c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Hasta Brata Di Negara Basa-Basi










Ketika orang asing singgah di nusantara merekapun menjadi jatuh cinta, bukan rahasia lagi kau negara ini disukai kaum ekspatriat. Negara indah dengan alamnya yang terkembang dari Sabang hingga Merauke. Namun yang disuka oleh mereka disebabkan negara ini penuh dengan basa-basi.

Tapi sayang keadilan belum datang di tanah ini, entah sampai kapan! Adakah karena para pemimpin menjauhi tuntunan dari Hasta Brata?



Sebelum membahas lebih jauh apa itu Hasta Brata, mengapa nusantara identik dengan negara basa-basi. Kita dengarkan sesaat lagu dari musisi legenda tanah air bung Iwan Fals.




Oke langsung saja kita bahas masalah basa-basi terlebih dahulu, di negara ini masyarakatnya sangat ramah dan santun. Dengan orang lain yang baru kenal pun mudah akrab, masyarakatnya hidup penuh basa-basi baik itu dengan tetangga, kerabat, teman di sekolah, kantor bahkan di dalam gedung istana sekalipun basa-basi tetap ada.

Quote:




Ketika zaman serba digital basa-basi masyarakat negara ini tetap dipertahankan. Maka negara ini sangat berbanding terbalik dengan negara Finlandia, yang tak banyak basa-basi.

Ada sebuah kutipan yang bermakna ketika ada negara yang menghindari basa-basi.

Quote:


Berbanding terbalik dengan negara kepulauan ini dimana basa-basi menjadi hal yang umum. Bisa dibilang basa-basi sudah menjadi kearifan lokal, lantas apa hubungannya dengan Hasta Brata?

Ada yang sudah tahu dengan apa yang dimaksud Hasta Brata? Hmmm... nampak aneh dan tidak umum ya ditelinga, sebenarnya Hasta Brata itu sebuah pedoman kearifan lokal dimasa lalu.



Bisa dibilang Hasta Brata adalah wejangan turun temurun dari leluhur hingga ke generasi millenial saat ini. Kenapa kata-kata itu tidak familiar di telinga? Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Sansekerta yang diambil dari kitab Hindu Manawa Dharma Sastra. Hasta sendiri artinya delapan dan Brata yaitu perilaku kita dalam bersosialisasi. Wejangan dari leluhur tentang delapan unsur alam yang ada di semesta raya diawali dari unsur bumi, lalu matahari, api, samudra, langit, angin, bulan, dan bintang. Semua unsur tadi mempunyai filosofi sendiri untuk menjalani kehidupan.

Saya kutip filosofi delapan unsur tadi agar kita dapat merenung dan menjadi sosok yang ideal seperti itu. Apalagi untuk menjadi seorang pemimpin.

Quote:




Tergambar dimana dari Hasta Brata ini yang menjadikan nenek moyang kita mengagungkan sopan santun, kerendahan hati, tepa selira, ramah tamah, saling menolong, peduli dengan orang lain yang bisa kita bilang kesopanan ini dinilai dengan tata cara kita bicara hingga menjadikan negara kita sebagai negara basa-basi. Namun sayang unsur api dengan sifat yang tegas dan keras seakan sering terbungkam dengan uang.




Pertanyaannya apakah negara kita akan tetap seperti ini? Atau dimasa depan nanti akan berubah haluan, karena dengan banyaknya basa-basi nilai point yang penting terutama untuk para pemimpin sering sekali ingkar janji dengan selimut basa-basi agar terlihat suci, sopan dan menyejukkan?



Monggo apa tanggapanmu dengan hal ini, semoga apa yang dilakukan negara ini adalah yang terbaik untuk rakyatnya. Salam, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.














Diubah oleh c4punk1950... 30-06-2020 04:12
indramamothjenggalasunyimajorminor666
majorminor666 dan 40 lainnya memberi reputasi
37
5.4K
59
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan