Aparatkaskus
TS
Aparatkaskus
Indonesia Ogah Lockdown Malah Dilockdown 59 Negara, CDC Keluarkan Warning Level 3
POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah Indonesia tidak melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena tak ingin ekonomi hancur.

Sayangnya keputusan tersebut justru membuat Indonesia semakin terpuruk. Selain penyebaran Covid-19 meluas, Indonesia juga di-lockdown 59 negara.

Ekonom Rizal Ramli menyebut 59 negara memberlakukan larangan masuk (lockdown) bagi warga Indonesia.


“Pemerintah tidak suka lockdown, tapi akhirnya Indonesia yang dilockeddown oleh negara-negara lain, what an irony,” tulis Rizal di akun Twitternya pribadinya, @RamliRizal.

Rizal menyertakan sebuah tautan berita tentang 59 negara yang tak mau dimasuki WNI. Kebijakan itu didasari kekhawatiran bahwa WNI yang datang akan membawa Covid-19.

“Selain 59 Negara menutup pintu bagi masuknya WNI, CDC mengeluarkan peringatan level 3, level tertinggi, agar pelancong menghindari perjalanan ke Indonesia,” kata dr Berlian Idris di akun Twitternya, @berlianidris, Selasa (8/9).

Berlian menjelaskan, CDC mengeluarkan warning level 3 karena risiko Covid-19 Indonesia sangat tinggi, namun layanan medis terbatas.


Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengeluarkan peringatan Level 3 bagi warga AS yang berencana berkunjung ke Indonesia.

Dikutip dari laman resmi CDC, peringatan level 3 artinya orang-orang diminta untuk menghindari masuk ke Indonesia kecuali untuk kepentingan yang mendesak.

CDC menyebutkan risiko penularan Covid-19 di Indonesia tergolong tinggi. Pernyataan ini dikeluarkan pada awal Agustus 2020.

Peringatan perjalanan internasional untuk keperluan tidak mendesak ini diberlakukan bagi seluruh warga AS.

Sementara, warga AS yang memiliki risiko tinggi terhadap infeksi Covid-19, seperti orang tua dan orang yang memiliki penyakit bawaan, diimbau untuk benar-benar menghindari dan menunda rencana berkunjung ke Indonesia, baik untuk keperluan esensial terlebih untuk keperluan nonesensial.

Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga Senin (7/9/2020), total kasus Covid-19 Indonesia tercatat 196.989 kasus. Dari angka tersebut, sebanyak 8.130 meninggal dan 141 ribu sembuh.

Penambahan kasus harian dalam beberapa pekan terakhir selalu di atas 2.000, bahkan beberapa kali di atas 3.000 kasus.

Sumber: Klik untuk baca

Koment: miris sekali, sepertinya kalau ada penganugrahan worst decision makers, pejabat indo pasti dapat salah satu kategorinya.
Diubah oleh Aparatkaskus 09-09-2020 21:17
anon009entopKurohinaM1911
KurohinaM1911 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
5.3K
131
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan