syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Hati-hati Sis! Mengonsumsi Jamur Enoki Dapat Membahayakan Kehamilanmu!


Siapa di antara kalian yang suka banget makan jamur?

Sista yang suka pasti sudah tau kan kalau kenikmatan yang ada pada jamur memang tak perlu diragukan lagi. Rasanya yang enak serta berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya membuat banyak orang mengolah jamur menjadi berbagai macam menu makanan yang lezat.

Meski tak semua jenis jamur bisa dikonsumsi, tapi bukan berarti kalau jamur yang bisa dimakan hanya satu jenis saja, karena ada banyak sekali jenis jamur yang kita konsumsi. Tekstur dari berbagai jenis jamur yang ada pun berbeda-beda, sehingga setiap jenis jamur memiliki kenikmatan tersendiri ketika disantap.



Tapi untuk kalian yang suka mengonsumsi jamur enoki sebaiknya kalian berhati-hati dan mulai berhenti mengonsumsinya ya. Pasalnya, belum lama ini beredar kabar bahwa jamur enoki dapat menyebabkan Listeria, sebuah infeksi yagn disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Kabar ini bermula ketika Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki yang produksi oleh perusahaan di Korea Selatan tersebut. Sejak kabar tersebut beredar, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menarik produksi jamur enoki dan melakukan penelitian dan hasilnya ternyata benar, ditemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki.



Orang yang mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh Listeria monocytogenes akan terkena Listeria. Penyakit ini akan menyerang perempuan hamil, bayi, dan juga orang tua >65 tahun dengan sistem kekebala tubuh yang lemah. Orang yang terjangkin Listeria biasanya akan mengalami gejala seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang selain demam dan nyeri otot. Gejala biasanya akan timbul 1-4 minggu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan Listeria monocytogenes.



Listeria yang menyerang ibu hamil sangatlah berbahaya, meskipun gejala yang ditimbulkan pada ibu hamil hanya tampak seperti gejala flu, kelelahan, dan nyeri otot, tapi resiko yang timbul sangatlah besar. Infeksi yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, janin lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi yang mengancam jiwa pada bayi baru lahir.

Waduuh, serem banget ya resiko yang ditimbulkan dari Listeria.
Jadi mulai sekarang berhenti mengonsumsi jamur enoki ya, khususnya untuk kalian para ibu hamil. Jangan sampai si kecil yang ada di dalam kandunganmu menjadi korbannya.



SUMBER
dandlion32
siapika
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan