54m5u4d183Avatar border
TS
54m5u4d183
Cerita Penggali Kubur Covid 19 Kembali Meledak, Sudah Lelah Jenazah Makin Banyak
Cerita Penggali Kubur Covid 19 Kembali Meledak, Sudah Lelah Jenazah Makin Banyak


Cerita Petugas Gali Kubur. Instagram/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com

Senin, 21 September 2020 09:00:00
Reporter : Khulafa Pinta Winastya


Merdeka.com - Sebuah video yang menampilkan cerita sedih dari seorang petugas penggali kubur jenazah positif Covid-19, viral beredar di media sosial. Ia adalah Adang, salah satu petugas pemakaman yang bekerja di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Dalam video yang beredar, Adang mengatakan jika jumlah jenazah yang ia makamkan setiap harinya selalu mengalami peningkatan sejak bulan Juni 2020. Ia bahkan mengaku sempat memakamkan 40 jenazah dalam satu hari.

Dengan keadaan yang tak kunjung mereda, Adang mengaku jika ia dan kawan-kawannya sudah mulai merasa lelah bekerja setiap hari tanpa henti. Berikut informasi selengkapnya:

Cerita Penggali Kuburan Jenazah Covid-19

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @kitabisacom, menampilkan cerita dari para petugas penggali kuburan yang disebut sebagai garda belakang penanganan Covid-19 di Indonesia.

Salah seorang petugas penggali kuburan yakni Adang, mengatakan jika ia dan kawan-kawannya harus bekerja ekstra siang dan malam selama berbulan-bulan.

"Sebelum ada Covid kami hanya menangani dua lobang atau tiga lobang. Untuk sekarang kita harus bikin lobang sebanyak mungkin. Untuk kerja kami disini dari jam 7 sampai tugas belum kelar kami belum pulang, paling malam jam 10," kata Adang.


Instagram/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com


Jumlah Jenazah Terus Meningkat

Adang mengaku jika setiap harinya, jumlah jenazah positif Covid-19 terus meningkat. Jumlah yang dimakamkan pun mengalami peningkatan mulai Juni 2020. Sedangkan, saat Idul Fitri 2020, jumlah yang dimakamkan tidak lebih dari 10 jenazah dalam sehari.

Namun, baru-baru ini Adang mengatakan jika jumlahnya terus meningkat sama seperti saat awal pandemi. Ia bahkan mengaku belum lama ini sempat menguburkan 40 jenazah dalam satu hari. Adang juga menceritakan momen saat ia dan kawan-kawannya sempat kewalahan menyiapkan liang lahat.  

"Jam 5 mobil sudah antri 8 mobil, waktu itu saya lobang enggak ada malam-malam jam 9 saya masih menggali dalam keadaan hujan deras. Yang terbaru kemarin sempat 40 jenazah itu paling banyak," ungkapnya.


Instagram/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com


Petugas Gali Kubur Sudah Merasa Lelah

Di akhir video, Adang mengaku jika ia dan kawan-kawannya sudah mulai merasa lelah bekerja berbulan-bulan dengan keadaan yang tak kunjung membaik.

"Ya kalau kami-kami disini kerjanya enggak ekstra mungkin kasian juga banyak jenazah yang terlantar. Kami Disini sudah merasa lelah ya, menguburkan setiap hari angkanya bisa tiga puluh, empat puluh," ungkapnya.

Untuk itu, Adang memberikan pesan kepada masyarakat untuk selalu menaati aturan Pemerintah agar pandemi ini segera berlalu.

"Himbauan saja buat masyarakat tolonglah patuhi aturan pemerintah, jangan berkumpul jangan ngeyel ya. Virus itu emang benar ada," pungkasnya.


Instagram/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com


Video

Berikut video curhatan dari petugas gali kuburan jenazah Covid-19 dilansir dari Instagram @kitabisacom:
https://www.instagram.com/tv/CFRugMF..._web_copy_link

Lihat postingan ini di Instagram
Petugas pemakaman ini cerita kalau mereka harus bekerja ekstra beberapa minggu belakangan ini. Jumlah jenazah COVID-19 yang harus mereka makamkan terus bertambah. . Sederetan ambulans mengantre menjadi pemandangan sehari-hari. Dalam sehari, bisa 30 sampai 40 jenazah yang harus dikebumikan. . Tingkatkan terus kewaspadaanmu. . Ringangkan pekerjaan petugas makam ini sehingga mereka gak perlu kerja ekstra lagi, karena itu artinya pandemi mulai terkendali. . Kamu juga bisa tunjukkan kepedulianmu dengan bantu kebutuhan petugas di garda belakang pandemi dengan donasi ke kitabisa.com/bisabantuwarga . Share video ini ke IG Story-mu untuk ingatkan teman-temanmu. . #pemakaman #petugaspemakaman #petugastpu #galikubur #viruscoronadiindonesia #kitabisa #orangbaik

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kitabisa ( @kitabisacom
 
(mdk/khu)

Sumber berita: https://m.merdeka.com/trending/cerit...ah.html?page=5

mockingbird7
nyong.eq
mulivw
mulivw dan 29 lainnya memberi reputasi
26
9.1K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan