NyxFairyAvatar border
TS
NyxFairy
[Coc Reg. Klaten] 5 Fakta Menarik tentang Klaten
facebook.com/alunalunklatenkota

Klaten adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki prestasi apik dalam berbagai bidang. Ada beberapa sentra ekonomi besar di Klaten seperti Sentra Industri Konveksi, karung goni di Delanggu, Gerabah di Kerakitan dan masih banyak yang lain. Potensi ekonomi ini membuat Klaten semakin berkembang dan maju. Tak hanya dari sektor bisnis, Klaten juga mendapatkan banyak pendapatan besar dari sentra pariwisata. Fakta menarik ini cukup menakjubkan mengingat Klaten hanya sebuah daerah kecil.

Jika penasaran dengan fakta menarik tentang Klaten, maka ulasan berikut bakal menjawabnya.


1. Klaten memiliki dua candi besar


saintd.co

Candi Prambanan terletak di dua kabupaten yaitu Jogjakarta dan Klaten serta Candi Sewu yang tak jauh dari kompleks candi Siwa tersebut. Fakta tentang Klaten yang memiliki dua candi megah tersebut patut diacungi jempol.


2. Lokasi yang dekat dengan Gunung Merapi


tribunnews.com

Bukan hanya warga Jogja yang kuwalahan jika Merapi meletus, namun juga warga Klaten. Klaten terletak di arah tenggara Gunung Merapi yang membuat sisa letusan seperti hujan debu jatuh ke kota kecil ini.


3. Memiliki tiga pusat kota yang menarik

klatenkab.go.id

Salah satu fakta tentang Klaten yang unik adalah adanya tiga kecamatan maju di kabupaten ini yaitu Klaten Utara, Klaten Tengah dan Klaten Selatan. Bahkan muncul sebuah wacana untuk membentuk kota sendiri yang terdiri dari tiga kecamatan tersebut.


4. Klaten pernah menjadi kota administratif


info.visitklaten.com

Klaten pernah menjadi sebuah kota administratif sebelum akhirnya pemerintah menghapuskan kota administratif pada tahun 1999. UU tersebut membuat kota Klaten yang maju bergabung kembali dengan kabupaten Klaten.


5. Memiliki empat kode area


noticiasdelacruz.com.ar


Berbeda dengan kota lain yang hanya memiliki satu kode area, Klaten memiliki empat kode area yang berbeda. Klaten utara memiliki kode 0276 karena berbatasan dengan Boyolali, Klaten bagian barat dan selatan memiliki kode area 0274 sedangkan bagian timur yang berbatasan dengan Surakarta memiliki kode 0271. Sedangkan kode resmi kabupaten Klaten adalah 0272.

Sangat menarik, bukan? fakta tentang Klaten tersebut semoga bisa menambah wawasan mengenai salah satu kabupaten berbasis ekonomi yang maju di Jawa Tengah tersebut. Selain itu, banyak sekali destinasi wisata Klaten yang wajib dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta.


istijabah
biohazard89
tesarion
tesarion dan 4 lainnya memberi reputasi
5
463
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan