cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Stasiun TV Indonesia Yang Berganti Nama, No 4 Penuh Dengan Kenangan Gan
Di tengah acara pertelevisian Indonesia yang semakin hari semakin suram. Ane kembali akan membahas sedikit tentang sejarah pertelevisian di tanah air. Seperti yang diketahui jika televisi di Indonesia bermula hanya satu channel saja yaitu TVRI. Kemudian ketika memasuki era 90an, bermunculanlah stasiun tv swasta dan semakin banyak saat era reformasi dimulai. Nah, saat bermunculan stasiun tv swasta ada fakta menarik yaitu setidaknya ada lima stasiun tv yang berganti nama. Pergantian nama tersebut bisa karena berbagai alasan. Mulai dari berganti kepemilikan atau hanya sekedar mengganti citra brand. Langsung saja gan ini dia ulasannya lima stasiun atau channel tv Indonesia yang berganti nama.

1. TPI (MNCTV)
TPI sebenarnya adalah singkatan dari Televisi Pendidikan Indonesia dan didirikan pada 23 Januari 1991. Awalnya memang jadi sarana siaran pendidikan jarak jauh namun bermunculanlah acara-acara lainnya. TPI terkenal dengan segmentasi untuk kalangan menengah ke bawah. Pada 20 Oktober 2010 TPI berganti nama menjadi MNCTV dikarenakan namanya memang sudah tidak sesuai lagi dengan konsep yang ada.

2. TV7 (Trans7)
TV7 berdiri pada 2001 dan saat itu dimiliki oleh Kompas Gramedia. TV7 langsung mendapatkan sambutan dari masyarakat. Dulu TV7 juga sempat ikut mempopulerkan beberapa judul anime di Indonesia. Pada 2006, TV7 berganti nama menjadi Trans 7 seiring dengan pembelian saham oleh Trans Media. Pergantian nama tersebut secara resmi diumumkan saat acara ulang tahun Trans TV yang kelima pada 15 Desember 2006.

3. B Channel (RTV)
B Channel berdiri pada 2009 dan merupakan stasiun tv lokal yang bersiaran di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Meski demikian, B Channel terus memperluas jangkauannya dan terus menambah program-program yang menarik. Pada Mei 2014, B Channel berubah nama menjadi RTV yang merupakan singkatan dari Rajawali TV. Dengan perubahan nama tersebut, RTV memfokuskan target pemirsa pada tontonan keluarga dan anak-anak.

4. Lativi (TVOne)
Apakah agan kangen dengan Lativi yang dulu pernah menayangkan acara-acara menarik? emoticon-Big Grin. Lativi didirikan oleh pengusaha Abdul Latief pada 2002. Lativi dulu pernah menayangkan acara Smack Down! Setiap hari dan memicu kontroversi. Selain itu, Lativi juga memperkenalkan berbagai kartun Nickelodeon di Indonesia. Selepas Nickelodeon pindah ke GTV, Lativi menjadi menayangkan film-film jadul. Pada awal 2008, Lativi berganti nama menjadi TVOne setelah sahamnya dibeli oleh Grup Bakrie.

5. Global TV (GTV)
Global TV berdiri pada 2002 dan awalnya hanya menayangkan MTV Indonesia selama 24 jam. Barulah pada 2005 Global TV memproduksi acara sendiri yang kemudian menayangkan acara-acara Nickelodeon yang pindah dari Lativi. Global TV terkenal dengan Spongebob dan Naruto serta acara anak-anak lainnya. Pada 2017 Global TV berganti nama menjadi GTV hanya karena alasan branding saja dan mungkin agar lebih mudah dalam penulisan.

Nah gan, yang paling berkesan buat ane mungkin Lativi karena ane pertama tahu Spongebob ya di Lativi. Terus TV7 juga dulu suka nayangin anime dan kartun pas pagi dan sore. Kalau agan, lebih suka yang mana? emoticon-Ngakak

Quote:
lley
n.h3
orgbekasi67
orgbekasi67 dan 33 lainnya memberi reputasi
30
14.4K
184
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan