gembelngeheAvatar border
TS
gembelngehe
Ada Apa Dengan "Challage Accepted" #womensupportingwomen ???
Apakah Gan n' Sis memperhatikan beberapa hari belakangan ini di feed Instagram banyak muncul unggahan foto hitam putih para sista dikuti dengan kalimat Challenge Accepted lalu memention sista lainnya untuk ikutan disertai hashtag #womensupportingwomen.  Bahkan banyak artis mancanegara hingga artis-artis cantik tanah air ikutan pula, apakah ini tentang woman empowerment?


Ada yang salah? oh tentu tidack, sah-sah aja untuk ikutan mengunggah foto dengan gaya masing-masing dan mengajak teman lainnya untuk melakukan hal yang sama, tapi tahukan Gan n' Sis apa yang melatarbelakangi munculnya tren ini? Sebelum memutuskan untuk ikutan ada baiknya kita tahu maksud dan tujuan dari tren ini, yuk disimak

Kekepoan ane menelusuri tren unggahan-unggahan tersebut, saat ini sekitar 8 juta unggahan di IG, menemukan beberapa hal sebagai berikut;

Bermula di Turki, aksi ini diawali para wanita Turki mengunggah foto hitam putih ini dilandasi keprihatinan mereka akan tingginya kasus femicide. Femisidaatau feminisida adalah sebuah istilah kejahatan kebencian berbasis jenis kelamin, yang banyak didefinisikan sebagai "pembunuhan intensional dari kaum perempuan (wanita atau gadis) karena mereka adalah perempuan", meskipun definisinya beragam tergantung pada konteks sejarah. Karena berita tentang korban femisida disertai foto korban berwarna hitam putih.

Melansir artikel nytimes.com, berdasarkan informasi perwakilan Instagram unggahan Brazilian journalist, Ana Paula Padrão, diyakini sebagai pengunggah challange pertama di Instagaram pada 18 juli lalu.
2 hari yang lalu tanggal 28 Juli 2020 akun Twitter @imaan_patel mencuitkan kekhawatirannya karna setelah menjadi viral sepertinya telah terjadi pergeseran makna dari tantangan hitam putih




#PinarGultekin
Asal-usul tantangan hitam-putih yang lebih bermakna telah terkubur oleh unggahan-unggahan sekedar ikut challenge tanpa tahu makna sebenarnya. Ane berpendapat yang mungkin melatar belakangi Ana Paula Padrao adalah sebuah kampanye yang terinspirasi oleh tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan dan pembunuhan brutal terhadap seorang siswa berusia 27 tahun bernama Pinar Gültekin.

Protes di negara itu pecah setelah mantan pacar Gültekin membawa polisi ke tubuhnya yang tercekik dan sebagian terbakar, disimpan di dalam drum minyak, lima hari setelah kepergiannya pada 16 Juli.



Quote:


Quote:


Hashtag asli itu #kadınaşiddetehayır dan #istanbulsözleşmesiyaşatır - secara kasar diterjemahkan menjadi
"Katakan tidak pada kekerasan terhadap wanita" (kadına şiddete hayır)
dan
"Enforce the Istanbul convention" (Istanbul sözleşmesi yaşatır)
hashtah-hashtag tersebut telah terkubur di bawah banjir hashtag #womenempowerment dan #womensupportingwomen



Turki adalah penandatangan pertama Konvensi Istanbul, serangkaian langkah besar untuk memerangi kekerasan gender dan kekerasan rumah tangga yang diadopsi oleh Dewan Eropa pada 2011. Kelompok-kelompok hak asasi perempuan mengkritik pemerintah karena gagal memenuhi komitmen yang ditetapkan dalam konvensi, yang dalam beberapa tahun terakhir telah ditargetkan oleh kaum konservatif dan Islamis yang mengatakan itu merusak nilai-nilai budaya Turki.




Bagaimana Gan n' sis khusus nya para sistakus apakah kalian akan langsung menerima challange tersebut tanpa mengetahui latar belakang sesungguhnya? tidak sekedar bergaya, berfoto hitam putih, lalu unggah, makna sesungguhnya lebih dari itu
emoticon-Peace




sumur:
https://ahvalnews.com/femicides/istanbul-municipality-name-parks-after-femicide-victims
https://www.nytimes.com/2020/07/27/style/challenge-accepted-instagram.html
https://edition.cnn.com/2020/07/28/us/challenge-accepted-women-supporting-women-instagram-trnd/index.html
https://www.kqed.org/arts/13883979/empowerment-selfies-are-burying-a-turkish-womens-rights-campaign
https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2020/21365/tak-disangka-ini-arti-tren-instagram-challenge-accepted
Diubah oleh gembelngehe 04-08-2020 04:31
galigulagalu
Bgssusanto88
tien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
6.2K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan