firsaf05Avatar border
TS
firsaf05
Bugar Saat Berpuasa: Lakukan Olahraga di Waktu yang Tepat.




Olahraga Saat Puasa

Assallamu'alaikum Gan-Sist😊

Gimana puasanya hari ini?

Masih semangat 45 dong ya.emoticon-I Love Indonesia

Btw, sudah olahraga belum?

Ane sih ... alhamdulillah udah.😁 Rutinitas pagi ane biasanya selepas subuh, lanjut olahraga ringan di teras belakang rumah.

Puasa juga tetep olahraga?

Loh, iya dong. Puasa atau tidak, kita tetap wajib olahraga. Kenapa? Karena olahraga adalah kebutuhan bagi tubuh kita. Sama halnya seperti makan dan minum.

Memang, sih ... sebagian orang menjadikan puasa sebagai alasan untuk mengurangi kegiatan. Apalagi aktivitas fisik yang berat seperti olahraga. Padahal, berolahraga saat puasa juga penting untuk kebugaran tubuh. Terlebih ibadah puasa tahun ini kita jalani di tengah pandemi. Dimana kita harus berusaha membuat imun tubuh tetap terjaga dengan baik.





Berolahraga di saat puasa, bisa kok. Dengan tidak berlebihan tentunya. Kita harus paham kapan waktu ideal untuk melakukan olahraga. Jangan sampai puasa kita jadi terganggu karenanya.

Berdasarkan pengalam ane, ya ... saat yang paling tepat untuk olahraga ada di dua waktu.

Pertama,Setelah Sahur.

Jadi, ane biasanya makan sahur jam 4. Setelahnya istirahat sejenak menunggu adzan subuh. Setelah melaksanakan salat dan tadarus, lanjut olahraga.

Kenapa ane melakukan olahraga di jam ini? Karena setelah sahur energi tubuh masih full terisi. Melakukan gerakan olahraga ringan InsyaAllah tidak akan mengganggu kelancaran puasa kita.

Kedua, 30 sampai 60 menit sebelum waktu berbuka puasa.

Menunggu adzan magrib sambil melakukan olahraga, bisa jadi pilihan juga.

Pada saat olahraga tentu kita akan menghabiskan banyak tenaga. Jika melakukan olahraga di jam-jam menjelang buka tersebut, maka energi yang sudah terpakai oleh tubuh dapat segera tergantikan oleh asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka. Sehingga kita tidak akan merasa kelelahan ataupun kehabisan energi.

Selain itu, saat berbuka asupan minum yang masuk tentu saja dapat menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik, terlebih setelah kita berolahraga.

Catatannya ... agar puasa kita tak terganggu, lakukan saja gerakan olahraga yang ringan. Misalnya seperti berjalan santai, berjinjit, yoga, ataupun gerakan peregangan-peregangan otot sederhana lainnya.

Btw, buat Gan-Sist sendiri penting tidak olahraga saat puasa? Kapan waktu yang tepat melakukannya? Sharing yuk.πŸ˜‰

Salam 2 Ramadhan.
Salam olahraga.
Semoga tetap sehat dan kuat puasanya.πŸ€—πŸ’ͺ

Narasi: @Firsaf05

Bandar Lampung, 25 April.
Spoiler for SS Cendol:
Diubah oleh firsaf05 25-04-2020 04:21
suciasdhan
uliyatis
tien212700
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
1.8K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan