cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
Mengenang 50 Tahun Panggilan Konferensi Video Pertama Di Dunia !!


Konferensi Video Itu Gampangannya Video Call
Pernah bayangin apa yang terjadi pada saat teknologi konferensi video ini diluncurkan ke publik?. Pasti waktu itu adalah hari yang paling bersejarah Di dunia. Hari itu merupakan hari yang paling dikenang sebagai peluncuran teknologi konferensi video yang pertama. Kebayang ga si dulu gimana?. Mungkin gambarnya masih hitam putih gitu ya atau malah kurang jelas gambarnya. Semua pasti udah tau lah ya konferensi video itu gimana. Video call lah gampangannya buat yang belum tau. Definisi konferensi video adalah teknologi komunikasi yang meungkinkan dua pihak atau lebih untuk bisa berkomunikasi satu sama lain secara audio maupun video walaupun ditempat yang berbeda sekalipun. 

Kalau sekarang pastinya udah canggih banget. Bahkan setiap gadget pasti punya teknologi buat konferensi video. Jaman sekarang setiap smartphone pasti punya kamera yang bisa digunain buat teknologi itu. Bayangin dulu belum bisa video call terus yang jauh jauhan cuman bisa surat suratan dan ga bisa liat langsung, wah pasti sedih banget. Untung ya jaman udah maju jadi bisa video call. 



Peluncuran Pertama Kali Ke Publik
Tepatnya pada 30 Juni 1970 CEO John Harper dan Peter Flaherty menggunakan AT&T new picturephone mod II. Hari itu merupakan yang pertama kali teknologi konferensi video diperkenalkan dipublik. Kalau buat ditemukannya sebenarnya sebelum tahun 1970. Nhah pada hari itu tu udah mulai komersialisasinya, jadi kayak udah boleh digunakan dikalangan publik gitu dan boleh diperjual belikan secara bebas. Gila banget si ya, itu pasti terobosan banget di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Langsung bayangin sih ditahun segitu indonesia lagi ngapain ya? kalau ga salah masih ada agresi militer gitu gitu deh.

Ternyata buat mengoperasikan konferensi video yang pertama kali ini tentunya tidak mudah. Kalau sekarang kan cuman download aplikasi lalu bisa kita gunain dan biayanya palingan cuma kuota aja plus biaya device alatnya. Pada waktu peluncuran teknologi konferensi video yang pertama kali ini membutuhkan 150 dollar, kalau dirupiahin berapa tuh dikaliin 14 ribu, sekitar 2 jutaan lah ya. Itu baru biara instalasi. Waktu itu kan peluncuran komersial dan bisa digunakan oleh publik, nah biaya pelayanannya kena 160 dollar per bulannya, atau sekitar 2 ,2 jutaan ( ini masih nilai dollar pada masa itu ya jadi kalau dibandingin nilai tukar dollar masa sekarang bisa berkali kali lipat tuh). Hitungannya tiap penggunaan 1 menit akan terkena biaya layanan kurang lebih 0.25 dollar. Bayangin ya kalau nilai dollarnya itu nilai sekarang pasti bisa 10x lipat sih. Ibaratnya tu gini lho, uang 2ribu 10 tahun yang lalu udah bisa beli makan 3 kali sehari, nah di tahun 2020 ini uang 2 ribu cuman bisa bayar parkir doang. Ada videonya juga si nanti aku cantumin di sumber. 



Biaya Instalasi : 150 dollar
Biaya Bulanan  : 160 dollar
Biaya Penggunaan  : 0.25 dollar per menit.

Source 1 : [url=https://www.techspot.com/news/85820-world-firstS E N S O Rmercial-video-conferencing-call-took-place.html]Techspot[/url]
Source 2 : Video Saat Peluncuran (Youtube)
BuluKemaluan
indramamoth
yusuf2210
yusuf2210 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.3K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan