uliyatisAvatar border
TS
uliyatis
Terapi Hewan Peliharaan Bisa Memberikan Rasa Tenang, Mana yang Agan Suka?
Terapi Hewan Peliharaan Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan dan Mengurangi Tingkat Stress, Agan Pilih Hewan Apa?




Hewan peliharaan ternyata bisa lho menjadi media untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan dan mental yang sedang diderita seseorang.

Dalam dunia kesehatan, hewan-hewan peliharaan ini bisa dijadikan terapi yang dilakukan seseorang agar bisa sembuh atau terlepas dari gangguan stress akibat beban pekerjaan atau pun permasalahan lainnya.

Sebenarnya apa sih terapi hewan ini dan hewan apa saja yang biasa dipergunakan ketika melakukan metode ini? Penasaran, ingin tau tentang terapi ini serta manfaatnya apa aja? Hm, bisa kok dilihat di sini.

Assalammualaikum

Selamat datang di thread terbaru

Doa dan salamku buat gansist, sobat kaskus semua

Kita kembali lagi ya, sobat kaskus, kepoin terapi hewan ini. Sebelum kita kupas habis tentang hewan-hewan peliharaan apa aja nih, yang bisa dijadikan alat terapi, kita simak dulu apa sih terapi hewan peliharaan ini.

Terapi hewan peliharaan ini sebenarnya adalah salah satu terapi pengobatan dengan menggunakan hewan peliharaan yang sudah dilatih agar bisa berinteraksi dengan dengan seseorang yang mengalami gangguan kesehatan dan mental, dengan tujuan agar pasiennya bisa sembuh

Terapi ini juga dipake sebagai salah satu upaya penyembuhan penyakit kanker, bisa menenangkan kejiwaan pasien dengan memberikan perasaan tenang.

Hewan peliharaannya sendiri harus sudah lulus training ya, sobat, gansist semua.

Nah, setelah tahu apa sih terapi hewan peliharaan ini, lanjut kita lihat-lihat hewan apa saja yang biasa dipakai untuk terapi ini.

1. Kucing




Hewan peliharaan yang satu ini, jelas banyak juga dipakai, karena bisa memberikan efek tenang bagi siapa pun yang berinteraksi dengan hewan satu ini.

Kucing memang dikenal sebagai hewan yang sangat penurut dan bisa bermanja dengan pemiliknya. Bisa juga digunakan, bagi anak-anak penderita autis.

Masih ingat dengan terapi kucing, di mana seseorang dimasukkan ke dalam satu ruangan degan penuh dengan kucing? Setelah beberapa saat, akan terjadi interaksi orang tersebut dengan kucing, karena kucing memang hewan yang mudah berinteraksi.

Bahkan ada kafe yang sengaja membiarkan kucing berada di sana dan berinteraksi dengan para pelanggan.

2. Ikan

Terapi ikan ini bisa biasa dilakukan bagi penderita Alzheimer. Dengan melihat ikan-ikan yang berenang dalam akuarium, mereka bisa lebih merasa tenang dan bisa betah berlama-lama di sana, ternasuk ketika makan. Sehingga akhirnya, asupan gizi para penderita ini bisa tercukupi.

Terapi ikan ini juga bisa mengurangi ketegangan dan proses pengupasan kulit-kulit mati. Masih ingat kan, beberapa waktu lalu, banyak tempat seperti spa ini memanfaatkan ikan-ikan kecil untuk di taruh di kolam di mana pekanggannya bisa merendam kaki sembari menikmati sensasi dari gigitan ikan-ikan kecil ini. Bisa dibayangkan sensasinya, dan itu bisa juga membuat seseorang lebih santai.

3. Keledai



Terapi ini baru-baru ini santer pemberitaannya karena dipergunakan oleh tenaga medis di Spanyol, untuk mengurangi tingkat stress akibat pekerjaan saat pandemi ini.

Dengan cara, berinteraksi dengan keledai ini, seperti nembelai, menarik dan mengajak keledai berjalan-jalan di tempat yang sejuk dan indah.

Terapi ini juga sudah dipergunakan bagi penderira gangguan kesehatan lainnya, untuk memberijan ketenangan saat proses pengobatan ataupun penyembuhan. Terapi yang sangat membantu.

4. Anjing

Memang tidak semua jenis anjing sih yang bisa dipergunakan ntuk terapi ini. Jadi, yang biasa dipergunakan sih jenisb anjing yang bisa menghibur seperti Maltess dan Terrers Skotlabdia. Kalo yang berjenis menyeramkan kayak Pitbull atau Doberman, jelas nggak efektif. Alih-alih, orang tersebut bukannya tenang malah akan ketakutan.

Anjing jenis Maltess ini biasa digunakan di rumah sakit yang memiliki oasien penderita kanker. Bisa juga diteraokan oada penderita autis, karena anak-anak penderita autis cukuo sulit untuj berkomynikasi, dan sering aktif dan tidak tenang.

5. Kelinci

Dengan mengelus atau membelai hewan ini, seseorang yang mengalami ketegangan bisa lebih tenang, rileks dan santai. Mereka biasanya akan dengan mudah melepaskan beban kecemasan dan stress yang menghimpit.


6. Kuda



Terapi kuda juga dilakukan pada seseorang dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri orang tersebut. Ini bisa terjadi karena kuda terkenal hewan yang penyanyabg, dan orang yang merawatnya harus bisa sabar merawatnya.

Perawatan kuda jan nggak mudah, mulai dari nemandikan, membersihkan kandang kuda, memberi makan dan mengajaknya berjalan-0jalan. Tentu saja, semua itu butuh kesabaran dan tanggung jawab yang besar. Sehingga tentu saja dengan terapi ini, akhirnya seseorang bisa menobgkat rasa percaya dirinya.

Dan merawat kuda itu sendiri akhirnya bisa menimbulkan rasa kasih sayang bagi orang yang memakai terapi hewan yang satu ini.


Terakhir nih, sobat kaskus semua, sekali lagi kita lihat, kenapa banyak yang menggunakan terapi ini. Pasti, banyak manfaat yang timbul sebagai dampak penggunaannya. Mau tau, apa saja manfaat terapi ini, kok bisa digunakan menjadi salah satu terapi pengobatan? Ini dia, jawabannya.

1. Terapi hewan peliharaan ini bisa membuat pasien bisa merasa bahagia dan mengurangi tingkat stress atau depresi yang sedang diderita, karena menderita suatu penyakit atau tekanan pekerjaan.

2. Mengurangi rasa bosan si pasien atau seseorang.

3. Mengurangi rasa sepi.

4. Bisa juga mengurangi perasaan cemas yang berlebihan.


Terapi yang sangat menyenangkan sebenarnya, terutama bagi anak-anak atau orang tua yang sedang sakit dan butuh ketenangan. Karena, bagi seseorang yang sedang menderita penyakit seperti kanker, jelas sangat membutuhkan ketenangan, agar bisa mengurangi perasaan takut dan cemas menfhadapi penyakit yang sedang mereka derita.

Hanya saja yang perlu diperhatikan juga adalah, tingkat sensitivitas seseorang yang akan berinteraksi dengan hewan-hewan ini, sobat semua, kalo pasiennya alergi pada hewan, tentu saja terapi ini nggak bisa diterapkan. Atau jika dia hanya bisa terapi dengan hewan peliharaan tertentu saja, bisa dipilihkan hewan peliharaan yang paling efektif untuk digunakan.

Masuk di akal juga sih terapi ini. Dengan berinteraksi dengan hewan, seperti membelai, berkomunikasi, berada di antara hewan-hewan ini bisa membuat hormon oksitosin yang membuat rasa bahagia, tumbuh dan bertambah banyak. Akhirnya bisa mengurangi ketegangan yang sedang dialami dan nenbuat pasien menjadi rileks.

Semoga saja dengan memakai terapi ini. banyak orang yang bisa ditolong untuk bisa merasa bahagia dengan keadaannya dan menghilangkan perasaan takut, cemas yang diakibatkan beban pekerjaan ataupun akibat sakit yang diderita, atau terhibur karena rasa sepi dan bosan.


Demikianlah threat kali ini. Terima kasih sudah mampir dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan jejak indah berupa cendol, rating dan koment yang baik ya ...


Opini Oribadi
Referensi dan foto
di sini
di sini
di sini
Diubah oleh uliyatis 19-07-2021 13:41
WardahRos
riwidy
ismilaila
ismilaila dan 26 lainnya memberi reputasi
27
2.9K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan