PaPi.GaGaAvatar border
TS
PaPi.GaGa
Deretan pertanyaan interview unik ini pernah diajukan bos perusahaan besar loh
Dalam wawancara kerja, terkadang ada aja pertanyaan interview unik yang muncul dari perekrut.  Misalnya pertanyaan unik yang diajukan beberapa bos perusahaan besar dunia ini

“Apakah kamu orang yang paling cerdas?”

 

Pertanyaan ini pernah ditanyakan dalam wawancara kerja di Oracle. Petinggi sekaligus CTO mereka, Larry Ellison, ingin memastikan bahwa Oracle hanya merekrut orang-orang yang berbakat dan cerdas.

Bila para kandidat menjawab “Ya”, mereka akan direkrut. Namun, bila tidak, pewawancara akan bertanya, “Lalu siapa?” dan merekrut orang yang disebut si kandidat.

“Dari 1 sampai 10, seberapa anehkah kamu?”

 


Pertanyaan ini dilontarkan perekrut dalam wawancara kerja di perusahaan eS E N S O Rmerce asal Amerika Serikat, Zappos. Sebenarnya, angka tersebut tak terlalu penting. Pewawancara  justru lebih memperhatikan cara kandidat menjawab pertanyaan tersebut.

Meski begitu, bila kandidat menjawab 1, kandidat akan dinilai kelewat kaku untuk bekerja di sana. Selain itu, bila kandidat menjawab 10, kandidat akan dinilai terlalu aneh oleh mereka.

“Kamu berada di kutub bumi. Kamu berjalan satu mil ke selatan, satu mil ke barat, dan satu mil ke utara. Lalu, kamu berdiri tepat di mana kamu mulai berjalan. Di mana kamu sekarang?”

 


Pertanyaan ini ditanyakan dalam wawancara kerja di Tesla dan SpaceX untuk menguji intelijensia kandidat. Ada pilihan jawaban yang ditawarkan untuk pertanyaan ini dan jawaban yang tepat adalah kutub Utara.

“Bila kamu seekor hewan, kamu ingin menjadi hewan apa?”

 


Petinggi Overstock, Stormy Simon menyatakan, dengan pertanyaan ini, orang-orang bisa memilih dari sekian banyak hewan yang ada yang mampu mewakili kepribadian mereka.

Jawaban yang baik, menurut Simon, adalah ketika kandidat memilih hewan yang dapat menggambarkan sifat-sifat yang malah berlawanan dari kepribadian kandidat.

“Beritahu saya tentang suatu kebenaran, yang sulit dipercaya orang lain.”

 


Salah satu pendiri dan managing partner dari PayPal, Peter Thiel, selalu ingin merekrut orang yang tidak takut untuk menyuarakan pikirannya.

Ia memberikan pertanyaan ini untuk mengetahui orisinalitas pemikiran para kandidat dan menantang mereka untuk menyuarakannya dalam wawancara.

“Apa yang akan kamu lakukan ketika ada serangan zombie?”

 


Pertanyaan ini diajukan dalam rekrutmen di Capriotti’s Sandwich Shop, sebuah restoran berjaring nasional di Amerika Serikat.

Petinggi mereka, Ashley Morris, mengatakan bahwa pertanyaan ini mampu membuat perusahaan mengetahui cara  para kandidat bertahan dalam tekanan.

“Apa kutipan favoritmu?”

 


Petinggi dari Global Philanthropy dan Social Impact di Hasbro, Karen Davis mengatakan bahwa pertanyaan ini mampu memperlihatkan minat sekaligus tujuan hidup kandidat mereka. Karena itu, tidak ada satu pun jawaban yang paling benar.

"Bagaimana kamu menggambarkan dirimu dalam satu satu kata?"

 


Dara Richard Herson mantan CEO organisasi perempuan mengatakan bila kandidat yang terbaik akan tahu persis siapa mereka. Sehingga bisa menggambarkan hanya dalam satu kata.

Mereka bisa mengemas dirinya hanya berdasarkan satu kata tersebut tentunya dengan pemikiran yang mendalam dan jawaban yang serius.

emoticon-Salam Kenal


Itulah beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak kamu anggap remeh. Masih ada beberapa contoh pertanyaan unik dari bos perusahaan dunia lain yang bisa kamu lihat di artikel ini. 

Seberapa unik dan aneh pertanyaan interview yang kamu temukan saat wawancara kerja, yang jelas selalu siapkan diri kamu dalam menghadapi berbagai bentuk pertanyaan ya Gan. 

Kalau kamu pernah dapat pertanyaan interview unik apa nih yang paling berkesan Gan?
apollion
Touristc
trac0ne
trac0ne dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan