cintadineAvatar border
TS
cintadine
Punya Puluhan Member, Inilah 10 Generasi JKT48 Dari Masa ke Masa
Selamat datang kembali di thread ane. Dalam thread kali ane akan membahas JKT48. Kenapa membahas JKT48? Karena idol group ini kini sedang dalam meniti kembali ke kejayaan yang pernah dicapai di masa lalu. Ya, kini nama JKT48 mulai kembali terangkat seiring kembali munculnya mereka di televisi hingga kasus eks membernya yang menghebohkan jagad medsos. emoticon-Big Grin

Namun ane tidak akan membahas tentang kasus skandal yang melibatkan eks member yang kontroversial itu. Melainkan tentang generasi JKT48 dari masa ke masa. Seperti yang diketahui jika JKT48 dibentuk pada akhir tahun 2011 sebagai sister group idola Jepang, AKB48. Hingga kini sudah sembilan tahun bertahan di dunia entertainment Indonesia, JKT48 sudah mempunyai sepuluh generasi. Dari tiap-tiap generasi, para member selalu punya ciri khasnya masing-masing. Nah, berikut ini adalah pembahasan kesepuluh generasi member JKT48 dari masa ke masa.

Generasi 1
Inilah generasi yang sering disebut oleh fans sebagai pioneer karena merekalah yang memulai pertama kali berjuang menjadi member di grup ini. Generasi pertama ini dibentuk pada 2 November 2011 saat audisi tahap akhir dan berisikan 28 orang. Generasi 1 memulai debut mereka sebagai trainee di televisi pada 17 Desember 2011 di acara musik 100% Ampuh Global TV. Generasi satu ini juga yang pertama kali terkenal di tengah masyarakat Indonesia berkat berbagai iklan di tv termasuk lagu Heavy Rotation yang booming. Member generasi 1 yang paling terkenal antara lain adalah Melody, Nabilah, Shania, Stella, dll. Kemudian ada member 'kiriman' dari Jepang, Haruka Nakagawa.

Generasi 2

Pamor JKT48 naik sepanjang 2012 dan akhirnya punya theater sendiri. Di sini audisi generasi 2 dibuka dan pendaftarnya pun membludak. Audisi generasi kedua ini sampai ditayangkan di tv tepatnya di RCTI. Melalui proses seleksi yang ketat hingga melakukan audisi final di Jepang, akhirnya terpilihlah 31 member generasi kedua pada 3 November 2012. Ekspektasi fans pada generasi 2 ini cukup tinggi karena proses audisi yang sedemikian seriusnya sampai-sampai dibawa ke Jepang. Member yang paling bersinar dari generasi 2 antara lain adalah Yupi, Sinka, Rona, Yona, Sisil, dan masih banyak lagi.

Generasi 3

Pada 2013 JKT tidak mengadakan audisi dan baru membuka audisi lagi pada awal 2014. Generasi ketiga sering disebut generasi monster oleh para fans karena banyaknya member dengan visual yang super menarik dan berpotensi. Audisinya pun bahkan masih disiarkan oleh RCTI dan para fans sangat antusias melihat prosesnya. Generasi ketiga total berjumlah 32 orang yang dibentuk pada 15 Maret 2014. Jumlah member terbanyak untuk satu generasi, namun justru cepat rontok. Beberapa member yang terkenal dari ketiga ini antara lain adalah Shani, Gracia, Desy, Feni, Ellaine, Andela, Sisca, Michelle, dll.

Generasi 4

Generasi 4 datang di saat JKT48 mulai mengalami penurunan popularitas, mungkin karena manajemen tidak melakukan inovasi. Generasi keempat ini proses audisinya tidak disiarkan di televisi dan member yang terpilih hanya dua belas orang. Meski demikian, generasi keempat justru bisa dibilang yang paling kompak karena termasuk awet dan pada pemilihan member single original 2019 menjadi generasi yang paling banyak masuk dalam jajaran senbatsu. Generasi 4 diperkenalkan pada 16 Mei 2015. Member yang masih bertahan saat thread ini ditulis antara lain, Celine, Jinan, Fia, Melati, Cinhap, dan Lisa.

Generasi 5
Setahun kemudian atau pada 28 Mei 2016, para member generasi kelima diperkenalkan di acara handshake album Mahagita dan berjumlah 17 orang. Generasi kelima ini menjadi generasi terakhir yang mengikuti sistem trainee karena selanjutnya akan menjadi JKT48 Academy. Generasi 5 juga salah satu membernya ada yang bisa dibilang menjadi member paling kontroversial, Adhisty Zara. Sebagian fans menanggap manajemen terlalu berlebihan dalam melakukan "push" terhadap Zara hingga langsung menjadi center. Zara akhirnya menyatakan kelulusannya pada akhir 2019 yang lalu. Member generasi 5 yang masih bertahan saat thread ini dibuat adalah Eve, Juli, Diani, dan Aby.

Generasi 6

Generasi keenam menjadi generasi pertama JKT48 di era Reboost dan diperkenalkan pada 8 April 2018 dengan jumlah 14 orang. Generasi 6 tidak lagi menjadi trainee sebagai pelatihan sebelum masuk ke tim melainkan JKT48 Academy yang merupakan sistem berbeda dan lebih ketat lagi demi menjaga kualitas member sebagai seorang idol. Sayangnya, justru banyak yang 'berguguran' sebelum naik ke tim dan ada enam orang yang mengundurkan diri sebelum promosi ke tim reguler. Menandakan bahwa sistem pelatihan yang tidak main-main. Member generasi 6 yang tersisa adalah Ariel, Tasya, Nanda, Indy, Gita, dan Shalza.

Generasi 7

Banyak fans beranggapan jika generasi ketujuh ini adalah generasi yang menyelamatkan JKT48 dari redupnya popularitas karena para member dari generasi tujuh ini banyak yang mempunyai 'daya jual' dan daya tarik yang tinggi. Generasi tujuh diperkenalkan pada 29 September 2018. Para membernya pun diharapkan dapat membawa JKT48 kembali bersinar. Member generasi tujuh yang paling terkenal antara lain adalah Azizi, Christy, Yori, Eli, Freya, Chika, dll.

8. Generasi 8

Generasi kedelapan diperkenalkan pada 27 April 2019 dengan jumlah member 18 orang. Generasi 8 ini tidak kalah bersinarnya dengan generasi 7. Di generasi ini juga muncul mantan artis dan bintang iklan cilik, Afiqah. Masuknya Afiqah sebagai member JKT48 sempat membuat heboh media sosial karena sebagian orang merasa waktu cepat sekali berlalu. Selain Afiqah, member generasi sembilan yang terkenal lainnya ada Nunu, Ara, Fiony, Flora, Ume, dll.

Generasi 9

Generasi kesembilan diperkenalkan pada 1 Desember 2019 atau sehari setelah malam pengumuman Sousenkyo Single Original. Mereka berjumlah 13 orang. Perkenalan generasi sembilan ini sempat memicu kontroversi karena memasukan gadis berusia sepuluh tahun lolos menjadi member padahal kriteria audisi menyebutkan minimal usia 13 tahun. Member tersebut adalah Caithlyn Gwyneth. Hal ini juga membuat sebagian fans protes karena ditakutkan pandangan masyarakat awam terhadap JKT48 akan semakin buruk dengan menganggap fans JKT48 adalah para pedofil.

Generasi 10

Ini merupakan generasi yang terbaru dan baru saja dibentuk pada 28 Agustus 2020 atau pada saat dunia sedang dalam masa pandemi. Gen 10 proses audisinya kembali disiarkan ke publik bahkan lebih detail namun hanya disiarkan lewat platform digital streaming. Proses audisi para finalis meliputi wawancara, tes bakat, tes menyanyi dan kepribadian, tes menari, dan tes idol quality. Dari ribuan pendaftaran hanya puluhan yang melaju sebagai finalis dan cuma 11 orang yang terpilih menjadi member. Artinya gen 10 menjadi gen yang membernya paling sedikit.

Nah, gan. Bagi agan fans JKT48, generasi mana nih yang menjadi favorit? emoticon-Ngakak

Quote:
falcon.nt
m4ntanqv
tepsuzot
tepsuzot dan 10 lainnya memberi reputasi
11
14.2K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan