juga sudah bisa menjadikan versi super slim memainkan game bajakan. Dan range harga dari PS 3 versi ini biasanya dijual 1,2 juta.

Playstation 4



Kini kita beralih ke PS 4, selang 7 tahun kemudian di tahun 2013 rilislah generasi terbaru dengan engine dari AMD yang super mewah. Hype masyarakat pun kembali tinggi, terbukti PS 4 memberikan pengalaman bermain game yang cukup berbeda.

Di Indonesia sendiri PS 4 masih kurang digandrungi karena harga BD yang mahalnya ciamik soro mas gan. Harga kasetnya bisa mencapai 800rb,

Di Indonesia sendiri hanya beberapa orang saja dari generasi para sultan yang masih punya, namun di tahun 2020 hal itu sudah berubah ketika PS 4 sudah ada versi HEN dan Original.



Versi Hen ini bisa memainkan game bajakan dan harganya cukup murah 1 game bisa 20-30rb saja, kelamahannya tidak bisa online dan tidak dapat update. Sedangkan versi original ya tidak bisa memainkan game bajakan, namun bisa dapat game gratis di PS store.

Harganya pun terkoreksi tajam, untuk PS 4 fat biasanya sudah Hen harganya 2-2,8 jutaan. Sedangkan PS 4 versi Slim harga masih dikisaran 4 jutaan, untuk yang Pro dikisaran 5 jutaan.



Tipsnya belilah sesuai budget kamu, kalau ingin bisa bermain game online beli versi original kalau ingin murah isi gamenya belilah yang Hen. Namun perlu di ingat PS 4 Fat memiliki penyakit auto eject, yaitu kaset keluar sendiri ketika lagi asyik main game.

Namun bukan masalah besar sih, banyak di google cara mengatasi masalah auto eject ini. Namun kalau ga mau ribet dengan auto eject belilah PS 4 versi slim atau sekalian PS 4 Pro walau harganya sedikit lebih mahal.

Playstation 5



Berhubung belum rilis namun dapat dipastikan november tahun ini rilis, tips dari ane tunggulah setahun setelah rilis. Biasanya Playstation dengan model terbaru akan terlihat masalahnya ketika 1 tahun pemakaian, atau mau menunggu versi slim nya juga itu cara yang tepat.

Bagaimana kalau sudah ngebet mau beli? Ya ga masalah juga sih, Sony pastinya akan memberikan garansi 1-2 tahun untuk perangkat yang dijual.

Namun persiapkan kocek yang dalam untuk membeli satu BD atau kasetnya, dijamin harga BD yang ori itu mahal harganya. Jangan lupa TV yang digunakan support 4K ya gan, sayangkan kalau performa dari engine PS 5 ga keluar maksimal.


#########

Itu saja tips dari ane semoga berguna dan selamat beristirahat, saya c4punk see u next thread.


emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh c4punk1950... 24-10-2020 09:42
dimaschevy62indramamothtien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
12.9K
178
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan