singawallahAvatar border
TS
singawallah
Ma'ruf Amin Minta Ada Sertifikasi Halal Vaksin Covid-19 Sinovac Cina


TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar sertifikasi halal vaksin Covid-19 dari Sinovac asal Cina dapat keluar sebelum diedarkan.

Ia pun meminta Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Komisi Fatwa MUI, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama untuk proaktif saling berkoordinasi.

"Jangan menunggu bola, untuk vaksin ini jangan menunggu, harus menjemput bola,” kata Ma'ruf dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 27 Agustus 2020.

Menurut Ma'ruf, sertifikasi halal menjadi penting agar tidak terjadi penolakan vaksinasi dari masyarakat karena ragu akan kehalalannya. "Jangan terjadi seperti vaksin Measles Rubella (MR) itu yang kemudian targetnya tidak tercapai,” katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif ini juga mengingatkan agar vaksin yang diproduksi dari luar negeri harus diperhatikan kehalalannya. Jangan sampai sudah memesan dalam jumlah besar, tetapi bermasalah karena kehalalannya.

“Covid-19 ini adalah persoalan kehidupan bangsa kita, baik soal kesehatan, soal sosial, bahkan juga soal ekonomi. Kuncinya vaksin. Dan vaksin itu harus di-back up oleh sertifikat halal.”

Saat ini, PT Bio Farma tengah melakukan uji klinis fase 3 calon vaksin Covid-19 dari perusahaan Sinovac asal Cina. Uji klinis ini akan selesai pada Januari 2021. Program vaksinasi ini sendiri ditargetkan mulai diberikan masyarakat pada Februari tahun depan.

https://nasional.tempo.co/read/13800...a/full?view=ok

Emang sinovac pake babi?emoticon-Bingung

Hmmm mungkin landasan ketakutannya krn ini dibuat unt melawan tentara aulloh,mk nya pk yg haram2,,,,emoticon-Ngacir
666fapfap
rizaradri
tien212700
tien212700 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
4K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan