akunfloAvatar border
TS
akunflo
Pengen Diet Tapi Doyan Ngemil, Cloud Bread (Roti Awan) Bisa Jadi Makanan Andalan

Hai, Kaskuser ...
Sebelumnya ane mau berterima kasih pada Agan Sista sekalian yang masih berkenan singgah di threat ane.


Setelah beberapa waktu lalu viral soal Dalgona Coffe, sebuah kopi lembut dan nikmat yang katanya berasal dari Negeri Ginseng, kini ada lagi yang nggak kalah viral dengan minuman tersebut. Yaitu Cloud Bread atau yang disebut juga Roti Awan.

(Hmmm ... rasa-rasanya Cloud Bread ini cocok juga buat teman cemilan Dalgona Coffe. emoticon-Toast)

Roti Awan yang dimaksud bukan roti yang berbentuk awan atau menyerupai awan yang ada di langit. Melainkan sebab tekstur rotinya yang lembut banget, bahkan ada yang mengatakan selembut kapas.


Sumber gambar : google

What Is Cloud Bread?

Cloud bread has been around since the seventies, when it was introduced to the world through the Atkins Diet. Light and fluffy, the texture is closer to that of a thick omelet than a slice of bread. Made of eggs, cream cheese, baking powder, and different flavorings, cloud bread can be used in a variety of bread-substituting ways that won’t break the nutritional bank if you’re watching your carbs, or avoiding gluten. Since its flavor is mild on its own, you can dress it up to suit whatever your needs may be. (The Kitchn)


Dari kutipan The Kitchn itu, kita mengetahui yang ternyata Cloud Bread tersebut memang sudah ada sejak tahun 1970-an. Dulu roti ini dikenal dengan sebutan Oopsie. Yang awal mulanya roti ini diperkenalkan melalui Diet Atniks oleh seorang blogger, yang bernama Cleochatra.

Awalnya, blogger tersebut berencana membuat roti diet itu dari resep Atniks. Namun, dirinya melakukan sebuah kesalahan resep. Pada resep Atniks, seharusnya menggunakan Cottage Cheese(keju lembut ) namun Cleochatra justru memakai Cream Cheese (keju krim).

Namun, siapa sangka ternyata roti buatannya itu menghasilkan tekstur roti yang sangat lembut. Bahan-bahannya juga nggak banyak seperti pembuatan roti pada umumnya, serta bahan-bahan yang digunakan pun mengandung kadar lemak yang rendah.

Jadi, roti ini cocok buat Agan Sista yang sedang melakukan diet tapi doyan makan roti.

Simak nih, GanSist cara pembuatannya.



Bahan-bahannya cukup pake 3 butir telur putih (ambil bagian putihnya aja, GanSis. Bagian kuningnya bisa dibuat telur dadar). Lalu mixer telur putih tersebut sampai berbusa. Pada pertengahan pengocokan telur, tambahkan tiga sendok gula putih, tapi jangan diberikan sekaligus, melainkan diberi secara berkala alias sedikit-sedikit. Lalu tambahkan 3 sendok tepung maizena, backing powder secukupnya serta setengah sendok vanili, biar telurnya nggak terlalu amis. Lalu kocok tersebut adonan sampe benar-benar mengembang.

Untuk mengetahui adonan sudah siap atau belumnya, Agan Sista bisa menebaknya dengan cara membalikkan wadah adonan tersebut. Kalo adonannya ketika wadah dibalikkan nggak tumpah, berarti adonan siap untuk dipanggang. Namun, ketika adonan tumpah ketika wadah dibalikkan, berarti masih harus di-mixer atau dikocok lagi sampai adonan benar-benar siap untuk dipanggang.

Setelah adonan sudah dimasukkan ke cetakan, oven roti tersebut selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, Cloud Bread pun siap untuk disantap.

Sekian threat kali ane, dan terima kasih.


Penulis : @akunflo
Diubah oleh akunflo 09-08-2020 06:55
ora.w4r45
nomorelies
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan