121131
TS
121131
Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP


Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) diusulkan oleh fraksi partainya di DPR.
Belakangan usulan RUU HIP ini mengundang pro dan kontra di masyarakat. Sehingga, Hasto menyebut pihaknya membuka dialog dengan siapapun.

"Maka dengan adanya rancangan undang-undang yang kami usulkan, PDI Perjuangan tentu saja membuka dialog," kata dia dalam sebuah webinar, Minggu malam (28/6).


"Kami selalu bermusyawarah, PDI Perjuangan bukan partai yang menang-menangan. Dibakar kantornya saja kita menempuh jalur hukum."

Pernyataan Hasto ini menjawab teka-teki soal fraksi pengusul RUU HIP. Selama ini fraksi-fraksi di DPR RI, terutama di Badan Legislasi (Baleg), enggan mengungkap fraksi yang mengusulkan aturan itu. Mereka hanya menyebut RUU HIP adalah inisiatif DPR.

Anggota Panitia Kerja RUU HIP dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron sebelumnya juga sempat menyebut Fraksi PDIP di DPR RI sebagai inisiator rancangan perundangan itu.

Lebih lanjut, menurut Hasto, selama ini, ada pihak-pihak yang menunggangi isu RUU HIP dengan menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai yang ingin merubah pancasila menjadi ekasila dan trisila.

"Tidak etis untuk mengatakan bahwa trisila atau ekasila bukan usulan dari PDI Perjuangan. Tetapi kita melihat bahwa itu dulu adalah suatu gagasan otentik dari bung Karno," ucap dia.


Ia menjelaskan, gagasan ekasila dan trisila muncul saat ketua BPUPKI Radjiman Wedyoningrat meminta Bung Karno untuk menyampaikan gagasannya terkait dengan dasar negara Indonesia.

Lalu Bung Karno mengajukan tiga alternatif, yaitu, pancasila, trisila atau ekasila yang merupakan intisari kepribadian bangsa Indonesia yakni gotong-royong.

"Tetapi itu adalah suatu perjalanan sejarah kita sebagai bangsa. Untuk itu hendaknya jangan ditunggangi kepentingan politik, karena PDI Perjuangan, kita yang paling kokoh di dalam jalan Pancasila itu. Kita enggak mungkin merubah pancasila karena itu digali Bung Karno," ucap dia.

Di sisi lain, saat ini, ia menyebut PDI Perjuangan setuju agar nomenklatur RUU HIP diubah menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila. Hal ini, kata dia, untuk mengatur dan memperkuat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Terkait dengan RUU HIP. PDI Perjuangan setuju untuk dirubah menjadi RUU pembinaan ideologi pancasila. Mengapa? yang namanya pramuka saja ada UU-nya, arsip nasional ada UU, BNN ada UU. Masa kita tidak jaga ideologi yang otentik digali dari bumi Indonesia," ucap dia.

RUU HIP menjadi polemik sejak beberapa hari terakhir. Ada beberapa poin yang dipersoalkan sejumlah pihak.

Pertama, TAP MPRS No. XXV tahun 1966 tentang Pelarangan Partai Komunis Indonesia dan Ajaran Komunisme, Marxisme, Leninisme tidak dijadikan peraturan konsideran. Sejumlah fraksi partai politik menilai TAP MPRS tersebut perlu dimasukkan dalam bagian menimbang.

Kedua, ada pasal dalam RUU HIP yang mengatur tentang Trisila dan Ekasila. Sebagian pihak merasa Pancasila dikerdilkan, sehingga menolak keberadaan pasal tersebut.

Kelompok yang menolak RUU HIP sempat berunjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta pada Rabu lalu (24/6). Sejauh ini, pemerintah juga meminta pembahasan RUU HIP usulan DPR agar ditunda.

(yoa/eks)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...diusulkan-pdip

Kalo mengaku geetu kan enak tho, masak ditinggal 6 fraksi dulu baru mo jujur

Btw akhirnya si hasto jujur juga kalo RUU HIP itu untuk memperkuat posisi simbok di bpip.

Masalahnya to, pancasila itu beda dengan sukarnoisme. Pancasila 1 juni 1945 yang di bela Partai Bapers

Pancasila 1 juni 1945 adalah hasil pemikiran Sukarno berbeda dengan Pancasila 18 Agustus 1945 yang merupakan kesepakatan para fouding fathers dan titik temu bersama untuk mengatur bangsa dan negara.

Pancasila yang sekarang versi 18 Agustus adalah titik temu antara pancasila usulan kaum agamais yang menghendaki syariat islam dan pancasila usulan sukarno yang menghendaki sekulerisasi di indonesia

Ketika partai bapers berkuasa kemudian dibentuklah bpip, sampe disini ga masalah.

Akan tetapi ketika pemikiran yang dipake adalah hanya pemikiran sukarno, pancasila yang di pake kemudian maksa versi 1 juni yang coba di perkuat dengan payung hukum berupa RUU HIP ya itu artinya menang sendiri menghianati kesepakatan politik para founding fathers atau bahkan bisa dibilang kudeta konstitusi

Merubah pancasila secara substantif, Ketuhanan yang maha esa dirubah pendekatanya menjadi Ketuhanan yang berkebudayaan. Kejadian Kudeta Konstitusi terjadi lagi, azas pemilu permusyawaratan perwakilan sesuai sila 4 pancasila diganti dengan populer vote atau one man one vote


Oya to hasto, gimana kabar Harun Masiku? Sehat
Diubah oleh 121131 28-06-2020 23:57
imaginaerumUriNamibobby.boy
bobby.boy dan 52 lainnya memberi reputasi
49
19.6K
208
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan