widokoAvatar border
TS
widoko
Keren! Indonesia Resmi Masuk Kalender Balap MotoGP 2021, Digelar pada Seri ke 15
Ingin melihat aksi langsung The Doctor Valentino Rosi atau The Baby Alien Mac Marquez di tanah air? Mungkin bagi para penggemar balap motor nomor wahid di dunia, MotoGP, hal itu adalah sebuah prestise dan kebanggaan. Dan hal itu bakal terjadi musim depan.


Ilustrasi Sirkuit Mandalika (Sumber: kabarjakarta.com)


Penantian panjang itu akhirnya terjawab sudah. Indonesia resmi masuk jadwal perhelatan MotoGP tahun 2021. Dilansir Kumparan.com, 5 September 2020, Indonesia rencananya bakal masuk kalender balap MotoGP seri ke 15. Seri itu digelar setelah seri negara Asia Tenggara yang lain, yakni setelah seri Malaysia dan Thailand.


Ilustrasi Sirkuit Mandalika (Sumber: gridoto.com)


Balapan MotoGP Indonesia tersebut bakal digelar di sirkuit Mandalika. Sirkuit Mandalika tersebut terletak di Kota Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saat ini sirkuit Mandalika masih dalam proses perbaikan. Dana sekitar 3,6 triliun digelontorkan untuk pembangunan sirkuit ini.


Peta Mandalika (Sumber: idntimes.com)


Sirkuit Mandalika terletak di pinggir laut. Jika dibanding dengan sirkuit lain di dunia, kondisi ini seperti pada Philip Island, Australia. Sirkuit yang pada September hingga Desember 2020 sedang dalam pengaspalan tiga lapis tersebut mempunyai panjang sekitar 4,31 kilometer. 

Adapun secara karakteristik Mandalika seperti Sirkuit Red Bull Ring Austria yang berkarakter cepat. Disebutkan bahwa top speed di Mandalika mencapai 300 Km/Jam. Sirkuit ini memiliki 17 tikungan. Diprediksi akan banyak sekali salip menyalip atau overtaking di sirkuit yang juga dekat dengan destinasi wisata ini.

Keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP ini tentu menjadi sebuah kebanggaan. Secara MotoGP adalah balap motor paling presitisius di planet bumi saat ini. 

Tetapi digelarnya balap motor kasta tertinggi di Mandalika pada tahun 2021 nanti bukanlah yang pertama bagi Indonesia. Pada tahun 1996 dan 1997 lalu, Indonesia sebetulnya sudah pernah menggelar balapan motor paling hebat tersebut. Pada tahun 1996 Indonesia terjadwal pada seri ke dua. Sedang pada tahun 1997 Indonesia pada seri ke empat belas dari lima belas seri yang dijadwalkan.

Pada saat itu namanya masih belum MotoGP, tetapi kelas 500 cc, 250 cc dan 125 cc. Sayang pada tahun 1998 kontrak dengan Dorna selaku penyelenggara diputus karena Indonesia sedang menghadapi krisis moneter. Akhirnya pada tahun 1999 balapan pun dialihkan ke Sepang Malaysia.

 Sekarang pecinta balap motor tanah air layak berbangga. Balapan paling prestisius tersebut bakal digelar kembali musim depan. Banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dalam event besar tersebut.

Pertama adalah momentum mengembangkan balap motor tanah air yang resmi dan serius. Selama ini animo masyarakat terhadap balap motor cukup tinggi. Sayang banyak diantaranya dilampiaskan dalam bentuk balap-balap liar. Dengan adanya MotoGP di tanah air bisa jadi momentum para pecinta balap untuk menyalurkan bakatnya secara positif dan profesional.

Selanjutnya adalah potensi promosi wisata tanah air juga bakal terangkat. Ekonomi setempat juga bakal terhidupkan dengan adanya wisatawan baik dari domestik maupun manca negara. Selain itu nama Indonesia juga ikut terbawa di dunia internasional. 

Even membanggakan dua puluh tahun lebih itu akhirnya kembali. Semoga balapan di Mandalika benar - benar terlaksana sesuai dengan jadwal serta bisa berjalan dengan sukses dan lancar...I]


Referensi:

1. https://kumparan.com/kumparansport/indonesia-resmi-masuk-kalender-motogp-2021-digelar-usai-thailand-1u8ojjwwAgk/full




Diubah oleh widoko 06-09-2020 09:36
m4ntanqv
rony25
calvinn28
calvinn28 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.3K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan